Transformasi Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Era Digital: Strategi Administrasi Pendidikan Berbasis Teknologi di Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak transformasi kepemimpinan kepala sekolah di era digital dalam pengelolaan administrasi pendidikan berbasis teknologi terhadap hasil belajar siswa, pengembangan profesionalisme guru, dan efisiensi manajemen sekolah. Desain penelitian ini metode penelitian kualitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan pimpinan sekolah, guru, dan siswa. Penelitian ini juga melibatkan analisis dokumen kebijakan dan prosedur sekolah yang terkait dengan integrasi teknologi melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa administrasi pendidikan berbasis teknologi telah secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Muhammadiyah Tanah Grogot. Penggunaan perangkat lunak pendidikan dan sumber daya online memungkinkan siswa untuk mengakses materi pembelajaran yang dipersonalisasi, dan mengarah pada peningkatan kinerja akademik. Selain itu, penggunaan platform digital untuk penilaian dan umpan balik telah memfasilitasi pemantauan kemajuan siswa secara tepat waktu dan efektif, sehingga memungkinkan para guru untuk memberikan intervensi yang tepat sasaran. Penelitian ini menyoroti dampak signifikan dari administrasi pendidikan berbasis teknologi terhadap hasil belajar siswa, pengembangan profesionalisme guru, dan efisiensi manajemen sekolah di SMP Muhammadiyah Tanah Grogot. Penelitian ini mengidentifikasi beberapa tantangan yang terkait dengan integrasi teknologi yang membutuhkan pertimbangan dan manajemen yang cermat oleh para pemimpin sekolah. Rekomendasi yang diajukan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut dan meningkatkan efektivitas administrasi pendidikan berbasis teknologi di SMP Muhammadiyah Tanah Grogot pada era digital.
Downloads
References
Huda, S., & Adiyono, A. (2023). Inovasi Pemgembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren Di Era Digital. ENTINAS: Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 371-387.
Adiyono, A. (2021). Implementasi Pembelajaran: Peluang dan Tantangan Pembelajaran Tatap Muka Bagi Siswa Sekolah Dasar di Muara Komam. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5017-5023. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1535
Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649-658.
Maulida, L. (2021). Upaya Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Tsanawiyah Hubbul Wathan NW Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Revolusi Indonesia, 1(3), 149-158.
Halimah, N., & Adiyono, A. (2022). Unsur-Unsur Penting Penilaian Objek Dalam Evaluasi Hasil Belajar. EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research, 2(1), 160-167.
Julaiha, J., Jumrah, S., & Adiyono, A. (2023). Pengelolaan Administrasi Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Madrasah. Journal on Education, 5(2), 3108-3113. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.970
Adiyono, A. (2022). Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah terhadap kinerja guru. Fikruna, 4(1), 50-63.
Wati, F., Kabariah, S., & Adiyono, A. (2022). Penerapan Model-Model Pengembangan Kurikulum Di Sekolah. Adiba: Journal Of Education, 2(4), 627-635.
Adiyono, A., & Rohimah, N. (2021). Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di MTs Negeri 1 Paser. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(5), 867-876.
Adiyono, A., Fadhilatunnisa, A., Rahmat, N. A., & Munawarroh, N. (2022). Skills of Islamic Religious Education Teachers in Class Management. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 6(1), 104-115. https://doi.org/10.35723/ajie.v6i1.229
Mardhatillah, A., Fitriani, E. N., Ma’rifah, S., & Adiyono, A. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sma Muhammadiyah Tanah Grogot. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal, 2(1), 1-17.
Wati, W. C. (2022). Analisis Standar Hasil Evaluasi Melalui Proses Belajar. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 170-176.
Al Rashid, B. H., Sara, Y., & Adiyono, A. (2023). Implementation Of Education Management With Learning Media In Era 4.0. International Journal of Humanities, Social Sciences and Business (INJOSS), 2(1), 48-56.
Rohmawati, O., Poniyah, P., & Adiyono, A. (2023). Implementasi Supervisi Pendidikan Sebagai Sarana Peningkatan Kinerja Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(3), 108-119.
Adiyono, A., & Pratiwi, W. (2021). Teachers' Efforts in Improving the Quality of Islamic Religious Education. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 12302-12313.
Nur, E., & Junaris, I. (2023). EVALUASI DAN MONITORING MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN. Refresh: Manjemen Pendidikan Islam, 1(2), 48-73.
Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.
Adiyono, A., Lesmana, A. R., Anggita, D., & Rahmani, R. (2023). Implementasi Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMKN 4 Tanah Grogot. Journal on Education, 5(2), 3492-3499. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1031
Wati, F., Kabariah, S., & Adiyono, A. (2023). Subjek dan objek evaluasi pendidikan di sekolah/madrasah terhadap perkembangan revolusi industri 5.0. Jurnal pendidikan dan keguruan, 1(5), 384-399.
Kabariah, S., & Adiyono, A. (2023). Efforts to Use Technology Effectively in Supporting the Implementation of Educational Supervision. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(1), 63-78.
Adiyono, A., Umami, F., & Rahayu, A. P. (2023, May). The Application of the Team Game Tournament (TGT) Learning Model in Increasing Student Interest in Learning. In Proceeding of International Conference on Education, Society and Humanity (Vol. 1, No. 1, pp. 791-799).
Saraya, A., Mardhatillah, A., & Fitriani, E. N. (2023). Educational Supervision of The Efforts Made Madrasah Family in Mts Al-Ihsan in Increasing The Professionalism of Teachers Teacher Professionalism. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 17(1), 16-29. https://doi.org/10.30957/cendekia.v17i1.815
Adiyono, A. (2020). Pasca Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. Fikruna, 2(2), 56-73.
