https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/issue/feedKonstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran2023-10-02T20:44:31+00:00Devita Sulistianadata.kiriman@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran</strong> published by Universitas Islam Balitar which concerns on the educational issues. <strong>Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran </strong>has been indexed in: Sinta, Google Scholar, Indonesia OneSearch, Moraref, OCLC Worldcat.</p> <p> </p>https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/2580Reintegrasi Lembaga Pendidikan Madrasah dan Pesantren (Studi Mengenai Pesantren Satu Atap)2023-10-02T20:44:31+00:00Hana Malihatul Azizahhanashomar1999@gmail.comAlkaf Rodiallah MA3210101210023@student.uin-malang.ac.idRihlatuz Zakiyah210101210027@student.uin-malang.ac.idMahsus Mahsus210101210022@student.uin-malang.ac.idBetty Adinda Wijaya210101210025@student.uin-malang.ac.id<p>Tujuan penelitian difokuskan pada bagaimana proses reintegrasi lembaga pembelajaran Madrasah serta Pesantren terkhusus pada bidang kurikulum, akses pembelajaran yang berkembang di sekolah dan melibatkan adanya layanan dan yang mudah terjangkau, pertumbuhan peserta didik hingga tata kelola madrasah, tulisan ini adalah hasil menjadi suatu riset evaluatif tentang penyelenggaran Pesantren satu atap dan, permasalahan pada Madrasah serta Pesantren. Metodologi penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan <em>library research</em> adalah metode yang dipakai untuk melakukan riset ini. Hasil penelitian merumuskan kalau bahwasanya kurikulum integrasi Madrasah serta pesantren telah terkorelasi dengan baik, setelah itu fasilitas utama madrasah telah ada dan cukup memadai, namun fasilitas pembelajaran yang tidak sepenuhnya memadai. Pengelolaan madrasahnya sudah memenuhi standar sekolah dan pendidik sesuai standar kualifikasi akademik dan kompetensi.tidak hanya sekolahnya namun juga dengan pendidiknya dengan melihat dari standar kualifikasi akademik dan kompetensi. Perencanaan program kegiatan, skala prioritas dan juga rancangan kegiatan dalam jangka 5 tahunan sudah dimiliki madrasah yang memiliki segi manajemen terstruktur dan penyelenggaraan sarana program kegiatan sudah memiliki rancangan yang terstruktur serta dengan penjelasan, penilaian kegiatan telah terjadwal dengan baik. Untuk penjaminan keterbukaan serta keikutsertaan warga, kegiatan-kegiatan itu telah disusun sedemikian rupa untuk mengaitkan faktor pihak yang memiliki kepentingan atau disebut <em>stakeholder</em>.</p>2023-07-02T03:20:43+00:00Copyright (c) 2023 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/2847Analisis Motivasi Belajar Siswa SMA/Sederajat dalam Pembelajaran Kimia Secara Daring di Masa Pandemik2023-10-02T20:44:13+00:00Kriesna Kharisma Purwantovegaku87@gmail.comQonik Zuliatinqonikzuliatin2020@gmail.comEko Yuniartoekosrikandi82@gmail.comZulkarnain Gazalizulkarnain.gazali@gmail.comAndri Wahyu Wijayadidiaandri@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang motivasi belajar siswa SMA/Sederajat dalam pembelajaran daring serta aspek-aspek yang mempengaruhinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Teknik sampling yang digunakan adalah <em>convenience sampling</em>. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner terbuka dan tertutup dalam bentuk <em>Google Form</em>. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa memiliki rasa kemauan dan kesadaran yang tinggi untuk belajar dan menyelesaikan tugas selama pembelajaran daring, (2) tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring berada pada kategori tinggi, serta (3) aspek-aspek dominan yang memengaruhi tingkat motivasi belajar siswa adalah semangat belajar dan desain lingkungan belajar.</p>2023-08-04T22:31:28+00:00Copyright (c) 2023 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/2953Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Siswa SD Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)2023-10-02T20:43:54+00:00Desi Nuzul Agnafiadesiagnaf@gmail.comQurrotul Anfaanfaqu@stkipmodernngawi.ac.idAnis Zahrotinanizzahrotin1@gmail.comSutra Sutrasutra0410@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan meningkatan keterampilan proses sains siswa dan hasil beljaar melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas IV SDN 1 Tikonu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Analisis data yang dilakukan menunjukan bahwa keterampilan proses sains siswa kelas IV SDN 1 Tikonu pada mata pelajaran IPA mengalami peningkatan dari siklus I dengan skor rata-rata keterampilan proses sains 2,6 pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II skor rata-rata 3,4 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 46,6% sedangkan pada sikluss II meningkat menjadi 83,3%.