Analisis Motivasi Belajar Siswa SMA/Sederajat dalam Pembelajaran Kimia Secara Daring di Masa Pandemik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang motivasi belajar siswa SMA/Sederajat dalam pembelajaran daring serta aspek-aspek yang mempengaruhinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner terbuka dan tertutup dalam bentuk Google Form. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa memiliki rasa kemauan dan kesadaran yang tinggi untuk belajar dan menyelesaikan tugas selama pembelajaran daring, (2) tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring berada pada kategori tinggi, serta (3) aspek-aspek dominan yang memengaruhi tingkat motivasi belajar siswa adalah semangat belajar dan desain lingkungan belajar.
Downloads
References
N. D. Wahyuni, A. A. Purwoko, and Y. Andayani, “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada (Mata Pelajaran Kimia) Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Teknol. Pendidik. J. Penelit. dan Pengemb. Pembelajaran, vol. 7, no. 2, pp. 234–241, 2022.
K. K. Purwanto, F. Faizah, and H. S. Nurillah, “ANALISIS KESULITAN BELAJAR KIMIA DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMIK COVID-19,” UNESA J. Chem. Educ., vol. 11, no. 1, pp. 14–22, 2022.
S. Arni, K. Sa’diyah, and S. Murtiningsih, “Permasalahan Proses Pembelajaran Kimia Secara Daring Pada Peserta Didik Di Masa Pandemi,” Al Qalam J. Ilm. Keagamaan dan Kemasyarakatan, vol. 16, no. 1, pp. 246–263, 2022.
Fikran, K. Mustapa, R. Ratman, and M. R. Jura, “The Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia,” Media Eksakta, vol. 18, no. 2, pp. 81–90, 2022.
E. Refiyani, B. Hastuti, and E. Susilowati, “Hubungan Minat Belajar Kimia Materi Laju Reaksi terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online menggunakan Google Classroom selama Pandemi Covid-19,” J. Pendidik. Kim., vol. 11, no. 1, pp. 109–116, 2022.
F. F. Haryani, A. D. Nursanti, Sukarmin, D. Wahyuningsih, and Supurwoko, “Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah pada Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 6, no. 3, 2022.
M. V Lassa, L. A. M. Parera, and J. N. Naat, “Studi Komparasi Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Mipa Pada Pembelajaran Daring Dan Luring Terhadap Materi Titrasi Asam Basa Di Sma Negeri 6 Kota Kupang,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Sains Kimia (SNP-SK) FKIP-Undana, 2022, vol. 5, no. 1, pp. 106–113.
I. K. Parsa, “Penerapan Pembelajaran Daring Metode Sinkron Asinkron Melalui Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Sma Negeri 1 Tegallalang,” Suluh Pendidik., vol. 20, no. 2, pp. 109–126, 2022.
A. Emda, “Pemanfaatan Platform Digital dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid pada Mahasiswa Pendidikan Kimia di UIN-Ar-Raniry,” Ceudah-Journal Educ. Soc. Sci., vol. 1, no. 2, pp. 94–102, 2022.
M. RIKU, “Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Daring Virtual Dengan Media/Platform Google Classroom Pada Masa Pandemi COVID-19,” EDUTECH J. Inov. Pendidik. Berbantuan Teknol., vol. 2, no. 1, pp. 99–111, 2022.
I. M. Pustikayasa, “Grup Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran,” Widya Genitri J. Ilm. Pendidikan, Agama dan Kebud. Hindu, vol. 10, no. 2, pp. 53–62, 2019.
Machali, I. “Metode Penelitian Kuantitatif (Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan, Dan Analisis Dalam Penelitian Kuantitatif).” Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2021.
F. B. Sembiring, “Penerapan Telegram Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia Pada Kelas X SMAN 3 Tualang Tahun 2021,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 2, no. 2, pp. 130–135, 2022.
C. Mau, “Analisis Kesiapan Technological, Pedagogical, Content Knowledge Guru dalam Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19,” Learn. J. Inov. Penelit. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 2, no. 2, pp. 139–148, 2022.
R. Atikah, R. T. Prihatin, H. Hernayati, and J. Misbah, “Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran di masa pandemi covid-19,” PETIK J. Pendidik. Teknol. Inf. Dan Komun., vol. 7, no. 1, pp. 7–18, 2021.
B. Kartika, L., Tandililing, E., “Penerapan Engaged Learning Strategy Dalam Menumbuhkembangkan Tanggung Jawab Belajar Dan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 5, no. 4, pp. 1–17.
A. Widyanti, S. Hasudungan, and J. Park, “e-Learning Readiness and Perceived Learning Workload among Students in an Indonesian University.,” Knowl. Manag. E-Learning, vol. 12, no. 1, pp. 18–29, 2020.
S. P. Sari and J. E. Bermuli, “Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter,” J. Kependidikan J. Has. Penelit. Dan Kaji. Kepustakaan Di Bid. Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, vol. 7, no. 1, pp. 110–121, 2021.
B. Landrum, J. Bannister, G. Garza, and S. Rhame, “A class of one: Students’ satisfaction with online learning,” J. Educ. Bus., vol. 96, no. 2, pp. 82–88, 2021.
S. Sunyono, A. Meristin, and G. C. W. Prabowo, “Perception and Motivation of Prospective Chemistry Teachers in Online Learning during COVID-19 Pandemic: A Case of Lampung University,” J. Pendidik. MIPA, vol. 22, no. 1, pp. 77–89, 2021.
D. Mawartini, E. S. Bahriah, and S. Agung, “PEMBELAJARAN DARING: HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 2022, vol. 1, no. 1, pp. 145–162.
M. A. L. Cueva and S. A. C. Terrones, “Impact of virtual classes on the university students in the context of COVID-19 quarantine: The case of the PUCP,” Propósitos y Represent., p. 15, 2020.
S. M. Mendoza-Lizcano, W. Palacios Alvarado, and B. Medina Delgado, “Influence of COVID-19 confinement on physics learning in engineering and science students,” in Journal of Physics: Conference Series, 2020, vol. 1671, no. 1, p. 12018.
Copyright (c) 2023 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).