PENERAPAN GABUNGAN METODE CERAMAH DENGAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KESAMBEN KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract views: 133
,
PDF downloads: 72
Keywords:
metode ceramah, metode kerja kelompok, prestasi belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (a) meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah khususnya mata pelajaran Sejarah, (b) meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah khsususnya mata pelajaran Sejarah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Kesamben Kab. Blitar. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,91%), siklus II (77,27%), siklus m (88,64%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah gabungan metode ceramah dengan kelompok kerja dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa SMA Negeri 1 Kesamben Kab. Blitar, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran ilmu pengetahuan sosial
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2017-06-14
How to Cite
., H. (2017). PENERAPAN GABUNGAN METODE CERAMAH DENGAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KESAMBEN KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 244-260. https://doi.org/10.35457/konstruk.v9i2.260
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).