https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/issue/feedKonstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran2024-04-17T04:28:04+00:00Devita Sulistianadata.kiriman@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran</strong> published by Universitas Islam Balitar which concerns on the educational issues. <strong>Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran </strong>has been indexed in: Sinta, Google Scholar, Indonesia OneSearch, Moraref, OCLC Worldcat.</p> <p> </p>https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3272Pengembangan Buku Panduan Permainan Tradisional untuk Karakter Tanggung Jawab Sosial Anak Usia 10-12 Tahun2024-04-17T04:27:44+00:00Andreas Linggar Mahendraandreaslinggarm@gmail.comGregorius Ari Nugrahantagregoriusari@gmail.com<p>Penelitian ini difokuskan pada fenomena perilaku anak yang kurang tanggung jawab dan memiliki sifat sosialisasi rendah, mencerminkan rendahnya pendidikan karakter yang seharusnya diperkenalkan secara lebih mendalam pada anak-anak. Dengan fokus tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan permainan tradisional sebagai sarana menumbuhkan karakter tanggung jawab dan kecakapan sosial tinggi pada anak berusia 10-12 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah <em>Research and Development</em> (R&D) dengan tipe ADDIE. Sepuluh guru sekolah dasar yang sudah bersertifikasi dari berbagai daerah yaituYogyakarta, Sleman, Bantul, Klaten, Batang, dan Bali, terlibat dalam analisis kebutuhan. Penilai ahli adalah sepuluh validator dan delapan anak sebagai peserta dalam uji terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan buku panduan dilakukan melalui lima tahap ADDIE. Buku panduan pendidikan karakter mencapai kualitas "Sangat Baik" dengan skor 3,82. Selain itu, buku panduan menumbuhkan karakter anak dalam peningkatan tanggung jawab dan kecakapan sosial tinggi dengan nilai sebesar t (7) = 24,949, p= 0,000, p < 0,05. Pengaruh besar dari penerapan permainan tradisional Nusantara tergambar dengan r = 0,994 atau setara dengan 98%, termasuk dalam kategori "Efek Besar." Keefektifan buku panduan juga terkonfirmasi melalui <em>N-Gain Score </em>sebesar 86,47%, menunjukkan tingkat keefektifan yang tinggi.</p>2024-01-04T22:03:09+00:00Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3317Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Aktif Berbasis Kurikulum Merdeka di UPT SMPN 1 Sanankulon Blitar2024-04-17T04:28:04+00:00Putri Anggun Bhakti Insanitaqwataqwaputri76@gmail.comKhozin Khozinkhozin@umm.ac.idZulfikar Yusufzulfikar_yusuf@umm.ac.id<p>Sekolah Penggerak memiliki peran krusial dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka sebagai inovasi untuk mengembangkan kompetensi peserta didik yang terampil dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Salah satu sekolah penggerak di Indonesia, yaitu UPT SMPN 1 Sanankulon Blitar, Jawa Timur, menjadi objek penelitian deskriptif kualitatif melalui studi kasus dengan tujuan mengeksplorasi strategi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Kurikulum Merdeka di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru PAI berbasis Kurikulum Merdeka di UPT SMPN 1 Sanankulon Blitar berhasil diterapkan oleh guru PAI di sekolah tersebut antara lain pembelajaran berpusat pada peserta didik dan metode pembelajaran aktif dengan strategi diskusi kelompok, penugasan proyek, dan pemanfaatan teknologi. Strategi-strategi ini dapat diadopsi oleh sekolah lain untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI, pemahaman agama Islam siswa, dan membentuk karakter profil pelajar Pancasila yang kuat.</p>2024-01-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3230Literature Review: Prinsip Perencanaan Pendidikan Islam di Panti Rehabilitasi Sosial2024-04-17T04:27:26+00:00Nurhalim Nurhalim223625007.nurhalim@uinbanten.ac.idEncep Syarifudinencep.syarifudin@uinbanten.ac.idEneng Muslihaheneng.muslihah@uinbanten.ac.id<p>Tujuan penelitian ini mengidentifikasi prinsip perencanaan pendidikan Islam di panti rehabilitasi sosial. