RANCANG BANGUN GAME EDUKATIF DUTA INDONESIA (DADU DAN PETA) INDONESIA
Abstract
Game adalah media bagi anak-anak untuk bisa mendapatkan pembelajaran yang memuat perkembangan kognitif, sosial, emosional, dan fisik. Kegiatan bermain dalam dunia pendidikan bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran yang bisa menstimulasi perkembangan kognitif, sosial, emosional, dan fisik. Dalam dunia pendidikan, kehadiran game berbasis pembelajaran sangat diperlukan. Dalam penelitian ini, dibahas sebuah game bernama Duta Indonesia (Dadu dan Peta Indonesia). Duta Indonesia dikembangkan untuk menyediakan pengalaman belajar baik kognitif maupun afektif sehingga game ini bisa dikategorikan ke dalam game berbasis pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan dengan melakukan uji produk terbatas. 86% hasil validasi ahli menunjukkan bahwa game ini sudah layak tanpa perlu revisi. Sementara itu, hasil uji coba produk hanya terbatas pada 11% responden yang menyatakan game ini baik, dan 85% responden menyatakan produk ini sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa game Duta Indonesia layak ditindaklanjuti.
Downloads
References
Anggani sudono. 2000. Sumber belajar dan alat permainan (untuk pendidikan anak usia
Basyaruddin, Yosi, dan Abdillah Obid. 2004. Manhaj pendidikan Anak Muslim. Jakarta Selatan: Mustaqim.
Borg, W.R. and Gall, M.D. Educational Research: An Introduction. London: Longman, Inc, 1983.
Ismail, Andang .2007. Education Games: Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.
KBBI.,Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available .http://kbbi.web.id/pusat, [Diakses 20 September 2018], 2018.
Lestari, Eny Wiji., Geografi 3 Untuk SMA/MA Kelas XII.CV Wilian, 2011.
Martuti, A.2008. Mengelola PAUD dengan Aneka Permainan Meraih Kecerdasan Majemuk.Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Musbikin, Imam.2006. mendidik anak kreatif ala einstein. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Sugiyono.,Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.
Tedjasaputra mayke.2001.bermain,mainan dan permainan.jakarta:pt grasindo
Http//rahmihamdi.blogspot.com/2012/12/fungsi-alat-permainan.html
http://fourseasonnews.blogspot.com/2012/08/pengertian-alat-permainan-edukatif-ape.html
http://kabarpendidikanluarbiasa.wordpress.com/2012/10/15/penggunaan-alat-permainan-edukatif-untuk-perkembangan-ana/
http://mayadikiria.wordpress.com/2011/05/22/permainan-edukatif-sebagai-media-belajar-anak-usia-dini/
Copyright (c) 2019 Minto Santoso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).