RANCANG BANGUN GAME EDUKATIF DUTA INDONESIA (DADU DAN PETA) INDONESIA

Authors

  • Minto Santoso FKIP, Universitas Islam Balitar Blitar

DOI:

https://doi.org/10.35457/konstruk.v11i1.663

Keywords:

Game berbasis Pendidikan, Duta Indonesia

Abstract

Game adalah media bagi anak-anak untuk bisa mendapatkan pembelajaran yang memuat perkembangan kognitif, sosial, emosional, dan fisik. Kegiatan bermain dalam dunia pendidikan bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran yang bisa menstimulasi perkembangan kognitif, sosial, emosional, dan fisik. Dalam dunia pendidikan, kehadiran game berbasis pembelajaran sangat diperlukan. Dalam penelitian ini, dibahas sebuah game bernama Duta Indonesia (Dadu dan Peta Indonesia). Duta Indonesia dikembangkan untuk menyediakan pengalaman belajar baik kognitif maupun afektif sehingga game ini bisa dikategorikan ke dalam game berbasis pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan dengan melakukan uji produk terbatas. 86% hasil validasi ahli menunjukkan bahwa game ini sudah layak tanpa perlu revisi. Sementara itu, hasil uji coba produk hanya terbatas pada 11% responden yang menyatakan game ini baik, dan 85% responden menyatakan produk ini sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa game Duta Indonesia layak ditindaklanjuti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulkarim, Aim.,Pendidikan Kewarganegaraan: Membangun Warga Negara yang Demokratis. Bandung: PT Grafindo Media Pratama, 2007.
Anggani sudono. 2000. Sumber belajar dan alat permainan (untuk pendidikan anak usia
Basyaruddin, Yosi, dan Abdillah Obid. 2004. Manhaj pendidikan Anak Muslim. Jakarta Selatan: Mustaqim.
Borg, W.R. and Gall, M.D. Educational Research: An Introduction. London: Longman, Inc, 1983.
Ismail, Andang .2007. Education Games: Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.
KBBI.,Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available .http://kbbi.web.id/pusat, [Diakses 20 September 2018], 2018.
Lestari, Eny Wiji., Geografi 3 Untuk SMA/MA Kelas XII.CV Wilian, 2011.
Martuti, A.2008. Mengelola PAUD dengan Aneka Permainan Meraih Kecerdasan Majemuk.Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Musbikin, Imam.2006. mendidik anak kreatif ala einstein. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Sugiyono.,Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.
Tedjasaputra mayke.2001.bermain,mainan dan permainan.jakarta:pt grasindo
Http//rahmihamdi.blogspot.com/2012/12/fungsi-alat-permainan.html
http://fourseasonnews.blogspot.com/2012/08/pengertian-alat-permainan-edukatif-ape.html
http://kabarpendidikanluarbiasa.wordpress.com/2012/10/15/penggunaan-alat-permainan-edukatif-untuk-perkembangan-ana/
http://mayadikiria.wordpress.com/2011/05/22/permainan-edukatif-sebagai-media-belajar-anak-usia-dini/

Published

2019-01-01

Deprecated: json_decode(): Passing null to parameter #1 ($json) of type string is deprecated in /home/ejournal.unisbablitar.ac.id/public_html/plugins/generic/citations/CitationsPlugin.php on line 68

How to Cite

RANCANG BANGUN GAME EDUKATIF DUTA INDONESIA (DADU DAN PETA) INDONESIA. (2019). Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 20-31. https://doi.org/10.35457/konstruk.v11i1.663

Similar Articles

1-10 of 179

You may also start an advanced similarity search for this article.