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, sedangkan analisis data menggunakan teknik isi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa perencanaan pendidikan Islam di panti rehabilitasi sosial mengandung prinsip perencanaan, tahapan perencanaan, perencanaan strategis dan unsur-unsur perencanaan terhadap pembentukan karakter religius yaitu dengan sabar, syukur, ikhlas, rendah hati dan jujur melalui kegiatan shalat berjamaah dan mengaji. Sedangkan implementasi pendidikan Islam meliputi ibadah, muamalah, membaca Al Qur’an, tajwid, aqidah dan akhlak melalui kegiatan ceramah, praktek dan nasehat. Implikasi penelitian semakin baik perencanaan pendidikan Islam di panti rehabilitasi sosial akan semakin cepat upaya pemulihan kembali kepada masyarakat.</p>2024-01-04T22:26:46+00:00Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/2229Persepsi Mahasiswa Pengguna Website Teori Belajar2024-04-17T04:27:08+00:00Ikrima Ridha Shaliharidha.ikrima@gmail.comShinta Dorizashintadoriza@unj.ac.id<p>Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode persepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengguna terhadap pengembangan media pembelajaran materi teori belajar berupa website. Penelitian ini melibatkan 10 orang pengguna website teori belajar. Hasil penelitian menunjukkan persepsi pengguna pada website “Teori Belajar” menunjukkan persepsi yang positif. Website cukup mudah diakses, warna dan font yang menarik, serta materi yang ringkas menarik pengguna untuk menggunakan website “Teori Belajar”.</p>2024-01-11T05:23:56+00:00Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/2986Perbandingan Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 5 Ngawi2024-04-17T04:26:50+00:00Army Al Islami Ali Putraarmyalislami@gmail.comLucky Amatur Rohmaniluckyamatur@gmail.comHappy Bunga Nasyirahul Sajidahhappybunga@gmail.com<p>Pendidikan Indonesia berkembang sangat pesat dilihat dari perubahan kurikulum yang digunakan dalam proses peningkatan mutu pendidikan. Kebijakan kurikulum pendidikan telah berubah dan diperbaiki sejak Indonesia merdeka. Kurikulum 2013 saat ini merupakan kurikulum utama yang belum lama digunakan di Indonesia. Namun, menurut Kemendikbudristek, kurikulum merdeka akan diterapkan pada tahun 2022. Fenomena ini menarik peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan mengetahui penerapan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka pada bidang studi IPA, dan mengevaluasi tantangan dan tantangan yang terkait dengan pelaksanaan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka untuk mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru IPA di SMPN 5 Ngawi. Penelitian ini menggunakan lembar observasi dan wawancara sebagai metode pengambilan data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 5 Ngawi belum maksimal. Terdapat hambatan yang dialami guru dalam penerapan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka meliputi hambatan internal dan eksternal.</p>2024-01-11T09:38:45+00:00Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3016Manajemen Pembelajaran Berbasis E-Learning pada Perguruan Tinggi2024-04-17T04:26:31+00:00Febi Dwi Widayantiekosrikandi82@gmail.comEko Yuniartoekosrikandi82@gmail.comEny Wahyu Suryantiekosrikandi82@gmail.com Sri Rahayuningsihekosrikandi82@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola manajemen pembelajaran berbasis <em>e-learning</em> di Perguruan Tinggi. <em>e-learning</em> adalah proses pembelajaran yang menggunakan teknologi internet. Dengan penggunaan strategi pembelajaran berbasis <em>e-learning</em> maka dapat menjadi salah satu solusi untuk tetap melaksanakan kegiatan pembelajaran yang tidak selalu harus di dalam ruang kelas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian ini adalah deskripsi tentang pola manajemen pembelajaran berbasis <em>e-learning</em> yang dapat memberikan kontribusi sebagai bahan informasi dan pertimbangan bagi Perguruan Tinggi tentang pola manajemen pembelajaran berbasis <em>e-learning</em> dalam kegiatan pembelajaran agar terlaksana secara maksimal.