PEMBINAAN GURU DALAM PELAKSANAAN PTK PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA METODE PEMBELAJARAN --WAYANG TOKOH-- MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

  • Hendrik Eko Prasetyo
Abstract views: 151 , PDF downloads: 144
Keywords: proses, hasil belajar, metode “Wayang Tokoh--, pendidikan kewarganegaraan

Abstract

Pengembangan Metode pembelajaran --Wayang Tokoh-- dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan ini dilatar belakangi adanya permasalahan pembelajaran yang dihadapi oleh Ibu Bekti Mardiyani, S.Pd Selaku guru kelas 6 SDN 4 Kresikan. Beliau mengalami kesulitan dalam meningkatkan proses dan hasil pembelajaran peserta didiknya. Metode --Wayang Tokoh-- disarankan oleh peneliti untuk dapatnya dikembangkan dalam mengatasi permasalahan. Hasil Pembimbingan pelaksanaan metode pembelajaran --Wayang Tokoh-- dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan memperoleh Data hasil pelaksanaan siklus secara garis besar sebagai berikut: (1). Proses pembelajaran ditinjau dari aspek keaktifan siswa secara bertutut turut adalah dari tahap pra siklus: 64% (kualifikasi kurang baik), siklus 1: 76% (kualifikasi baik), dan siklus 2: 82% (kualifikasi sangatbaik). (2). Hasil belajar siswa ditinjau dari aspek Peningkatan jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM secara bertutut turut tahap pra siklus: 56% (9 dari 16), siklus 1: 75% (12 dari 16), dan siklus 2: 87,5% (14 dari 16); sedangkan ditinjau dari Peningkatan jumlah rata-rata kelas secara bertutut-turut tahap pra siklus: 68, siklus 1: 78, dan siklus 2: 89. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat peningkatan positif terhadap proses belajar yang terus meningkat tiap siklus. (2) hasil belajar mengalami peningkatan jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM Maupun peningkatan Rata-rata kelas setiap siklus.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2017-06-14
How to Cite
Prasetyo, H. E. (2017). PEMBINAAN GURU DALAM PELAKSANAAN PTK PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA METODE PEMBELAJARAN --WAYANG TOKOH-- MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 172-179. https://doi.org/10.35457/konstruk.v9i2.249
Section
Articles