Literature Review: Analisis Model Pembelajaran Efektif dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah

  • Ahmad Wildan Thobibi Bahja Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Luqman Hakim Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Alfiana Af’idah R Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Abstract views: 123 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 110
Keywords: Artikel; Temuan; Dokumen.

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan implementasi pembelajaran dalam kurikulum merdeka di sekolah, pentingnya model pembelajaran yang tepat, dan model pembelajaran yang efektif untuk diterapkan guru dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kepustakaan. Sumber data diperoleh melalui penelaahan beberapa artikel jurnal ilmiah berskala nasional dan internasional yang terbit antara tahun 2014-2024, buku, dan dokumen lain yang relevan. Analisis data menggunakan penelitian teknik analisis konten dan studi dokumenter. Temuan penelitian menyimpulkan bahwa (1) penerapan kurikulum merdeka menekankan keterlibatan aktif-kolaboratif antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran, (2) pemilihan model pembelajaran yang efektif berperan penting dalam menciptakan proses belajar yang baik dan menjadi kunci utama dalam tercapainya tujuan pembelajaran, (3) ada lima model pembelajaran efektif yang diidentifikasi dalam implementasi pembelajaran kurikulum merdeka di sekolah, yaitu model Problem Based Learning, Active Learning, Cooperative Learning, Discovery Learning, and Think Pair Share.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ihsan, ‘Penguatan Pendidikan Agama Islam Pada Madrasah Aliyah Di Kudus’, Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 6, no. 1, pp. 115–136, 2016, doi: 10.21580/nw.2012.6.1.464.

Rosdiana, ‘Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Kelulusan Ujian Nasional Siswa Pada Sekolah Menengah Di Kota Palopo (Studi Kasus Di 5 Sekolah Menengah Di Kota Palopo)’, Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, vol. 4, no. 1, pp. 73–82, 2018, doi: 10.24256/jpmipa.v4i1.253.

N. D. Handayani, I. B. N. Mantra, and I. N. Suwandi, ‘Integrating collaborative learning in cyclic learning sessions to promote students’ reading comprehension and critical thinking’, International research journal of management, IT and social sciences, vol. 6, no. 5, pp. 303–308, 2019, doi: 10.21744/irjmis.v6n5.777.

S. Suwartini, ‘Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan’, Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, vol. Vol. 4, no. 1, pp. 220–234, 2017.

S. Yulia Pramesta, ‘Pengalokasian Beasiswa Pendidikan Guna Meningkatkan Prestasi Siswa Di SMA Antartika Sidoarjo’, Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, vol. 2, no. 2, pp. 1135–2962, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i2.1044

D. K. Ainia, ‘Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter’, Jurnal Filsafat Indonesia, vol. 3, no. 3, pp. 95–101, 2020, doi: 10.23887/jfi.v3i3.24525.

Subayil, ‘Kebijakan Pendidikan Di Era Globalisasi’, DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, vol. 23, no. 1, pp. 30–44, 2020, doi: 10.24853/ma.3.

K. Adi Wibawa, M. I. Legawa, I. M. Wena, and I. B. Seloka, ‘Meningkatkan Pemahaman Guru Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Directinteractive Workshop’, Cakrawala Ilmiah, vol. 2, no. 2, pp. 489–496, 2022.

S. Usanto, ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa’, Cakrawala, vol. 5, no. 2, pp. 494–502, 2022, [Online]. Available: https://www.cakrawala.imwi.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/142

D. Didiyanto, ‘Paradigma Pengembangan Kurikulum Pai Di Lembaga Pendidikan’, Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 1, no. 2, pp. 122–132, 2017, doi: 10.33650/edureligia.v1i2.740.

B. A. Sumantri, ‘Pengembangan Kurikulum di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi abad Ke-21’, At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, vol. 18, no. 1, pp. 27–50, Jun. 2019, [Online]. Available: https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/1614

L. Jackson, C., Vaughan, D. R., & Brown, ‘Discovering Lived Experiences through Descriptive Phenomenology.’, International Journal of Contemporary Hospitality Management, pp. 1–21, 2018.

