PENERAPAN GABUNGAN METODE CERAMAH DENGAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KESAMBEN KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Authors

  • Hariyono .

DOI:

https://doi.org/10.35457/konstruk.v9i2.260

Keywords:

metode ceramah, metode kerja kelompok, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (a) meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah khususnya mata pelajaran Sejarah, (b) meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah khsususnya mata pelajaran Sejarah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Kesamben Kab. Blitar. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,91%), siklus II (77,27%), siklus m (88,64%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah gabungan metode ceramah dengan kelompok kerja dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa SMA Negeri 1 Kesamben Kab. Blitar, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran ilmu pengetahuan sosial

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-14

Issue

Section

Articles

Deprecated: json_decode(): Passing null to parameter #1 ($json) of type string is deprecated in /home/ejournal.unisbablitar.ac.id/public_html/plugins/generic/citations/CitationsPlugin.php on line 68

How to Cite

PENERAPAN GABUNGAN METODE CERAMAH DENGAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KESAMBEN KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. (2017). Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 244-260. https://doi.org/10.35457/konstruk.v9i2.260

Similar Articles

1-10 of 190

You may also start an advanced similarity search for this article.