PENERAPAN METODE TEKA-TEKI PETUALANG UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD SEMESTER VI UNIVERSITAS ISLAM BALITAR BLITAR PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN PKN SD TAHUN AKADEMIK 2016/ 2017

  • Minto Santoso
Abstract views: 134 , PDF downloads: 103
Keywords: Metode teka-teki petualang, Hasil Belajar

Abstract

Proses pembelajaran adalah proses komunikasi antara guru (dosen)danpeserta didik (mahasiswa),karenanyadosen memegang kunci yang dapat mengontrol efektifitas dan efesiensi perkuliahan. Sekaligus stimulan yang mampu memberi rangsangan kepada mahasiswa untuk berkarya menghasilkan suatu produk model atau media pembelajaran. Media pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dalam perkuliahan pembelajaran PKn SD juga menumbuhkan kesenangan tersendiri bagi mahasiswa. Selain itu, penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu alternatif yang dianggap tepat, karena dalam penyajian materi pembelajaran PKn SD mahasiswa bukan hanya menerima secara teoritis, akan tetapi siswa dapat langsung mengamati bentuk dan gambar.Dalam Penerapan metode teka-teki petualangdiperlukan langkah-langkah sebagai berikut: a). Menyiapkan instrumen yang digunakan berupa beberapa TTS; b). menyiapakan atau mencari tempat untuk meletakkan harta karun; c). membagi peserta didik (mahasiswa) kedalam beberapa kelompok yang setiap kelompok berisi 4-5 anak; d) peserta harus menjawab semua pertanyaan dari pos 1 dengan benar, karena dari jawaban pos 1 akan diketahui dimana pos 2 berada; e) peserta harus menjawab semua pertanyaan dari pos 2 dengan benar, karena dari jawaban pos 2 akan diketahui dimana pos 3 berada; f) peserta harus menjawab semua pertanyaan dari pos 3 dengan benar, karena dari jawaban pos 3 akan diketahui dimana pos 4 berada; f) semua peserta harus bekerjasama dengan baik karena penyelesaian permainan ini dibatasi oleh waktu. Hasil dari penggunakan metode teka-teki petualang dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa prodi PGSDdengan melihat hasil nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 98,8, rata-rata nilai akhir kognitif mahasiswa yang sebesar 95, hasil pengamatan kegiatan mahasiswa 94,4% dan tanggapan mahasiswa terhadap aplikasi inovasi pendidikan denga kategori A 94%, B 4% dan C 2%. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar mahasiswa yang pada pratindakan memperoleh rata-rata 76, rata-rata nilai akhir kognitif mahasiswa yang sebesar 82 dan partisipasi keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran 76,8%.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2017-06-14
How to Cite
Santoso, M. (2017). PENERAPAN METODE TEKA-TEKI PETUALANG UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD SEMESTER VI UNIVERSITAS ISLAM BALITAR BLITAR PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN PKN SD TAHUN AKADEMIK 2016/ 2017. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 200-209. https://doi.org/10.35457/konstruk.v9i2.256
Section
Articles