Faktor yang Memengaruhi Kesulitan Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA dalam Mempelajari Kimia Dasar di STKIP Modern Ngawi
Abstract
Selain biologi dan fisika, kimia merupakan salah satu cabang dari ilmu pengetahuan alam (IPA) yang dikategorikan sulit untuk dipelajari. Salah satu mata pelajaran pada jenjang perguruan tinggi yang berkaitan dengan kimia adalah Kimia Dasar. Mahasiswa program studi pendidikan IPA STKIP Modern Ngawi memiliki nilai yang relatif rendah pada mata kuliah kimia dasar. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan mahasiswa program studi pendidikan IPA STKIP Modern Ngawi dalam mempelajari mata kuliah Kimia Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pengujian survei. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA di STKIP Modern Ngawi yang berujumlah 19 mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan sebanyak 73,68% kesulitan belajar dipengaruhi oleh kemampuan individu, 47,37% dipengaruhi oleh lingkungan kampus, 42,11% dipengaruhi oleh motivasi diri sendiri, 31,58% dipengaruhi oleh lingkungan sosial, dan 5,27% masing-masing dipengaruhi oleh keluarga serta bakat dan minat mahasiswa. Faktor lain yang menyebabkan mahasiswa mengalami kesulitan belajar dalam mata kuliah kimia dasar adalah merasa bosan saat belajar, kurang berlatih soal-soal dan belajar sebelum ujian, sehingga nilai yang didapatkan jauh dari nilai yang diharapkan.
Downloads
References
Anggraini, D. P., Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Perkuliahan dan Praktikum Kimia Dasar di Jurusan Pendidikan Biologi FKP UNISBA, Kontruktivisme, Vol. 8, No. 1, 61-71, 2016.
Fatah, M., Suud, F. M., dan Chaer, M. T., Jenis-Jenis Kesulitan Belajar dan Faktor Penyebabnya Sebuah Kajian Komprehensif pada Siswa SMK Muhammadiyah Tegal, Psycho Idea, Vol. 19, No. 1, 89-102, 2021
Muhaiba, R., Aisy, R. R., Imaniyah, N., Sari, S. M., dan Agustina, S. D., Faktor Penyebab Kesulitan Belajar dan Dampak Terhadap Perkembangan Prestasi Siswa Kelas 1-6 SDN Gili Timur 1, Prosiding IKIP PGRI Bojonegoro, Vol. 1, No. 1, 329-337, 2020.
Hernani, “Dasar-dasar Ilmu Kimia”, 2014, Kimia Dasar 1, Universitas Terbuka, Jakarta, p. 1. ISBN 9796898012.
Istijabatun, S., Pengaruh Pengetahuan Alam Terhadap Pemahaman Mata Pelajaran Kimia, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(2): 323-329, 2008
Putri, Y. D., Elvia, R., Amir, H., “Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik”, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 5(2): 168-174, 2021.
Juwita, R., “Kimia Dasar”, 2017, Repositroy STKIP PGRI Sumatera Barat.
Djangi, M. J., Sugiarti, dan Ramdani, Analisis Kesulitan Belajar Kimia Melalui Pembelajaran Daring Peserta Didik Kelas XI SMAN 3 Maros pada Materi Pokok Larutan Penyangga, Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, 1571-1579, ISBN : 978-623-387-014-6, 2021.
Faika, S., dan Side, S., Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Perkuliahan dan Praktikum Kimia Dasar di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar, Jurnal Chemica, Vol. 12 No. 2, 18-26, 2011.
Ristyani E., dan Bahriah E. S., Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa di SMAN X Kota Tangerang Selatan, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, Vol. 2, No. 1, 2016.
Prilliyanti, A., Muderawan, !. W., dan Maryam, S., Analisis Kesulitan Belajar dalam Mempelajari Kimia Kelas XI, Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, Vol. 5, No. 1, 11-18, 2021.
Hadewia, S., Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI di MAN 2 Kota Palu, Jurnal Kolaboratif Sains, Vol. 5, No. 10, 2022.
DWP, Sucihatiningsih dan Sulistyowati, H., Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran IPS Ekonomi, Dinamika Pendidikan, Vol. 1, No. 2, 162-181, 2006.
Khoiroh, W., Aini, N., dan Budhi, H. S., Analisis Kesulitan Kegiatan Praktikum Kimia Dasar Mahasiswa S1 Tadris IPA IAIN Kudus di Masa Pandemi Covid-19, Wahana Matematika dan Sains : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, Vol. 15, No. 2, 2021.
Dewi, R. K., Analisis Kesulitan Belajar pada Mahasiswa Tadris Kimia Materi Biokimia di UIN SATU Tulungagung, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(1), 2022.
Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).