PENERAPAN METODE CERIA PERMANIS UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS VII SMPI HIDAYATUL -˜ULUM DAYU SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018
Abstract
Metode mengajar di dalam kelas yang tepat dan bervariasi dapat dijadikan sebagai alat untuk memotivasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.Dengan menggunankan metode mengajar yang bervariasi, maka akan dapat menghindarkan siswa dari rasa kebosanan, sehingga siswa akan tetap bersemangat dalam mengikuti pelajaran sampai pelajaran usai, bahkan merasa kurang waktu untuk mempelajari mata pelajaran tersebut. Rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran di kelas VII SMPI ditemukan gejala rendahnya minat dan perhatian siswa terhadap pelajaran, rendahnya semangat siswa dalam melaksanakan tugas-tugas belajar dan mengikuti pembelajaran, rendahnyareaksi siswa terhadap stimulus yang diberikan oleh guru.Kondisi ini diusahakan diselesaikan dengan sebuah tindakan perbaikan melalui metode berceramah dengan berbagai variasi, permainan dan kuis.Hasil dari tindakan yang dilakukan memberikan dampak positif dalam pembelajaran yakni meningkatnya partisipasi siswa, kenaikan rata-rata kelas dan juga kenaikan jumlah ketuntasn belajar siswa. Peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran PKn dari pra hingga berakhirnya tindakan sebesar72,2% . Peningkatan ketuntasan siswa dari pra siklus hingga evaluasi akhir sebesar 35,4 %. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penggunaan metode ceria permanis efektif diterapkan di kelas VII SMPI Hidayatul -˜Ulum Dayu pada semester genap tahun pelajaran 2017/ 2018.
Downloads
Copyright (c) 2018 Minto Santoso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).