PENGARUH LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 4 BLITAR
Abstract views: 1194
,
PDF downloads: 993
Keywords:
lembar kerja siswa, creative problem solving, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Creative Problem Solving (CPS) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan melibatkan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Jumlah sampel masing-masing kelas 37 siswa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 4 Blitar pada bulan Juni-September tahun 2016. Teknik pengambilan data dalam bentuk pretes-postes, dan selanjutnya data dianalisis menggunakan Anacova. Hasil penelitian menunjukkan besarnya pengaruh LKS berbasis CPS terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa secara berturut-turut sebesar 0,54 dan 0,10. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan LKS berbasis CPS pada materi keanekaragaman hayati memiliki pengaruh yang lebih baik daripada penggunaan media buku paket dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis CPS berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2017-06-14
How to Cite
Malahayati, E. N. (2017). PENGARUH LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 4 BLITAR. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 147-158. https://doi.org/10.35457/konstruk.v9i2.247
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).