Analisis Kebutuhan Pengembangan E-LKPD Berbasis PBL pada Materi Virus di SMA Negeri 3 Mesuji Raya Ogan Komering Ilir
DOI:
https://doi.org/10.35457/konstruk.v17i2.4628Keywords:
Analisis; Kebutuhan; Virus.Abstract
Analisis kebutuhan merupakan tahap awal yang esensial dalam mengidentifikasi permasalahan terkait keterampilan peserta didik serta kebutuhan terhadap bahan dan materi ajar sebagai media penunjang dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan sebagai langkah awal dalam pengembangan perangkat pembelajaran, yang difokuskan pada guru Biologi dan peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Mesuji Raya dan SMA Negeri 2 Mesuji Makmur. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi angket dan wawancara yang dirancang untuk menggali kebutuhan terhadap bahan ajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran yang paling sering digunakan oleh guru dan paling disukai oleh peserta didik adalah video pembelajaran, buku teks, dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Di antara materi yang diajarkan, topik mengenai virus diidentifikasi sebagai materi yang paling sulit dipahami oleh peserta didik. Sebagai solusi atas permasalahan tersebut, model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dipandang potensial karena terbukti dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah, serta mendorong keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Sebanyak 92,5% peserta didik menyatakan bahwa mereka lebih termotivasi dalam belajar apabila materi disampaikan melalui kasus nyata yang relevan dengan konteks lingkungan sekitar. Temuan ini mengindikasikan pentingnya pengembangan E-LKPD berbasis PBL sebagai media pembelajaran yang inovatif dan kontekstual untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Biologi, khususnya dalam menghadapi tantangan pembelajaran di era digital.
Downloads
References
K. Al Giffary, E. Siregar, and E. Utomo, “Analisis Kebutuhan untuk Peningkatan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru di Program Sekolah Universal Service Obligation,” J. Pembelajaran Inov., vol. 4, no. 1, pp. 30–34, 2021, doi: 10.21009/jpi.041.04.
S. A. Taqiyyah, B. S. Subali, S. Linuwih, Ellianawati, Siswanto, and M. M. bin M. Yusof, “Pengembangan LKPD Berbasis Android dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 9, no. 12, pp. 11151–11164, 2023, doi: 10.29303/jppipa.v9i12.4595.
H. Darmawan and N. Nawawi, “Pengembangan media pembelajaran interaktif dan lembar kerja siswa pada materi virus,” JPBIO (Jurnal Pendidik. Biol., vol. 5, no. 1, pp. 27–36, 2020, doi: 10.31932/jpbio.v5i1.573.
A. P. Ritonga, N. P. Andini, and L. Iklmah, “Pengembangan Bahan Ajaran Media,” J. Multidisiplin Dehasen, vol. 1, no. 3, pp. 343–348, 2022, doi: 10.37676/mude.v1i3.2612.
D. M. Putri and R. Fitri, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Biologi,” Alveoli, vol. 3, no. 1, pp. 41–52, 2022, [Online]. Available: file:///C:/Users/user/Downloads/130-Article Text-511-1-10-20221228.pdf
K. B. Kreatif, A. Handayani, and H. D. Koeswanti, “Jurnal basicedu,” vol. 5, no. 3, pp. 1349–1355, 2021.
A. Yuniarti, T. Titin, F. Safarini, I. Rahmadia, and S. Putri, “Media Konvensional Dan Media Digital Dalam Pembelajaran,” JUTECH J. Educ. Technol., vol. 4, no. 2, pp. 84–95, 2023, doi: 10.31932/jutech.v4i2.2920.
A. Karimah and S. Purwati, “Pembelajaran Biologi Pada Materi Virus Kelas Xi Sman 5 Samarinda,” vol. 7, pp. 16059–16067, 2024.
M. Mufarrohah and A. Setyawan, “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Biologi Siswa,” J. Educ. All, vol. 2, no. 2, pp. 80–87, 2024, doi: 10.61692/edufa.v2i2.111.
D. Nababan, “Jurnal+Kontektual+Ctl+Christofel,” J. Pendidik. Sos. dan Hum., vol. 2, no. 2, pp. 825–837, 2023.
S. Ananda and M. D. Siagian, “Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah,” Ulul Albab Maj. Univ. Muhammadiyah Mataram, vol. 27, no. 1, pp. 1–15, 2023, [Online]. Available: https://journal.ummat.ac.id/index.php/JUA/article/viewFile/23323/9215#pdfjs.action=download
B. A. K. Mantau and S. R. Talango, “Pengintegrasian Keterampilan Abad 21 Dalam Proses Pembelajaran (Literature Review),” Irfani, vol. 19, no. 1, pp. 86–107, 2023, doi: 10.30603/ir.v19i1.3897.