</p>2024-01-20T02:01:51+00:00Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3408Hasil Belajar Statistika Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI dengan Metode Hybrid Learning2024-04-17T04:26:13+00:00Indra kurniawanInkur.master@gmail.comAndri Rahadyanandri.rahadyan@unindra.ac.idMahyudi Mahyudididimahyudi21@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil pembelajaran statistika dengan metode hybrid learning. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa Teknik Informatika Universitas Indraprasta PGRI yang sudah menyelesaikan mata kuliah Statistika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian 6 orang mahasiswa Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024. Pemilihan subjek pada penelitian berdasarkan purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara berbasis tugas. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah siswa yang mempunyai kemampuan tinggi dapat mengikuti pembelajaran dengan metode hybrid learning dengan sangat baik. Siswa dengan kemampuan sedang dapat mengikuti pembelajaran dengan metode hybrid learning dengan baik. Siswa dengan kemampuan rendah dapat mengikuti pembelajaran dengan metode hybrid learning dengan cukup baik.</p>2024-01-20T07:19:10+00:00Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3370Evaluasi Perilaku Belajar Mahasiswa: Analisis Pengaruh Perilaku Phubbing terhadap Prokrastinasi Akademik2024-04-17T04:25:55+00:00Abdullah Syifaabdullah.syifa@iainptk.ac.idWira Nugrahawiranugraha07@gmail.comRaden Tirta Yudistirayudistira.rt0620@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian untuk membuktikan pengaruh perilaku phubbing terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Jenis dari penelitian ini yakni expost facto, dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek dari penelitian ini yakni mahasiswa pada Program Studi Psikologi Islam. Jumlah sampelnya sebanyak 103 mahasiswa dan dipilih dengan teknik purposive sampling. Data terkumpul melalui dua alat ukur yakni, Phubbing Scale yang disusun oleh Karadag (2015) dan Procrastination Assesment Scale-Student (PASS) yang disusun oleh Solomon dan Rothblum (1984). Data penelitian dianalisis melalui uji regresi linier sederhana. Penelitian ini memiliki hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan perilaku phubbing terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa (sig<0,05). Nilai koefisien besaran pengaruhnya adalah 0,36 dan nilai koefisien determinasinya sebesar 13,22%. Hasil tersebut merekomendasikan pada mahasiswa agar lebih bijak dalam menggunakan smartphone. Aktivitas pembelajaran seharusnya sudah mulai didesain penggunaan smartphone sebagai medianya dengan peraturan dan ketentuan penggunaanya.</p>2024-01-20T22:33:55+00:00Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3384An analysis of English Materials for Effective Communication as Tour Guides2024-04-17T04:25:38+00:00Ni Luh Supartinisupartini@ipb-intl.ac.idLuh Eka Susantiekasusanti@ipb-intl.ac.idDika Pranadwipa Koeswiryonoyudistira.rt0620@gmail.com<p><em>Effective speaking skills are essential for a tour guide to provide a satisfying experience to international tourists. This research is an effort to meet the need for teaching materials for English speaking skills that are suitable for tour guides. This research uses the Research & Development method which is carried out in three stages; namely the exploration stage, prototype development stage, and expert validation stage. Data was collected through in-depth interviews, document analysis, and expert assessment. The data was then analyzed using descriptive-qualitative and interactive analysis. The research results show that English teaching materials for tour guides are really needed. The materials required include daily conversation, focus on speaking skills, an informal class atmosphere, and no homework. Meanwhile, at the principle stage, the guideline for preparing English language skills teaching materials is that this approach must be student-centered. Tour guides' intrinsic motivation needs to be taken into account, materials should provide input that is comprehensible but also challenging, recycling of target language knowledge needs to be done regularly Lastly, the importance of teaching intercultural competence cannot be ignored, preparing tour guides to communicate with tourists from various backgrounds culture. These findings recommend that English language materials for tour guides be implemented immediately to provide excellent service to international tourists.