PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DIPADU PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA SEMESTER V TAHUN AKADEMIK 2016/2017 UNIVERSITAS ISLAM BALITAR

  • Eva Nurul Malahayati
Abstract views: 184 , PDF downloads: 271
Keywords: model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC), model problem based learning (PBL), kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berpikir kritis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
memecahkan masalah dan berpikir kritis dengan penerapan
model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And
Composition (CIRC) dipadu ProblemBased Learning (PBL)
pada mahasiswa semester V tahun akademik 2016/2017
Universitas Islam Balitar, Blitar. Subjek penelitian ini adalah
mahasiswa peserta mata kuliah Strategi Belajar Mengajar
yang berjumlah 24 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa prosentase kemampuan memecahkan masalah terjadi
peningkatan sebesar 19,48% dari siklus I ke siklus II setelah
penerapan model pembelajaran CIRC dipadu dengan PBL.
Sedangkan penerapan model pembelajaran CIRC dipadu
dengan PBLdapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis
dapat meningkatnya nilai rata-rata prosentase kemampuan
berpikir kritis berdasarkan LKM terjadi peningkatan sebesar
29,80% dari siklus I ke siklus II dan kemampuan berpikir
kritis berdasarkan nilai postes pada siklus I dan siklus II
berturut-turut 57% dan 71%, sehingga dapat dikatakan terjadi
peningkatan sebesar 24% dari siklus I ke siklus II.
Berdasarkan paparan hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa penerapan pembelajaran CIRC dipadu dengan
PBLpada mahasiswasemester V tahun akademik 2016/ 2017
Matakuliah SBM Universitas Islam Balitar dapat
meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan
berpikir kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2018-01-22
How to Cite
Malahayati, E. N. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DIPADU PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA SEMESTER V TAHUN AKADEMIK 2016/2017 UNIVERSITAS ISLAM BALITAR. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 35-48. https://doi.org/10.35457/konstruk.v10i1.453