A. Firmanda and Y. E. Yuspita, “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Informatika,” Smart J. Teknol. Inf. dan Komput., vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2024, [Online]. Available: https://journal.bengkuluinstitute.com/index.php/smart/article/view/522
I. F. Rahmi, L. Lufri, and H. Alberida, “Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa,” BIOCHEPHY J. Sci. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 30–39, 2023, [Online]. Available: https://journal.moripublishing.com/index.php/biochephy/article/view/539
R. M. Suhardi, , K., H. Admawati, N. B. Mutia, and R. A. Faresta, “Exploring Students’ Motivation in The Biology Class Using Differentiated Instruction Integrated with A Problem-Based Learning Model,” Biota, vol. 16, no. 2, pp. 100–111, 2023, doi: 10.20414/jb.v16i2.465.
L. Ramadan, M. F. Saputra, W. Kurniawati, and A. Al Husna, “Pengembangan dan Validasi Media Pembelajaran Video Visual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA pada Sistem Gerak Manusia Kelas V,” Indo-MathEdu Intellectuals J., vol. 5, no. 4, pp. 5154–5160, 2024, doi: 10.54373/imeij.v5i4.1707.
M. Thoriq, A. Kusuma, and F. Muharom, “Transformasi Peran Pendidik dan Tren Pembelajaran Digital di Era Teknologi,” vol. 1, no. 2, pp. 84–97, 2024.
E. I. Sidiq and C. Rif, “Sumber Belajar dan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran,” J. Edukasi Nonform., vol. 2, no. 2, p. 596, 2022.
R. S. Delfi Eliza, D. A. N. Fitri, and S. Yenti, “Membangun Guru yang Profesional melalui Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Penerapan Profesinya,” vol. 6, no. 3, pp. 5362–5369, 2022.
C. R. Rudi Susilana, Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung, 2022.
A. Mursita, N. Noorhidayati, and A. P. Putra, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Problem Based Learning Konsep Ekologi Di SMA,” JUPEIS J. Pendidik. dan Ilmu Sos., vol. 1, no. 4, pp. 5–12, 2022, doi: 10.57218/jupeis.vol1.iss4.281.
D. M. Z. Anang Fathoni,; Bayu Prasodjo,; Winarni Jhon, MEDIA DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL, 1st ed. Purbalingga, 2023.
A. Khovivah, E. S. Gultom, and S. S. Lubis, “Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Based Learning Dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa,” LENSA (Lentera Sains) J. Pendidik. IPA, vol. 12, no. 2, pp. 152–161, 2022, doi: 10.24929/lensa.v12i2.258.
M. F. M. Munief, C. A. Kamila, and R. A. Firman, “Upaya Perbaikan Miskonsepsi Yang Terjadi Pada Siswa Tentang Konsep Virus,” J. Pendidik. Indones., vol. 2, no. 10, pp. 1707–1715, 2021.
U. Usman, A. Alfianisya, A. Hidayah, and S. Munawaroh, “Analisis Minat Belajar Siswa Kelas X-1 di SMAN 1 Kramatwatu pada Pembelajaran Biologi Materi Virus,” vol. 11, no. 2, pp. 38–48, 2024.
R. Anjar, “Hubungan Gaya Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP,” הארץ, vol. 03, no. 8.5.2017, pp. 1–184, 2022, doi: 10.35719/vektor.v3i2.64.
Yogi Fernando, Popi Andriani, and Hidayani Syam, “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” ALFIHRIS J. Inspirasi Pendidik., vol. 2, no. 3, pp. 61–68, 2024, doi: 10.59246/alfihris.v2i3.843.
P. A. Facione, Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assessment, 1995.
J. G. Mongkau and R. D. H. Pangkey, “Kurikulum Merdeka: Memperkuat Keterampilan Abad 21 untuk Generasi Emas,” J. Educ., vol. 6, no. 4, pp. 22018–22030, 2024, doi: 10.31004/joe.v6i4.6323.
A. Rachmawati, “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Ips Di Smpn 13 Malang,” vol. 25, no. 1, pp. 1–14, 2023, [Online]. Available: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/
D. Ardyagarani et al., “Analisis Bibliometrik tentang Perkembangan Penelitian Problem-based Learning pada Implementasi Pembelajaran Biologi,” no. Ip2b Viii, pp. 115–123, 2024.
M. Herliyanto, “Peran Aplikasi Pembelajaran Digital ( Quizizz , Kahoot !) dalam Evaluasi Pembelajaran,” vol. 6, pp. 51–56, 2023.
C. S. Tama, R. F. Lutfiana, and M. Mansur, “Analisis Hasil Belajar Siswa melalui Implementasi Quizizz di SMPN 5 Kota Malang,” vol. 8, pp. 2776–2785, 2025.
E. F. Siti Nurjanah,; Pina Indah Sayekti,; Vitri Astuti,; Bambang Sumardjoko, “Perspektif Connectivisme Terhadap Penggunaan Media Gamifikasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah,” vol. 09, no. September, pp. 1–23, 2024.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Heni Saprita, Meli Astriani, Sri Wardhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Deprecated: json_decode(): Passing null to parameter #1 ($json) of type string is deprecated in /home/ejournal.unisbablitar.ac.id/public_html/plugins/generic/citations/CitationsPlugin.php on line 68






