PEMBINAAN GURU DALAM PELAKSANAAN PTK PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA METODE PEMBELAJARAN --WAYANG TOKOH-- MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Abstract views: 244
,
PDF downloads: 220
Keywords:
proses, hasil belajar, metode “Wayang Tokoh--, pendidikan kewarganegaraan
Abstract
Pengembangan Metode pembelajaran --Wayang Tokoh-- dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan ini dilatar belakangi adanya permasalahan pembelajaran yang dihadapi oleh Ibu Bekti Mardiyani, S.Pd Selaku guru kelas 6 SDN 4 Kresikan. Beliau mengalami kesulitan dalam meningkatkan proses dan hasil pembelajaran peserta didiknya. Metode --Wayang Tokoh-- disarankan oleh peneliti untuk dapatnya dikembangkan dalam mengatasi permasalahan. Hasil Pembimbingan pelaksanaan metode pembelajaran --Wayang Tokoh-- dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan memperoleh Data hasil pelaksanaan siklus secara garis besar sebagai berikut: (1). Proses pembelajaran ditinjau dari aspek keaktifan siswa secara bertutut turut adalah dari tahap pra siklus: 64% (kualifikasi kurang baik), siklus 1: 76% (kualifikasi baik), dan siklus 2: 82% (kualifikasi sangatbaik). (2). Hasil belajar siswa ditinjau dari aspek Peningkatan jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM secara bertutut turut tahap pra siklus: 56% (9 dari 16), siklus 1: 75% (12 dari 16), dan siklus 2: 87,5% (14 dari 16); sedangkan ditinjau dari Peningkatan jumlah rata-rata kelas secara bertutut-turut tahap pra siklus: 68, siklus 1: 78, dan siklus 2: 89. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat peningkatan positif terhadap proses belajar yang terus meningkat tiap siklus. (2) hasil belajar mengalami peningkatan jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM Maupun peningkatan Rata-rata kelas setiap siklus.
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2017-06-14
How to Cite
Prasetyo, H. E. (2017). PEMBINAAN GURU DALAM PELAKSANAAN PTK PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA METODE PEMBELAJARAN --WAYANG TOKOH-- MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 172-179. https://doi.org/10.35457/konstruk.v9i2.249
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).