</em></p>2024-01-21T21:44:19+00:00Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3427Semantik Toponimi Penamaan Desa di Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar Provinsi Bali2024-04-17T04:25:20+00:00Kadek Ayu Ekasaniekasani@ipb-intl.ac.idDenok Lestaridenok_lestari@yahoo.comPutu Dian Yuliani Paramitadianyulianiparamita@gmail.comIda Ayu Gayatri dayu@itn-usa.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk toponimi, serta menjelaskan makna yang terkandung dalam toponimi penamaan desa di Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali berdasarkan kajian kebahasaan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang terbagi dalam tiga tahap penelitian, dimulai dari pengumpulan data, analisis data, dan penyajian hasil analisis data. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan data sekunder dari beberapa studi literatur dan dokumen sejarah yang dimiliki di masing-masing desa. Data dianalisis menggunakan studi antropolinguistik dan toponimi. Tujuh desa yang ada di Kecamatan Tegallalang, Gianyar, adalah Desa Kedisan, Desa Keliki, Desa Kenderan, Desa Pupuan, Desa Sebatu, Desa Taro, dan Desa Tegallalang. Temuan menunjukkan bahwa bentuk toponimi berdasarkan aspek fisik yaitu Desa Kedisan, Desa Taro, dan Desa Tegallalang; berdasarkan aspek sosial yaitu desa Keliki; berdasarkan aspek kebudayaan yaitu Desa Kenderan, Desa Pupuan, dan Desa Sebatu. Sementara itu, makna semantik toponimi berkaitan dengan aspek fisik (perwujudan), sosial (kemasyarakatan), dan budaya toponimi adalah makna referensial, nonreferensial, konseptual, dan kolokasi. Kompleksitas toponimi ini memerlukan penelitian lebih lanjut untuk merumuskan metode pelestarian identitas toponimi tersebut.</p>2024-01-25T22:45:18+00:00Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/2936Implementasi Model Argument Driven Inquiry dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah pada Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 1 Polokarto2024-04-17T04:25:01+00:00Rhahmadanny Rhahmadannyanwaribio@gmail.comAnwari Adi Nugrohoanwaribio@gmail.comAgus Purwantoanwaribio@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah melalui model pembelajaran <em>Argument Driven Inquiry</em> pada siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Polokarto Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan metode PTK dengan empat prosedur dalam pelaksanaan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan dokumentasi, lembar observasi dan <em>post test</em> dengan indikator argumentasi ilmiah. Data dan sumber data berasal dari siswa dengan jumlah keseluruhan 36 siswa yang dijadikan sebagai subjek penelitian dan guru mata pelajaran biologi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif . Hasil penelitian ini menyatakan bahwasannya pada siklus I 77% (28 siswa). Pada siklus II 90% (34 siswa). Pada siklus III 88% (32 siswa). Didalam pembelajaran disebutkan apabila telah mencapai ketuntasan secara klasikal > 75%. Model pembelajaran <em>Argument Driven Inquiry</em> memiliki kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan sebuah gagasan didukung dengan bukti, dapat mengolah dan menyajikan data, dapat menuliskan dan menyampaikan argumen, dan dapat berdiskusi tentang penyelidikan yang diperoleh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran <em>Argument Driven Inquiry</em> dapat meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah bagi siswa.</p>2024-01-26T02:35:05+00:00Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3432Perbedaan Keaktifan Mahasiswa Menggunakan Metode Active Learning Tipe Team Quiz dengan Metode Konvensional Program Studi Administrasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat2024-04-17T04:24:44+00:00Silvia Adi Putrierpidawatis3@yahoo.co.idErpidawati Erpidawatierpidawati821@gmail.com<p>Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui perbedaan keaktifan mahasiswa menggunakan metode pembelajaran <em>Active Learing </em>Tipe <em>Team Quis </em>dengan metode Konvensional pada program studi administrasi rumah sakit Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen, untuk mengetahui pengaruh dari suatu perlakuan pada subjek penelitian. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Administrasi Rumah Sakit yang berjumlah 26. Sampel pada mata kuliah komunikasi. Penelitian ini dilihat dari hasil pengamatan keaktifan <em>pre-test</em> mahasiswa. Dari hasil pengamatan keaktifan <em>pre-test</em> mahasiswa tersebut kemudian dianalisis secara statistik. Teknik pengumpulan data diambil dari pengamatan keaktifan mahasiswa yang uji dengan teknik <em>Uji t Independent</em> setelah perlakuan di kelas eksperimen dengan menerapkan Model <em>Pembelajaran Active Learing Tipe Team Quis. </em>Berdasarkan analisis data akhir diperoleh dari pengujian <em>Uji t Independent</em> terdapat nilai t hitung-1,007 lebih kecil dari 1,199 dengan nilai signifikasi sebesar 0,285 > 0,05 maka Ha ditolak Ho diterima. Yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan keaktifan mahasiswa sebelum dan sesudah diterapkan metode <em>Active Learing </em>Tipe <em>Team Quis </em>dengan mahasiswa yang mengunakan metode Konvensional pada mata kuliah komunikasi.</p>2024-01-26T05:35:50+00:00Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3437Penggunaan Alat Peraga Papan Peluang Matematika pada Materi Peluang Kelas VII SMP2024-04-17T04:24:26+00:00Yenny Anggraeni Sarumahayanggreini2@gmail.comRikki Pratamayanggreini@gmail.comWitriani Oka Dwi Saputriyanggreini@gmail.comRealita Torikotul Hofifahyanggreini@gmail.com<p>Tujuan penelitian dilakukan adalah untuk mengetahui penggunaan alat peraga papan peluang dalam membantu siswa menyelesaikan masalah mengenai peluang kejadian, frekuensi relatif, dan frekuensi harapan pada materi peluang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan melibatkan lima orang siswa kelas VII SMP sebagai sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, pengambilan catatan lapangan, dan tes tulis. Analisis dilakukan dengan analisis konten, di mana seluruh data yang dikumpulkan selama penelitian dipelajari dan dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga ini tidak hanya membantu siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan peluang kejadian dan frekuensi harapan, namun membantu siswa mengkomunikasikan pemahaman atau ide mereka kepada teman lain dengan lebih baik. Ruang sampel dan peluang kejadian dipelajari melalui media papan peluang berfungsi sebagai jembatan dari pengetahuan konkret yang mereka miliki menuju ke yang lebih abstrak. Selain itu, alat peraga ini juga dapat memberi motivasi siswa untuk belajar matematika, membantu pemahaman siswa dalam memahami konsep dasar matematika, dan menunjang kegiatan belajar siswa.</p>2024-01-29T11:04:15+00:00Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3462Kontribusi Pemikiran Burhanuddin Al-Biqa’i pada Kitab Nazhmu ar-Durar dan Relevansinya dalam Pendidikan Islam di Era Modern2024-04-17T04:24:08+00:00Herfi Gulam Faiziherfi_gf@mhs.iiq.ac.idM. Azizan Fitrianaazizan@iiq.ac.idSyamsul Ariyadisamsulariyadi@iiq.ac.id<p>Pendidikan Islam merupakan salah satu komponen utama dalam membentuk karakter dan kepribadian bangsa. Di era digital 4.0 ini dimana komunikasi yang asalnya partikular menjadi universal, pendidikan agama Islam harus dapat menjadi ruh yang mengarahkan teknologi agar senantiasa bermanfaat dalam kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep pendidikan Islam menurut Burhanuddin Al-Biqa’i dalam kitab tafsir Nazhmu ar-Durar. Riset ini menggunakan studi pustaka (<em>Library Research</em>) dengan cara membaca dan menelaah literatur yang menjadi objek penelitian. Data dikumpulkan melalui dokumen dan teks yang berkaitan dengan topik kajian, baik berupa buku, artikel jurnal dan lainnya. Hasil studi pustaka menunjukkan bahwa pendidikan Islam tidak boleh bersifat monolitik, namun harus integratif dengan mata pelajaran non agama serta sains dan teknologi agar generasi muda saat ini berkeinginan dan tertarik untuk mempelajari agama dengan baik dan juga pendidikan Islam bisa menjadi nilai yang mewarnai setiap keahlian dan profesi warga negara Indonesia. Dengan demikian, akhlak dan karakter bangsa akan terbangun dengan baik sesuai yang dicontohkan Nabi Muhammad <em>Shalallahu ‘Alaihi Wasallam</em> dan dicita-citakan oleh undang-undang.