</p>2023-08-20T05:36:08+00:00Copyright (c) 2023 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/2813Profil Berpikir Kreatif Siswa Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Ringan dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender2023-10-02T20:43:37+00:00Intannia Sari Restu Noor Syafi’iintanniasarirestu@gmail.comArdianik Ardianikardianik@unitomo.ac.idAhmad Hatipahmad.hatip@unitomo.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil tingkat kemampuan berpikir kreatif anak berkebutuhan khusus tunagrahita ringan dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gender. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes pemecahan masalah matematika (TPMM) dan wawancara. Teknik pemilihan subjek berdasarkan kriteria dan gender, sehingga subjek penelitian terdiri dari dua siswa tunagrahita ringan dengan klasifikasi jenis kelamin laki - laki dan perempuan dari SMPN 30 Surabata. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama yang dipandu oleh tes pemecahan masalah matematika, dan pedoman wawancara yang valid. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes dan diverifikasi dengan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas inklusi VIII SMP Negeri 30 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif subjek gender laki – laki lebih baik daripada subjek gender perempuan. Profil tingkat kemampuan berpikir kreatif dari kedua subjek dalam memecahkan masalah matematika berada di tingkat kemampuan 0 (tidak kreatif) terbukti dari pencapaian indikator kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah, kedua subjek hanya dapat menyelesaikan permasalahan dengan satu ide atau cara yang telah diajarkan secara berulang – ulang.</p>2023-08-26T05:02:54+00:00Copyright (c) 2023 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/2814Pengembangan Modul Pembelajaran PPKn Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Kelas VIII SMP Kristen Gloria 1 Surabaya2023-10-02T20:43:19+00:00Christanti Diah Retnanichristawidodo@yahoo.co.idSucipto Suciptosucipto@unitomo.ac.idAbdul Wahidabdulwahid@unitomo.ac.idNuril Hudanuril.huda@unitomo.ac.idSri Wahyuningtyaswindi.s@unitomo.ac.id<p>Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untukmenguji kelayakan dan efektivitas modul pembelajaran PPKn berbasis blended learning dalam meningkatkan kemampuan kritis peserta didik di SMP Kristen Gloria 1 Surabaya. Tahapan penelitian ini disesuaikan dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi: 1) analisis kebutuhan, 2) merencanaan pengembangan dan penelitian, 3) pengembangan modul blended learning, 4) implementasi modul blended learning, 4) evaluasi kelayakan dan efektivitas modul. Subyek penelitian ini adalah Kelas VIII B SMP Kristen Gloria 1 Surabaya. Validasi kelayakan modul dilakukan oleh tim ahli yang meliputi Ahli Pembelajaran, Ahli Media, dan Ahli Materi. Uji coba pengembangan modul menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa angket dan tes. Analisis data adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dinyatakan sebagai berikut: 1) Modul Pembelajaran PPKn berbasis blended learning di Kelas VIII pada materi Semangat dan Komitmen Kebangsaan dalam Memperkuat NKRI telah dinyatakan layak, dengan kategori sangat baik berdasarkan validasi Ahli Pembelajaran dan Ahli Materi, sedangkan Ahli Media mengkategorikan baik, 2) Hasil belajar siswa mengalami efektivitas peningkatan berdasarkan hasil rata-rata pretest dan posttest yang semula 66,67 menjadi 82,17.</p>2023-08-26T05:05:05+00:00Copyright (c) 2023 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/2838Implementasi Pendidikan Karakter dalam Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kearifan Lokal Batik Malangan di SMAN 1 Malang2023-10-02T20:43:01+00:00Ishma Mahliya Ruwaidaishmamhly@student.ub.ac.idMuhammad Hambalimhambali@ub.ac.idMaulfi Syaiful Rizalmaulfirizal@ub.ac.id<p>Karakter merupakan identitas bagi setiap individu yang terbentuk dari tingkah laku dan kerangka berpikir. Komponen penting yang harus ada pada diri peserta didik adalah pendidikan karakter. Pihak sekolah harus konsisten mendidik karakter peserta didik, sehinggapeserta didik lambat laun terbiasa dengan budaya disekolah yang diterapkan melalui program P5. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan karakter berkebinekaan global, gotong royong dan kreatif, semangat kebangsaan berpikir dan bertindak, dan tanggung jawab pada peserta didik melalui program P5. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, untuk menentukan fakta dan menggambarkan objek yang diteliti. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter pada peserta didik SMAN 1 Malangdalam projek P5 batik malangan , yaitu pendidikan karakter yang mengacu pada dimensi profil pelajar pancasila, diantaranya adalah dimensi berkebhinekaan global, gotong royong, kreatif, semangat kebangsaan berpikir dan bertindak, dan tanggung jawab.</p>2023-08-26T23:29:45+00:00Copyright (c) 2023 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/2850Pengembangan Model Pembelajaran RGOSA (Reading, Giving Opinion, Observing, Searching, dan Assesing) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di SMP2023-10-02T20:42:44+00:00Nurmania Irmala Sarinurmaniari19@gmail.comIndrawati Indrawatiindrawatisutarto@gmail.comSri Astutikastutirakhma@gmail.com<p>Perkembangan pendidikan abad 21 pada revolusi 4.0 mengharapkan siswa memiliki keterampilan salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa mata pelajaran IPA di SMP melalui pengembangan model pembelajaran RGOSA. Penelitian ini menerapkan metode Research and Development (R&D) tipe 4-D dengan melibatkan 10 siswa kelompok kecil dan 30 siswa kelompok besar di SMP Darussalam Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pedoman RGOSA dikembangkan berdasarkan 4-D, memiliki kategori sangat valid dan meningkatkan nilai berpikir kritis siswa dengan nilai homogenitas pada hasil pretest dan posttest, yaitu uji kelompok kecil sebesar 0.052 > 0.05 dan kelompok besar 0.156 > 0.05. Nilai homogenitas > 0.05 menunjukkan bahwa populasi penyebaran data homogen atau sama.</p>2023-08-27T03:37:32+00:00Copyright (c) 2023 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/2932Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Pembelajaran Science Technology Engineering Mathematics (STEM) pada Siswa Sekolah Dasar2023-10-02T20:42:26+00:00Ribka Simanullangyosi.gumala@dsn.ubharajaya.ac.idYosi Gumalayosi.gumala@dsn.ubharajaya.ac.idAri Widodoyosi.gumala@dsn.ubharajaya.ac.id<p>Penelitian ini di bertujuan untuk mengetahui model pembelajatan <em>Science, Technology, Engineering, Mathematics</em> (STEM) mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar. Kemampuan berpikir kreatif diperlukan dalam mempelajari sains di sekolah dasar sehingga diperlukan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran sains. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Desain ini melibatkan dua kelompok subjek, satu diberi perlakuan eksperimental (kelompok eksperimen) dan yang lain tidak diberikan perlakuan (kelas kontrol). Data penelitian yang diperoleh peneliti dari hasil <em>pretest-posttest</em>, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan statistik <em>uji-t</em>, taraf signifikan 5% = 0,05. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai <em>Sig</em>. (<em>2-tailed</em>) 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STEM berpengaruh terhadap pembelajaran sains di sekolah dasar.. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar meningkat dengan menggunakan model pembelajaran STEM. Pembelajaran sains dengan model pembelajaran STEM mampu meningkatkan kreativitas siswa dalam melakukan <em>project</em> yang diberikan.</p>2023-08-31T23:44:17+00:00Copyright (c) 2023 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/2929Pengaruh Pembelajaran Analogi Melalui Selective Problem Solving (SPS) terhadap Hasil Belajar Pengukuran Luas di Sekolah Dasar2023-10-02T20:42:07+00:00Nelly Kholifatur Rosyidanellykholifaturumsida@gmail.comMohammad Faizal Amirfaizal.amir@umsida.ac.idMahardika Darmawan Kusuma Wardanamahardikadarmawan@umsida.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pembelajaran analogi melalui Selective Problem Solving (SPS) terhadap hasil belajar pada materi pengkuran luas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain one-shot case study. Subjek penelitian adalah kelas V Sekolah Dasar sebanyak 25 siswa. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data terdiri dari data statistik deskriptif, validitas, realibilitas, pengujian normalitas, uji-t. Instrumen penelitian adalah tes yang terdiri dari masalah sumber dan masalah target. Hasil pembelajaran analogi melalui SPS diperoleh yaitu 0,90 < 0,05, yang menunjukkan bawah pembelajaran SPS berbasis analogi memiliki dampak pada kemampuan berpikir siswa. Pengaruh dari hasil belajar siswa dalam pembelajaran analogi ini siswa mampu berfikir lebih kreatif dan memudahkan siswa untuk menemukan konsep yang akan meyelesaikan masalah. Hasil penelitian ini menyarankan agar siswa mampu berpikir secara analogi melalui model SPS pada materi pengukuran luas, sehingga dapat meminimalisir kesalahan konsep pada pengetahuan awal dan dapat mengidentifikasi konsep maupun proses penyelesaian pada masalah sumber untuk membantu menyelesaikan masalah target dengan tepat.</p>2023-09-06T07:27:32+00:00Copyright (c) 2023 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran