Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme <p><strong>Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran</strong> published by Universitas Islam Balitar which concerns on the educational issues. <strong>Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran </strong>has been indexed in: Sinta, Google Scholar, Indonesia OneSearch, Moraref, OCLC Worldcat.</p> <p>&nbsp;</p> en-US <p>Authors who publish with this journal agree to the following terms:</p> <ol type="a"> <ol type="a"> <li class="show">Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a <a href="http://creativecommons.org/licenses/by/3.0/" target="_new">Creative Commons Attribution License</a> that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.</li> <li class="show">Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.</li> <li class="show">Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See <a href="http://opcit.eprints.org/oacitation-biblio.html" target="_new">The Effect of Open Access</a>).</li> </ol> </ol> data.kiriman@gmail.com (Devita Sulistiana) adinfauzi2693@gmail.com (Adin Fauzi) Tue, 07 Jan 2025 00:00:00 +0700 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengembangan Aplikasi Android “SIWABARA” (Sifat Wajib Bagi Rasul) menggunakan Metode D&D yang diterapkan dalam Kehidupan Sehari-Hari Pada Pembelajaran SPAI Kelas 4 SD https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3593 <p>SIWABARA adalah aplikasi pembelajaran untuk kelas IV SD yang membantu siswa memahami sifat wajib bagi nabi dan rasul serta cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil observasi menunjukkan hanya 5 dari 30 siswa yang dapat berpartisipasi karena mereka memiliki gadget pribadi. Terlepas dari hambatan tersebut, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk mencoba aplikasi SIWABARA. Hasil uji coba menunjukkan aplikasi berjalan dengan baik. Selain itu, siswa dapat memahami materi dengan lebih mudah dan merasa senang karena aplikasi ini dilengkapi dengan gambar menarik yang memikat perhatian mereka. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa SIWABARA adalah aplikasi yang direkomendasikan sebagai media belajar karena tidak hanya menyajikan materi dengan menarik, tetapi juga dilengkapi dengan musik latar yang membuat pengalaman belajar lebih menyenangkan. Aplikasi ini berpotensi besar dalam meningkatan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, terutama dalam konteks pendidikan agama Islam. Penelitian ini menekankan pentingnya pengintegrasian teknologi dalam pendidikan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa SD. Dengan demikian, SIWABARA dapat menjadi alat bantu yang signifikan dalam proses pembelajaran modern. Penelitian ini menggunakan model penelitian <em>Design and Development</em> (D&amp;D) untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran interaktif bernama SIWABARA bagi siswa kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran yang didapat selama perkuliahan berlangsung melalui pengembangan media pembelajaran serta berkontribusi membantu siswa Sekolah Dasar (SD) memahami materi pembelajaran secara interaktif dan modern.</p> Ani Nur Aeni, Reina Rosana Fazriyah Copyright (c) 2025 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3593 Wed, 08 Jan 2025 01:25:26 +0700 Literature Review: Analisis Model Pembelajaran Efektif dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3651 <p>Studi ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan implementasi pembelajaran dalam kurikulum merdeka di sekolah, pentingnya model pembelajaran yang tepat, dan model pembelajaran yang efektif untuk diterapkan guru dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kepustakaan. Sumber data diperoleh melalui penelaahan beberapa artikel jurnal ilmiah berskala nasional dan internasional yang terbit antara tahun 2014-2024, buku, dan dokumen lain yang relevan. Analisis data menggunakan penelitian teknik analisis konten dan studi dokumenter. Temuan penelitian menyimpulkan bahwa (1) penerapan kurikulum merdeka menekankan keterlibatan aktif-kolaboratif antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran, (2) pemilihan model pembelajaran yang efektif berperan penting dalam menciptakan proses belajar yang baik dan menjadi kunci utama dalam tercapainya tujuan pembelajaran, (3) ada lima model pembelajaran efektif yang diidentifikasi dalam implementasi pembelajaran kurikulum merdeka di sekolah, yaitu model <em>Problem Based Learning, Active Learning, Cooperative Learning, Discovery Learning, and Think Pair Share.