PROJECT BASED LEARNING BERBASIS OUTDOOR STUDY UNTUK MENGANALISIS KUALITAS AIR TANAH WARGA SEKITAR TPA SAMPAH NGEGONG KOTA BLITAR PADA MATA KULIAH PENGETAHUAN LINGKUNGAN
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa semester VII yang sedang menempuh mata kuliah Pengetahuan Lingkungan. Hal ini dikarenakan kemampuan mahasiswa dalam melakukan analisis mengenai permasalahan-permasalahan lingkungan di sekitar masih rendah. Penerapan Project Based Learning ini dengan melibatkan mahasiswa secara langsung di luar kelas dalam mengembangkan sejumlah keterampilan proses sains untuk menganalisis kualitas air tanah warga sekitar TPA sampah Ngegong. Kualitas air tanah warga sekitar TPA sampah Ngegong ditentukan berdasarkan parameter warna, rasa, bau, pH, E. coli total, dan coliform total. Pembelajaran dilakukan secara berkelompok dengan tahapan 1) menentukan proyek, 2) merancang langkah-langkah penyelesaian proyek, 3) menyusun jadwal pelaksanaan proyek, 4) penyelesaian proyek, 5) menyusun laporan dan publikasi hasil proyek, dan 6) evaluasi proses dan hasil proyek. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Design dengan jenis One Shoot – Case Study. Indikator keterampilan proses sains yang diteliti meliputi: 1) mengidentifikasi variabel, 2) menyajikan data dalam bentuk grafik, 3) mengumpulkan dan mengolah data, 4) menyusun hipotesis, 5) merancang penelitian, dan 6) melaksanakan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata keterampilan proses mahasiswa sebesar 85% dengan kriteria sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains mahasiswa meningkat setelah mengalami pembelajaran PjBL berbasis Outdor Study untuk menganalisis kualitas air tanah warga sekitar TPA sampah Ngegong pada mata kuliah pengetahuan lingkungan
Downloads
References
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ginting A. 2008. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora Hartono. 2007. Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Program Pendidikan Jarak Jauh SI PGSD Universitas Sriwijaya. Seminar Proseeding of The International Seminar of Science Education, 27 Oktober 2007. Bandung.
Rais, M. 2010. Project Based Learning : Inovasi Pembelajaran yang berorientasi Soft Skill. (Online) (http://digilib.unm.ac.id/download.ph p?id=19), diakses 15 Agustus 2018.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Umara Cut Zaitun, dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di SMP. Jurnal Biotik. 4(2): 163-171.
Yokhebed, dkk. 2012. Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Masalah dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. Jurnal Inkuiri. 1(3): 183-194.
Copyright (c) 2019 Eva Nurul Malahayati, Marinda Sari Sofiyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).