PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DIPADU PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA SEMESTER V TAHUN AKADEMIK 2016/2017 UNIVERSITAS ISLAM BALITAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
memecahkan masalah dan berpikir kritis dengan penerapan
model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And
Composition (CIRC) dipadu ProblemBased Learning (PBL)
pada mahasiswa semester V tahun akademik 2016/2017
Universitas Islam Balitar, Blitar. Subjek penelitian ini adalah
mahasiswa peserta mata kuliah Strategi Belajar Mengajar
yang berjumlah 24 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa prosentase kemampuan memecahkan masalah terjadi
peningkatan sebesar 19,48% dari siklus I ke siklus II setelah
penerapan model pembelajaran CIRC dipadu dengan PBL.
Sedangkan penerapan model pembelajaran CIRC dipadu
dengan PBLdapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis
dapat meningkatnya nilai rata-rata prosentase kemampuan
berpikir kritis berdasarkan LKM terjadi peningkatan sebesar
29,80% dari siklus I ke siklus II dan kemampuan berpikir
kritis berdasarkan nilai postes pada siklus I dan siklus II
berturut-turut 57% dan 71%, sehingga dapat dikatakan terjadi
peningkatan sebesar 24% dari siklus I ke siklus II.
Berdasarkan paparan hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa penerapan pembelajaran CIRC dipadu dengan
PBLpada mahasiswasemester V tahun akademik 2016/ 2017
Matakuliah SBM Universitas Islam Balitar dapat
meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan
berpikir kritis.
Downloads
Copyright (c) 2018 Eva Nurul Malahayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).