</em></p> Ahmad Wildan Thobibi Bahja, Luqman Hakim, Alfiana Af’idah R Copyright (c) 2025 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3651 Wed, 08 Jan 2025 01:26:50 +0700 Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Sekolah Dasar https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3969 <p>Pembelajaran konvensional menurunkan kemampuan siswa dalam memahami suatu pengetahuan, sehingga diperlukan sebuah struktur pembelajaran yang lebih efektif seperti model pembelajaran inkuiri dalam menumbuhkan kemampuan siswa dalam memahami suatu pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini mengkaji pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep siswa. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif <em>non-equivalent control group</em> dengan melibatkan siswa kelas lima disalah satu sekolah dasar di Sidoarjo. Instrument penelitian menggunakan tes pemahaman konsep. Uji normalitas dan uji-t digunakan untuk mengkaji data. Hasil penelitian membuktikan bahwa pemahaman konsep siswa meningkat secara signifikan dengan mempertimbangkan antara nilai mean dari kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol (22.94 dan 5.59). Uji t menghasilkan nilai sig (<em>2-tailed</em>) sebesar 0.000 &lt; 0.05 yang membuktikan perbedaan perbedaan nilai mean antara kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian model pembelajaran inkuiri memberi pengaruh terhadap pemahaman konsep siswa.</p> Dyah Ihza Alfisyhar Hidayat, Enik Setiyawati Copyright (c) 2025 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3969 Wed, 08 Jan 2025 01:28:28 +0700 Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Madrasah Tsanawiyah Kawasan Industri https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/4025 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar sains serta perbedaannya antara siswa kelas VII dan VIII di Madrasah Tsanawiyah BPHBPI Kayu Aro, Kerinci, yang terletak di kawasan industri. Motivasi belajar dipandang sebagai faktor kunci yang mempengaruhi keberhasilan akademik siswa. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner yang mengukur empat indikator utama motivasi belajar, yaitu <em>learning goal orientation, task value, self-efficacy</em>, dan <em>self-regulation</em>. Analisis menggunakan <em>independent sample t-test</em> menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada semua indikator motivasi. Perbedaan rata-rata terbesar ditemukan pada task value (0.30) dan self-regulation (0.30). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa kelas VIII. Penurunan motivasi belajar ini mengindikasikan adanya tantangan dalam mempertahankan motivasi seiring dengan bertambahnya tingkat kelas. Temuan ini memiliki implikasi penting dalam pendidikan IPA, di mana motivasi belajar berperan krusial dalam mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Penelitian ini merekomendasikan intervensi pedagogis yang inovatif dan relevan untuk mempertahankan serta meningkatkan motivasi belajar siswa.</p> Retno Fadilah, Emayulia Sastria, Ogi Danika Pranata Copyright (c) 2025 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/4025 Wed, 08 Jan 2025 01:29:42 +0700 Implementasi Pendidikan Anak: Studi Kasus di Reliable Childcare Center (RCC) Malaysia https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/4089 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pendidikan anak usia 0-5 bulan di <em>Reliable Childcare Center</em> (RCC) Malaysia melalui program harian dan rutinitas kegiatan yang di rancang untuk mendukung proses pendidikan. Pendekatan penelitian ini yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian menggunakan observasi lapangan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini membuktikan bahwa program harian dan&nbsp; rutinitas kegiatan yang diterapkan di <em>Reliable Childcare Center</em> (RCC) malaysia memiliki konstribusi yang positif terhadap perkembangan anak dalam hal jadwal pola makan yang teratur, tidur yang cukup dan terstruktur, serta stimulasi sensorik yang mendukung perkembangan kognitif dan motorik pada anak. Novelty dari penelitian ini adalah sebuah model pendidikan anak yang mengombinasikan pendekatan holistik.</p> Dini Anggrayani Hasibuan, Muhammad Ruslan Copyright (c) 2025 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/4089 Wed, 08 Jan 2025 01:30:33 +0700 Efektivitas Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Falsafah Dayak Bumi Gawi Hatantiring Menggunakan Media Flip PDF pada Siswa Sekolah Dasar https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3751 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran Bahasa Inggris yang mengintegrasikan falsafah Dayak Bumi <em>Gawi Hatantiring</em> dengan bantuan media <em>flip</em> PDF pada siswa sekolah dasar. Falsafah <em>Gawi Hatantiring</em> menekankan pada nilai-nilai gotong royong dan kearifan lokal, diterapkan dalam materi ajar untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran bahasa inggris. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan&nbsp; <em>one grup pretest</em> <em>and</em>&nbsp; <em>post</em>-<em>test</em> <em>design</em> dan fokus utamanya adalah mengidentifikasi efektivitas pembelajaran bahasa inggris dengan falsafah dayak bumi gawi hatantiring menggunakan media <em>flip</em> PDF pada siswa sekolah dasar. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran dilakukan. Analisis data penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif dan uji paired t test dengan <em>SPSS</em>. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan (&lt; 0,05). Hal tersebut menghasilkan perbedaan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran Bahasa Inggris berlandaskan falsafah <em>gawi hatantiring</em> berbantuan media <em>flip </em>PDF. Hasil uji <em>effect size</em>&nbsp; diperoleh angka sebesar 1,42 yang mana angka tersbeut berada pada kriteria efektivitas yag sangat besar (d &gt; 0,8).</p> Verawati Verawati, Nurun Ni'mah, Muhammad Ziaurrahman Copyright (c) 2025 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3751 Sun, 12 Jan 2025 05:39:24 +0700 Pengaruh Media Pembelajaran Digital (Chem Office Ultra) terhadap Pemahaman Konseptual Mahasiswa pada Materi Struktur Molekul https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/4086 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media pembelajaran digital (<em>chem office ultra</em>) terhadap pemahaman konseptual mahasiswa pada materi struktur molekul. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental dengan penelitian <em>pre-test</em> dan <em>post-test</em> <em>one group design</em>. Penelitian ini dilakukan pada satu kelas eksperimen tanpa menggunakan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kognitif pada materi struktur molekul untuk menilai pemahaman konseptual mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Nahdlatul Wathan Mataram Tahun Ajaran 2024/2025. Hasil uji hipotesis dengan nilai signifikansi t<sub>hitung</sub> &lt; 0,05 dan nilai R-<em>Square</em> sebesar 62%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran digital memiliki pengaruh cukup signifikan terhadap pemahaman konsep mahasiswa pada materi struktur molekul.</p> Zulkarnain Gazali, Reni Andriani Copyright (c) 2025 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/4086 Sun, 12 Jan 2025 05:41:13 +0700 Pemanfaatan Aplikasi Text to Speech untuk Pengembangan Materi Listening Berbasis Kearifan Lokal https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/4042 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar keterampilan menyimak berbasis kearifan lokal dan nilai-nilai keagamaan di Madrasah Aliyah Kabupaten Gresik dengan memanfaatkan aplikasi <em>Text to Speech</em>. Hal ini dilakukan karena pentingnya keterampilan menyimak dalam bahasa Inggris, serta kebutuhan akan materi yang relevan dengan latar belakang budaya dan agama siswa. Tantangan yang dihadapi guru, seperti kesulitan menyediakan materi listening yang menarik dan kontekstual, mendorong penggunaan teknologi untuk solusi inovatif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&amp;D) dengan model Gall, Gall, dan Borg, meliputi sepuluh tahapan, muilai dari identifikasi kebutuhan hingga implementasi, dan evaluasi produk. Data diperoleh melalui wawancara observasi, analisis kurilukum, serta uji kelayakan materi oleh ahli dan guru. Materi dirancang dalam enam unit yang mencakup cerita rakyat, sejarah lokal, nilai keagamaan di daerah Gresik lalu diubah menjadi auido menggunakan TTS. Hasil penelitian menunjukkan materi ajar ini sangat layak digunakan, dengan skor tinggi pada aspek kekinian (100%), kemenarikan&nbsp; (90%), dan relevansi budaya. Guru dan siswa juga memberikan respon positif dan menyebutkan bahwa materi tersebut meningkatkan motivasi belajar, keterampilan menyimak, dan pengetahuan budaya siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan pembelajaran berbasis teknologi dan budaya lokal. Materi ini diharapkan dapat menjadi model inovasi pembelajaran yang berkelanjutan dan relevan dengan kebutuhan pendidikan di era globalisasi.