Kesulitan Peserta Didik dalam Memanfaatkan Buku Cetak Sebagai Sumber Belajar Tajwid di SMP 1 Limboto Kabupaten Gorontalo
Abstract
Penelitian ini difokuskan pada fenomena perilaku peserta didik yang kurang memanfaatkan buku cetak sebagai sumber belajar tajwid, mengakibatkan peserta didik tidak paham mengenai materi tajwid sebagai ilmu yang harus dikuasai dalam membaca kitab suci Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesulitan peserta didik dalam memanfaatkan buku cetak sebagai sumber belajar tajwid. Penggunaan buku sebagai sumber belajar ini melibatkan peserta didik dan guru dalam proses belajar tajwid, untuk memudahkan mereka dalam mengidentifikasi dan memahami tajwid. Penelitian ini dilakukan di SMP 1 Limboto, metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif dengan mengunakan desain penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kesulitan ini antara lain kurangnya dukungan dari lingkungan belajar, minimnya penggunaan metode pembelajaran yang efektif, rendahnya motivasi belajar siswa, dan kurangnya waktu yang dialokasikan untuk praktik. Beberapa hal yang perlu dilakukan oleh guru yaitu dapat lebih memanfaatkan buku sebagai sumber belajar tajwid, kemudian di dukung dengan menerapakan metode dan media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, seperti permainan atau aplikasi yang berkaitan dengan tajwid. Kedua, peningkatan keterlibatan orang tua dan komunitas dalam proses belajar mengajar tajwid dapat diharapkan dapat memberikan dukungan moral dan motivasi kepada peserta didik.
Downloads
References
Fauziah, Nur, ‘Peranan Ulumul Quran Dalam Pembentukan Hukum Islam’, Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 3.2 (2024), pp. 178–83
Hanafi, Imam, Ummah Karimah, and Siti Shofiyah, ‘Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Sumber Belajar Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran Pada Siswa’, Al Burhan: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pengembangan Budaya Al-Qur’an, 23.02 (2023), pp. 212–29
Hariroh, Nur, and Delfi Olvia Novitasari, ‘Meningkatkan Pemahaman Tentang Ilmu Tajwid Kepada Anak-Anak Di Desa Sumberrejo Kec. Batanghari Kab. Lampung Timur’, MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 1.02 (2022), pp. 22–35
Herawati, Lilik, Novitasari Triyastuti, Kundiastuti Kundiastuti, Erik Darius, and Soedjono Soedjono, ‘Analisis Implikasi Konsep Kodrat Zaman Dan Tri Pusat Pendidikan KHD di SMKN 1 SEDAN’, Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7.3 (2024), pp. 8478–84
Irmawati, Irmawati, Mispani Mispani, and Amirudin Amirudin, ‘Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pasca Pandemi Covid-19 Di SD Mutiara Bangsa School Pringsewu Lampung’, Assyfa Journal of Islamic Studies, 2.2 (2024)
Noor, Sugian, ‘Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin’, Jurnal Pendidikan Hayati, 6.1 (2020), pp. 1–7
Nurhayati, B, M Nuramina, and Andi Faridah Arsal, ‘Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis High OrderThinking Skills Kelas X SMA’, BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science Dan Pendidikan, 12.2 (2023), pp. 101–6
Oktarina, Mikyal, ‘Faedah Mempelajari dan Membaca Al-Quran dengan Tajwid’, Jurnal Studi Pemilihan, Riset Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 8 (2020), pp. 147–62
Ondeng, Syarifuddin, Andi Abdul Hamzah, and Zulfiah Sam, ‘Peran Al-Qur’an (Pengaruh Al-Qur’an Dalam Membentuk Bahasa Arab Dan Sastra)’, AL-QIBLAH: Jurnal Studi Islam Dan Bahasa Arab, 3.1 (2024), pp. 84–98
Prihatin, Yulianah, and Raras Hafiidha Sari, ‘Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Pandemi Covid-19’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5.2 (2021), pp. 4537–46
Putra, Muhammad Adhitya Hidayat, Muhammad Rezky Noor Handy, Bambang Subiyakto, Rusmaniah Rusmaniah, and Norhayati Norhayati, ‘Identifikasi Nilai Budaya Masyarakat Sungai Jelai Basirih Selatan Sebagai Sumber Belajar IPS’, Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial, 2.2 (2022)
Rambe, Arfa Anggriani, and Fatima Rahma, ‘Program Pengenalan Ilmu Tajwid Melaui Media Pembelajaran Pohon Ilmu’, Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1.2 (2020), pp. 105–15
Rofiqoh, Firda Nur, and Abdul Bashith, ‘Metode Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa’, Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2.1 (2023), pp. 1–12
Saputra, Ajat, and Afif Nurseha, ‘Upaya Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Baca Tulis Al-Quran’, Journal Of International Multidisciplinary Research, 1.2 (2023), pp. 1062–73 <https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr>
Shafira, Annisa, ‘Strategi Komunikasi Kehumasan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY dalam Mensosialisasikan Gerakan Selamatkan Pangan’, Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 9.3 (2024), pp. 671–85
Tabrani, Tabrani, and Tabrani Muluk, ‘Metode Amtsal dalam Pembelajaran Menurut Perspektif Al-Quran’, Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 18.1 (2020), pp. 52–63
Umar, Juairiah, ‘Kegunaan Terjemah Qur’an Bagi Ummat Muslim’, Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah: Media Kajian Al-Qur’an Dan Al-Hadits Multi Perspektif, 14.1 (2017), pp. 31–38
Wulandari, Risa, ‘Analisis Kemampuan Membaca Qur’an Berdasarkan Tajwid: Kemampuan, Membaca Al-Qur’an, Tajwid’, Riyadhah, 1.2 (2023)
Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).