I. W. Redhana, ‘Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia’, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, vol. 13, no. 1, pp. 2239–2252, 2019.

L. Hakim, A. Naufal, and T. Nabilatul W, ‘The Innovation of Information and Communication Technologies in Contextual Teaching and Learning Models Based PAI Learning’, vol. 12, no. 2, pp. 275–290, 2023, doi: 10.22219/progresiva.v12i02.28525.

A. Asy’ari and T. Hamami, ‘Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21’, IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, vol. 3, no. 01, pp. 19–34, 2020, doi: 10.37542/iq.v3i01.52.

D. Puspitarini, ‘Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21’, Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol. 7, no. 1, pp. 1–6, 2022, doi: 10.51169/ideguru.v7i1.307.

I. Muhammad, D. F. Himmawan, S. Mardliyah, and D. Dasari, ‘Analisis bibliometrik: fokus penelitian critical thinking dalam pembelajaran matematika(2017 – 2022)’, JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), vol. 6, no. 1, pp. 19–32, 2023, doi: 10.22460/jpmi.v6i1.14759.

M. F. Sunarto and N. Amalia, ‘Penggunaan Model Discovery Learning Guna Menciptakan Kemandirian Dan Kreativitas Peserta Didik’, Bahtera, vol. 21, no. 1, pp. 1–23, 2022.

T. F. Carney, Content Analysis: A Technique for Systematic Inference from Communications. London: B. T. Batsford LTD, 1972.

M. Albina, A. Safi’i, M. A. Gunawan, M. T. Wibowo, N. A. S. Sitepu, and R. Ardiyanti, ‘Model Pembelajaran Di Abad Ke 21’, Warta Dharmawangsa, vol. 16, no. 4, pp. 939–955, 2022, doi: 10.46576/wdw.v16i4.2446.

S. A. Syihabudin and T. Ratnasari, ‘Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif pada Anak Usia Sekolah Dasar’, Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), vol. 2, no. 1, pp. 21–31, 2020, doi: 10.52005/belaindika.v2i1.26.

T. Tayeb, ‘Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran’, Jurnal Pendidikan Dasar Islam, vol. 4, no. 02, pp. 48–55, 2017.

N. D. Iryanto, ‘Jurnal Basicedu’, Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3829–3840, 2021.

Fitriana and Nurmawati, ‘Pengaruh Strategi Pembelajaran Tadzkirah Dan Sikap Religius Terhadap Hasil Belajar Fiqh Di Madrasah Aliyah MUQ Langsa’, Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 15, no. 2, pp. 160–174, 2022.

A. Amalia and N. Sa’adah, ‘Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia’, Jurnal Psikologi, vol. 13, no. 2, pp. 214–225, 2020, doi: 10.35760/psi.2020.v13i2.3572.

M. Fetra Bonita Sari, Risda Amini, ‘Implementasi Kurikulum Prototype’, BASICEDU, vol. 6, no. 4, pp. 524–532, 2020, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

M. Yusuf and W. Arfiansyah, ‘Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme’, AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, vol. 7, no. 2, pp. 120–133, 2021, doi: 10.53627/jam.v7i2.3996.

Madhakomala, L. Aisyah, and F. Rizqiqa, ‘Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire’, At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, vol. 8, no. 2, pp. 162–172, 2022, doi: 10.55210/attalim.v8i2.819.

A. Fauzi, ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak’, Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, vol. 18, no. 2, pp. 18–22, 2022, doi: 10.57216/pah.v18i2.480.

R. Vhalery, A. M. Setiyastanto, and A. W. Laksono, ‘Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur’, Research and Development Journal of Education, vol. 8, no. 1, pp. 185–198, 2022.

Y. Indarta, N. Jalinus, W. Waskito, A. D. Samala, A. R. Riyanda, and N. H. Adi, ‘Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 4, no. 2, pp. 3011–3024, 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i2.2589.

D. A. K. Arisanti, ‘Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas’, Jurnal Penjaminan Mutu, vol. 8, no. 02, pp. 243–250, 2022, doi: 10.25078/jpm.v8i02.1386.