</p> Nur Laili Indasari Copyright (c) 2025 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/4042 Sun, 12 Jan 2025 05:42:14 +0700 Literature Review: Perbandingan Model Pembelajaran Kolaboratif dengan Kooperatif dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3727 <p>Penelitian ini menggunakan metode <em>Systematic Literature Review (SLR)</em>. Penelitian dimulai dengan <em>Research Question (RQ)</em> yang membahas seberapa efektif model pembelajaran dan perbedaan signifikan antara pembelajaran kolaboratif ataupun kooperatif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kriteria inklusi dan eksklusi digunakan untuk mengumpulkan data melalui database Google Scholar, berdasarkan proses evaluasi yang berkualitas. Hasil analisis dari dua puluh artikel terindeks S1-S6 menunjukkan bahwa, dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, model kolaboratif dan kooperatif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis (KPMM) siswa secara signifikan. Dalam beberapa artikel, model kolaboratif, yang menekankan interaksi siswa yang mendalam dan diskusi kelompok kecil yang heterogen, terbukti lebih efektif. Model kooperatif seperti TPS, STAD, dan NHT juga menunjukkan hasil yang baik dengan menekankan pemahaman siswa tentang bagaimana belajar berkelompok. Studi ini memberikan saran praktis bagi guru untuk menerapkan kedua model pembelajaran ini sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Untuk meningkatkan KPMM siswa, kombinasi model kolaboratif dan kooperatif dapat menjadi pendekatan yang efektif. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui bagaimana kedua model ini dapat diterapkan pada mata pelajaran matematika lainnya dan pada berbagai jenjang pendidikan.</p> Fauziah Sumarno, Nur Robiah Nofikusumawati Peni Copyright (c) 2025 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3727 Wed, 15 Jan 2025 04:47:38 +0700 Penerapan Pembelajaran Pictory AI untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Kelas IV SDN Kembangkuning https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/4136 <p>Kurangnya minat siswa saat menyimak materi tanpa media sering kali menyebabkan kesulitan mereka dalam menyimpan informasi yang didengar. Banyak siswa kehilangan konsentrasi selama kegiatan menyimak, yang pada gilirannya merugikan kemampuan mereka untuk menyerap informasi dengan baik. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran elektronik dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan dan efektivitas keterampilan menyimak menggunakan <em>Pictory AI</em>. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan desain Spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan menyimak siswa, yang terlihat dari analisis data yang menunjukkan perbaikan nilai keterampilan menyimak mereka. Pada tahap pratindakan, rata-rata nilai kemampuan menyimak siswa berada di angka 64,5, dan setelah penerapan media <em>Pictory AI</em> pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 82. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan <em>Pictory AI</em> dalam pembelajaran menyimak efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas IV SDN Kembangkuning.</p> Dian Wijayanti, Rahma Hofifah Supriyadi, Arum Ratnaningsih, Rizki Habibah Copyright (c) 2025 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/4136 Mon, 20 Jan 2025 06:20:09 +0700 Pengembangan Modul Ajar Biologi Berbasis Project Based Learning (PJBL) pada Materi Ekosistem https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/4155 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar Biologi berbasis proyek bagi siswa kelas X SMA Tahfiz Al-Batthawi NWDI Kerongkong. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang meliputi empat tahap: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Produk modul hasil pengembangan divalidasi oleh validator serta diujicobakan secara terbatas kepada 10 siswa kelas X SMA Tahfiz Al-Batthawi NWDI Kerongkong. Instrumen penelitian berupa angket respon siswa dan analisis data dilakukan menggunakan skala Likert dengan menghitung rata-rata setiap aspek. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa setelah perbaikan, modul memperoleh rata-rata persentase penilaian sebesar 85%, dengan rincian: aspek kelayakan isi 85% (sangat layak), aspek penyajian 87% (sangat layak), dan aspek kelayakan bahasa 83% (sangat layak). Hasil validasi menunjukkan bahwa semua kriteria memperoleh skor sangat valid, dengan persentase skor sebagai berikut: ukuran modul dan desain sampul masing-masing 95%, dan desain isi 90%. Rata-rata kelayakan modul mencapai 97%, dengan kriteria sangat layak Hasil uji coba terbatas 10 iswa kelas X SMA Tahfiz Al-Batthawi NWDI Kerongkong menunjukkan bahwa rata-rata persentase kelayakan bahan ajar modul berbasis proyek adalah 85%, dengan kriteria sangat layak.</p> Ahmad Fadli, Maya Ekaningtias, Siti Wardatul Jannah, Nening Listari Copyright (c) 2025 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/4155 Mon, 20 Jan 2025 08:30:20 +0700