Analisis Motivasi Belajar Siswa SMA/Sederajat dalam Pembelajaran Kimia Secara Daring di Masa Pandemik

  • Kriesna Kharisma Purwanto Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Billfath
  • Qonik Zuliatin Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Billfath
  • Eko Yuniarto Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Wisnuwardhana
  • Zulkarnain Gazali Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Andri Wahyu Wijayadi Program Studi Pendidikan IPA FIP Universitas Hasyim Asy’ari
Abstract views: 92 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 235
Keywords: survei, dominan, desain

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang motivasi belajar siswa SMA/Sederajat dalam pembelajaran daring serta aspek-aspek yang mempengaruhinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner terbuka dan tertutup dalam bentuk Google Form. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa memiliki rasa kemauan dan kesadaran yang tinggi untuk belajar dan menyelesaikan tugas selama pembelajaran daring, (2) tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring berada pada kategori tinggi, serta (3) aspek-aspek dominan yang memengaruhi tingkat motivasi belajar siswa adalah semangat belajar dan desain lingkungan belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. D. Wahyuni, A. A. Purwoko, and Y. Andayani, “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada (Mata Pelajaran Kimia) Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Teknol. Pendidik. J. Penelit. dan Pengemb. Pembelajaran, vol. 7, no. 2, pp. 234–241, 2022.

K. K. Purwanto, F. Faizah, and H. S. Nurillah, “ANALISIS KESULITAN BELAJAR KIMIA DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMIK COVID-19,” UNESA J. Chem. Educ., vol. 11, no. 1, pp. 14–22, 2022.

S. Arni, K. Sa’diyah, and S. Murtiningsih, “Permasalahan Proses Pembelajaran Kimia Secara Daring Pada Peserta Didik Di Masa Pandemi,” Al Qalam J. Ilm. Keagamaan dan Kemasyarakatan, vol. 16, no. 1, pp. 246–263, 2022.

Fikran, K. Mustapa, R. Ratman, and M. R. Jura, “The Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia,” Media Eksakta, vol. 18, no. 2, pp. 81–90, 2022.

E. Refiyani, B. Hastuti, and E. Susilowati, “Hubungan Minat Belajar Kimia Materi Laju Reaksi terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online menggunakan Google Classroom selama Pandemi Covid-19,” J. Pendidik. Kim., vol. 11, no. 1, pp. 109–116, 2022.

F. F. Haryani, A. D. Nursanti, Sukarmin, D. Wahyuningsih, and Supurwoko, “Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah pada Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 6, no. 3, 2022.

M. V Lassa, L. A. M. Parera, and J. N. Naat, “Studi Komparasi Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Mipa Pada Pembelajaran Daring Dan Luring Terhadap Materi Titrasi Asam Basa Di Sma Negeri 6 Kota Kupang,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Sains Kimia (SNP-SK) FKIP-Undana, 2022, vol. 5, no. 1, pp. 106–113.

I. K. Parsa, “Penerapan Pembelajaran Daring Metode Sinkron Asinkron Melalui Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Sma Negeri 1 Tegallalang,” Suluh Pendidik., vol. 20, no. 2, pp. 109–126, 2022.

A. Emda, “Pemanfaatan Platform Digital dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid pada Mahasiswa Pendidikan Kimia di UIN-Ar-Raniry,” Ceudah-Journal Educ. Soc. Sci., vol. 1, no. 2, pp. 94–102, 2022.

M. RIKU, “Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Daring Virtual Dengan Media/Platform Google Classroom Pada Masa Pandemi COVID-19,” EDUTECH J. Inov. Pendidik. Berbantuan Teknol., vol. 2, no. 1, pp. 99–111, 2022.

I. M. Pustikayasa, “Grup Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran,” Widya Genitri J. Ilm. Pendidikan, Agama dan Kebud. Hindu, vol. 10, no. 2, pp. 53–62, 2019.

Machali, I. “Metode Penelitian Kuantitatif (Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan, Dan Analisis Dalam Penelitian Kuantitatif).” Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2021.

F. B. Sembiring, “Penerapan Telegram Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia Pada Kelas X SMAN 3 Tualang Tahun 2021,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 2, no. 2, pp. 130–135, 2022.

C. Mau, “Analisis Kesiapan Technological, Pedagogical, Content Knowledge Guru dalam Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19,” Learn. J. Inov. Penelit. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 2, no. 2, pp. 139–148, 2022.

R. Atikah, R. T. Prihatin, H. Hernayati, and J. Misbah, “Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran di masa pandemi covid-19,” PETIK J. Pendidik. Teknol. Inf. Dan Komun., vol. 7, no. 1, pp. 7–18, 2021.

B. Kartika, L., Tandililing, E., “Penerapan Engaged Learning Strategy Dalam Menumbuhkembangkan Tanggung Jawab Belajar Dan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 5, no. 4, pp. 1–17.

A. Widyanti, S. Hasudungan, and J. Park, “e-Learning Readiness and Perceived Learning Workload among Students in an Indonesian University.,” Knowl. Manag. E-Learning, vol. 12, no. 1, pp. 18–29, 2020.

S. P. Sari and J. E. Bermuli, “Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter,” J. Kependidikan J. Has. Penelit. Dan Kaji. Kepustakaan Di Bid. Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, vol. 7, no. 1, pp. 110–121, 2021.

B. Landrum, J. Bannister, G. Garza, and S. Rhame, “A class of one: Students’ satisfaction with online learning,” J. Educ. Bus., vol. 96, no. 2, pp. 82–88, 2021.

S. Sunyono, A. Meristin, and G. C. W. Prabowo, “Perception and Motivation of Prospective Chemistry Teachers in Online Learning during COVID-19 Pandemic: A Case of Lampung University,” J. Pendidik. MIPA, vol. 22, no. 1, pp. 77–89, 2021.

D. Mawartini, E. S. Bahriah, and S. Agung, “PEMBELAJARAN DARING: HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 2022, vol. 1, no. 1, pp. 145–162.

M. A. L. Cueva and S. A. C. Terrones, “Impact of virtual classes on the university students in the context of COVID-19 quarantine: The case of the PUCP,” Propósitos y Represent., p. 15, 2020.

S. M. Mendoza-Lizcano, W. Palacios Alvarado, and B. Medina Delgado, “Influence of COVID-19 confinement on physics learning in engineering and science students,” in Journal of Physics: Conference Series, 2020, vol. 1671, no. 1, p. 12018.

PlumX Metrics

Published
2023-08-04
How to Cite
Purwanto, K. K., Zuliatin, Q., Yuniarto, E., Gazali, Z., & Wijayadi, A. W. (2023). Analisis Motivasi Belajar Siswa SMA/Sederajat dalam Pembelajaran Kimia Secara Daring di Masa Pandemik. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(2), 174-186. https://doi.org/10.35457/konstruk.v15i2.2847
Section
Articles