</p>2024-01-31T21:05:28+00:00Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3451Transformasi Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Era Digital: Strategi Administrasi Pendidikan Berbasis Teknologi di Sekolah Menengah Pertama2024-04-17T04:23:50+00:00Heriyanita Rosmini ningsihiskandar14@gmail.comNingsih Ningsihningsihiskandar14@gmail.comMurni Murnimurni.bontang@gmail.comAdiyono Adiyonoadiyono8787@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak transformasi kepemimpinan kepala sekolah di era digital dalam pengelolaan administrasi pendidikan berbasis teknologi terhadap hasil belajar siswa, pengembangan profesionalisme guru, dan efisiensi manajemen sekolah. Desain penelitian ini metode penelitian kualitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan pimpinan sekolah, guru, dan siswa. Penelitian ini juga melibatkan analisis dokumen kebijakan dan prosedur sekolah yang terkait dengan integrasi teknologi melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa administrasi pendidikan berbasis teknologi telah secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Muhammadiyah Tanah Grogot. Penggunaan perangkat lunak pendidikan dan sumber daya online memungkinkan siswa untuk mengakses materi pembelajaran yang dipersonalisasi, dan mengarah pada peningkatan kinerja akademik. Selain itu, penggunaan platform digital untuk penilaian dan umpan balik telah memfasilitasi pemantauan kemajuan siswa secara tepat waktu dan efektif, sehingga memungkinkan para guru untuk memberikan intervensi yang tepat sasaran. Penelitian ini menyoroti dampak signifikan dari administrasi pendidikan berbasis teknologi terhadap hasil belajar siswa, pengembangan profesionalisme guru, dan efisiensi manajemen sekolah di SMP Muhammadiyah Tanah Grogot. Penelitian ini mengidentifikasi beberapa tantangan yang terkait dengan integrasi teknologi yang membutuhkan pertimbangan dan manajemen yang cermat oleh para pemimpin sekolah. Rekomendasi yang diajukan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut dan meningkatkan efektivitas administrasi pendidikan berbasis teknologi di SMP Muhammadiyah Tanah Grogot pada era digital.</p>2024-01-31T23:18:35+00:00Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3446Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa Menggunakan Strategi Brainstorming2024-04-17T04:23:32+00:00Prasetyawan Aji Sugihartoasprasetyawan@gmail.comYan Imam Santosoyanimam121315@gmail.comDefy Gustianingdefygustianing@aisyahuniversity.ac.idSri Welasihswelasih@gmail.comDani Miftahul Hudadmhuda@gmail.com<p>Menulis merupakan kegiatan yang sangat kompleks dimana penulis harus menuangkan gagasannya ke atas kertas, terlebih dahulu mentransformasikan pemikirannya ke dalam kata-kata, mempertajam gagasan pokoknya, dan memberikan struktur serta pengorganisasian yang koheren. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan strategi brainstorming dalam meningkatkan keterampilan menulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester lima program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Kendal Batang tahun akademik 2022/2023. Jumlah responden adalah 26 mahasiswa. Nilai rata-rata pre-test adalah 64,35, post-test adalah 71,81. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa strategi brainstorming tepat dalam pengajaran menulis.</p>2024-02-01T07:52:24+00:00Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3429Penekanan Peraturan Kelas untuk Melatih Kedisiplinan Sejak Dini pada Siswa Prasekolah2024-04-17T04:23:14+00:00Jesica Albertha Monewiputra.cendana@uph.edWiputra Cendanawiputra.cendana@gmail.com<p>Kedisiplinan membantu dalam mencapai hal-hal baik seperti tujuan, harapan, dan tanggung jawab siswa yang merupakan persiapan bagi masa dewasa. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk melatih kedisiplinan adalah menekankan peraturan dalam kelas. Berdasarkan hasil observasi di salah satu TK di kota Tangerang, menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan siswa prasekolah masih rendah. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang tetap melakukan pelanggaran seperti duduk menyimpang dari matras, tidak mengangkat tangan sebelum bicara, dan berbicara ketika guru menjelaskan meskipun peraturan telah diterapkan. Oleh karena itu, tujuan penulisan paper untuk mengetahui peningkatan kedisiplinan siswa prasekolah melalui penekanan peraturan kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penekanan peraturan kelas yang sesuai dengan tahapan usia anak berhasil melatih siswa disiplin dari 62,5% menjadi 100%. Penekanan peraturan disertai dengan peran guru sebagai penuntun membantu siswa memahami batasan, belajar mengontrol perilaku dan emosi mereka, dan pada akhirnya mempersiapkan mereka untuk masa depan yang sukses. Saran penelitian antara lain guru perlu konsisten dalam penekanan peraturan dan guru dapat menambahkan <em>crowded breaker</em> untuk menarik kembali perhatian siswa.</p>2024-02-01T20:44:33+00:00Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/2581Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Menggunakan Model Group Investigation pada Materi Lingkaran Sekolah Dasar2024-04-17T04:22:56+00:00Firman Cahyadifcahyadi67@gmail.comNur Widyawatinurwidyawati10@gmail.comRahadian Sofiantorahadianspd01@guru.sd.belajar.idAzizatus Zahroazizatuz.zahro.fs@um.ac.idAde Eka Anggrainiade.ekaanggraini.pasca@um.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 3 Kauman Tulungagung dengan melibatkan 15 peserta didik. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Teknik deskriptif komparatif yaitu membandingkan ketuntasan hasil tes kemampuan berpikir kritis yang dilihat dari pre-test, siklus I, dan siklus II. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dari pre-test sebesar 48,67%, pada siklus I meningkat menjadi 67,17% dan pada siklus II meningkat menjadi 75,67%. Model group investigation dapat meningkatkan kemampuan kritis peserta didik pada materi lingkaran.</p>2024-02-02T01:52:58+00:00Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/3404Penguatan Pendidikan Karakter Religius sebagai Upaya Mengatasi Bullying di MTs Al Amin Mojokerto2024-04-17T04:22:39+00:00Ahmad Adrian Fahmi Al-Hudaadrianfahmi989@gmail.comMuhammad Bayu Khairil Anwarbayukhairil8@gmail.com<p>Tujuan penelitian adalah identifikasi pendidikan karakter siswa di MTs Al-Amin Mojokerto dngan fokus penelitian pada penguatan pendidikan karakter religius untuk mengatasi kasus <em>bullying</em> di MTs Al-Amin Mojokerto. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, atau dokumentasi dan didukung data sekunder dari teks tentang pendidikan karakter. Hasil penelitian ini mengungkapkan beberapa hal. Pertama, nilai pendidikan karakter religius dikembangkan dengan tujuan untuk mengatasi kasus <em>bullying</em>. Kedua, proses penguatan pendidikan karakter religius melalui program atau kegiatan yang ada di MTs Al-Amin Mojokerto. Ketiga, Karakter religius meliputi perkembangan dari sisi ketaqwaan, amanah, toleransi, disiplin dan kreatif mengalami peningkatan. Keempat, penguatan pendidikan karakter religius pada kegiatan didukung penuh oleh pembina siswa, tata tertib, kerja sama yang baik, sarana prasarana serta budaya sekolah yang diterapkan. Kelima, strategi-strategi yang diimplementasikan dalam proses penguatan pendidikan karakter religius yaitu, keteladanan, pembiasaan, internalisasi nilai nilai positif. Berdasarkan hasil penelitian ini, penguatan pendidikan karakter religius menjadi solusi dan salah satu wadah yang tepat untuk mengatasi terjadinya kasus <em>bullying</em> pada siswa di MTs Al-Amin Mojokerto.</p>2024-02-02T20:13:03+00:00Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran