PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATA PELAJARAN PKn DENGAN MATERI SISTEM POLITIK PADA SISWA KELAS X SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017 DI SMK ISLAM SELOREJO KABUPATEN BLITAR
Abstract views: 821
,
PDF downloads: 417
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, kemampuan berpikir Kritis, Mata Pelajaran PKn
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran PKn dan Untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis masalah Problem Based Learning pada mata pelajaran PKn Siswa Kelas X Semester 2 Tahun Pelajaran2016/2017 diSMK Islam Selorejo Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil analisis data setelah penelitian tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada siklus I yaitu 70% dan siklus II yaitu 87,06%, penilaian tes yang meliputi Kemampuan Awal Siswa yaitu rata-rata 64% dengan ketuntasan 33%, siklus I nilai rata-rata 73% dengan ketuntasan 55% dan siklus II rata-rata 86% dengan ketuntasan 90% hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PKn kelas X Semester 2 Tahun Pelajaran2016/2017 di SMK Islam Selorejo Blitar.
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2017-06-14
How to Cite
Baihaqi, M. I. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATA PELAJARAN PKn DENGAN MATERI SISTEM POLITIK PADA SISWA KELAS X SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017 DI SMK ISLAM SELOREJO KABUPATEN BLITAR. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 217-227. https://doi.org/10.35457/konstruk.v9i2.258
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).