N. A. Febrianty, ‘Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Sebagai Pembentukan Keterampilan Berpikir Kritis’, Prosiding Samasta, pp. 1–11, 2022.

A. R. Idhartono, ‘Literasi Digital Pada Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Anak Tunagrahita’, Jurnal Teknologi Pembelajaran, vol. 6, no. 1, pp. 91–96, 2022.

A. Kurniawan and F. N. Mahmudah, ‘Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Sekolah Menengah Kejuruan’, AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 4, no. 2, pp. 66–78, Sep. 2020, doi: 10.33650/al-tanzim.v4i2.1156.

S. Meila Rahmawati, N. Sutarni, and I. Muhammad, ‘Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Contextual Teaching and Learning: Quasi-Eksperimen’, vol. 4, pp. 969–976, 2023, [Online]. Available: http://jurnaledukasia.org

Rahmadani, ‘Metode Penerapan Model Pembelajaran Based Learning (PBL)’, Lantanida Journal, vol. 7, no. 1, pp. 75–86, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/4440/pdf

M. Nurfitriyanti, ‘Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika’, Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, vol. 6, no. 2, pp. 149–160, 2016, doi: 10.30998/formatif.v6i2.950.

A. H. Fauzia, ‘Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD’, PRIMARY, vol. 7, no. April, pp. 40–47, 2018.

B. Junedi, I. Mahuda, and J. W. Kusuma, ‘Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten’, Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 16, no. 1, pp. 63–72, 2020, doi: 10.20414/transformasi.v16i1.1963.

T. Hidayat and S. Syahidin, ‘Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Taraf Berfikir Peserta Didik’, Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 16, no. 2, pp. 115–136, 2019, doi: 10.14421/jpai.2019.162-01.

R. T. P. Anggara, ‘Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Type Quiz Team Dapat Menuntaskan Hasil Belajar Mata Diklat Di Smk’, Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, vol. 7, no. 2, pp. 1–8, 2021.

M. A. Isya’, ‘Pengembangan model pembelajaran instruksional design dengan model Addie mata pelajaran PAI pada materi mengulang-ulang hafalan Surah Al Ma’un dan al Fil secara klasikal, kelompok dan individu kelas V SDN Gedongan 2 Kota Mojokerto’, Ta’dibia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, vol. 7, no. 1, p. 71, 2017, doi: 10.32616/tdb.v7i1.37.

V. Prasetyawati, ‘Metode Cooperative Learning dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19’, Epistema, vol. 2, no. 2, pp. 90–99, 2021, doi: 10.21831/ep.v2i2.41275.

I. Israil, ‘Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Kayangan’, Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 5, no. 2, p. 117, 2019, doi: 10.33394/jk.v5i2.1807.

P. Khoerunnisa and S. M. Aqwal, ‘Analisis Model-model Pembelajaran’, JF, vol. 4, no. 1, pp. 1–27, 2020, doi: 10.36088/fondatia.v4i1.441.

Salmi, ‘Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas Xii Ips.2 Sma Negeri 13 Palembang’, PROFIT: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, vol. 6, no. 1, pp. 1–16, 2019, doi: 10.36706/jp.v6i1.7865.

E. V. Putri, A. Winanto, U. Kristen, and S. Wacana, ‘Model Pembelajaran Think Pair Share Dengan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa’, vol. 9, no. 3, pp. 1302–1307, 2023, doi: 10.31949/educatio.v9i3.5597.

M. Kurjum, A. Muhid, and M. Thohir, ‘Think Pair Share Model As Solution To Develop Students’ Critical thinking In Islamic Studies: is it effective?’, Cakrawala Pendidikan, vol. 39, no. 1, pp. 144–155, 2020.

PlumX Metrics

Published
2025-01-08
How to Cite
Bahja, A. W. T., Hakim, L., & Af’idah R , A. (2025). Literature Review: Analisis Model Pembelajaran Efektif dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(1), 11-27. https://doi.org/10.35457/konstruk.v17i1.3651