Hilir, A., Nova, A., Faridah, E. S., Jamaluddin, G. M., Komariah, N., Sayekti, S. P., & Arifin, Z. (2022). Evaluasi Dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.
Istiqomah, N., Lisdawati, L., & Adiyono, A. (2023). Reinterpretasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Optimalisasi Implementasi dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), 85-106.
Adiyono, A. (2019). Kontribusi Seleksi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Kepala Sekolah Menengah Pertama Se-Kabupaten Paser (Doctoral dissertation, Pascasarjana).
Aini, Q. (2023). Implementation of an Independent Curriculum in Supporting Students' Freedom to Create and Learn. Journal of Scientific Research, Education, and Technology (JSRET), 2(3), 999-1008. https://doi.org/10.58526/jsret.v2i3.187
Musri, N. A., & Adiyono, A. (2023). Kompetensi Guru Mata Pelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Keunikan Belajar. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 3(1), 33-42. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2203
Adiyono, A., Agnia, A. S., & Maulidah, T. (2023). Strategi Manajemen Kurikulum dan Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTs Nashirul As’ adiyah Pepara Tanah Grogot. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 124-130.
Rahayuningtias, Z. D. (2021). Penerapan Model Pengembangan Kurikulum PAI SMA Negeri 1 Batu Engau. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 72-80. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v1i2.1171
Adiyono, A. (2020). UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS X AGAMA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PASER. Cross-border, 3(1), 224-243.
Adiyono, A., Julaiha, J., & Jumrah, S. (2023). Perubahan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Paser. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), 33-60.
Suryani, N. Y., Rahayu, A. P., Rohani, T., & Adiyono, A. (2024). SYNCHRONOUS AND ASYNCHRONOUS INTEGRATED PROJECT-BASED LEARNING IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING. Jurnal Smart, 10(1), 44-61. https://doi.org/10.52657/js.v10i1.2249
Adiyono, A. (2020). MANAJEMEN STRES. Cross-border, 3(1), 255-265.
Suparmin, S., & Adiyono, A. (2023). Implementasi Model Supervisi Distributif dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAI. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 143-169.
Murni, M., & Adiyono, A. (2024). PROPHETIC LEADERSHIP: A REVIEW OF ITS ROLE IN IMPROVING ISLAMIC EDUCATION INSTITUTIONS IN INDONESIA. International Journal of Teaching and Learning, 2(1), 179-196.
Anwar, K., & Asrawijaya, E. (2023, September). Teacher Communication and Interaction with Students in Online Learning Amid Covid-19 Pandemic. In Online Conference of Education Research International (OCERI 2023) (pp. 3-12). Atlantis Press.
Adiyono, A., Yulianti, Y., Azmi, M., Nisa, E. F., Aurelita, I. S., Zulfa, Z., & Rahmawati, R. (2022). Konkretisasi Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (Ppl) Stit Ibnu Rusyd Tanah Grogot Di Mts Negeri 1 Paser. Journal of Community Dedication, 2(4), 231-245.
Adiyono, A., Fadhilatunnisa, A., Rahmat, N. A., & Munawarroh, N. (2023). Islamic Religious Education Learning Outcomes Evaluation: Implementation of Steps, Concepts and Solutions in Public Elementary School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 5208-5222. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.4384
Adiyono, A., Rusdi, M., & Sara, Y. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam: Peningkatan Hermeneutika Materi Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 458-464. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1048
Oktafia, M., & Adiyono, A. (2023). Mengeksplorasi Dampak Penanaman Nilai-Nilai Religius Terhadap Kedisiplinan Siswa: Sebuah Pendekatan Baru Dalam Pendidikan Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 01-16.
Nazla, S., Wahyuni, S., & Adiyono, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Fiqih Yang Efektif Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Paser. FIKRUNA, 5(2), 177-204. https://doi.org/10.56489/fik.v6i2.122
Adila, A. U., Sari, I. P., & Adiyono, A. (2023). The Role of Teachers in The Development of Islamic Religious Education (PAI) Curriculum in Public Junior High Schools. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15(1), 1-8. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v15i1.8368
Safitri, I. N., & Adiyono, A. (2023). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER INTERAKTIF (TRANSFORMASI DISIPLIN SISWA MELALUI KREATIVITAS PEMBELAJARAN). JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(6), 977-991.
Adiyono, A., & Astuti, H. (2022). Processing Of Education Assessment Results In The Evaluation Of Learning Outcomes. Salwatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 50-59.
Abdurrohim, A., Adiyono, A., & Harun, M. (2023). Dissemination of Faith in The Early Muslim Community in The Mecca Period: An Analysis of The Process And its Impact on Islamic Faith Education. International Journal Ihya''Ulum al-Din, 25(2), 112-123. https://doi.org/10.21580/ihya.25.2.18199
Saraya, A., Mardhatillah, A., Fitriani, E. N., & Adiyono, A. (2023). THE ROLE OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TEACHERS: PROBLEMS IN EVALUATING STUDENT LEARNING OUTCOMES IN JUNIOR HIGH SCHOOLS. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 565-572. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1060
Badruzaman, A., & Adiyono, A. (2023). Reinterpreting identity: The influence of bureaucracy, situation definition, discrimination, and elites in Islamic education. Journal of Research in Instructional, 3(2), 157-175. https://doi.org/10.30862/jri.v3i2.264
Sapitri, N., & Adiyono, A. (2023). HARMONY OF TAḤSĪN. International Journal of Teaching and Learning, 1(4), 484-499.
Falah, S., Ramadhan, S., Hayati, N., Safitri, N., Marlina, R., & Khairunnisa, S. L. Kilauan Ajaib Eksplorasi Misteri Dua Bulan yang Bersinar di Ujung Kalimantan Timur. Zahir Publishing.
Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).