Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelajaran IPA SMP Kelas IX
Abstract
Tujuan penelitian meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran IPA SMP kelas IX. Penelitian dilakukan pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan 2 siklus, dan setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek penelitian 32 peserta didik kelas IX.D UPT SMP Negeri 1 Kademangan. Metode analisis data menggunakan deskriptif dengan alat pengumpulan data lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan hasil ulangan belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dari kondisi awal 14 (43,75%) peserta didik yang tuntas menjadi 22 peserta didik (68,75%) di siklus pertama, dan 31 (96,87%) peserta didik di siklus kedua, hal tersebut didukung dengan peningkatan. Hasil belajar pada kondisi awal 14 (43,75%) peserta didik tuntas, naik menjadi 20 peserta didik (62,50%) tuntas peserta didik di siklus pertama. Siklus kedua hasil belajar naik menjadidan dan 30 peserta didik (93,75%) tuntas di siklus kedua. peserta didik dan dinyatakan tuntas. Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk mata pelajaran IPA Kelas IX.D UPT SMP Negeri 1 Kademangan Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.
Downloads
References
H. D. Nurma’ardi, A. M. Oktaviani, And S. Rokmanah, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar,” J. Pelita Calistung, Vol. 3, No. 02, Pp. 45–54, 2022, [Online]. Available: Https://Jurnal.Upg.Ac.Id/Index.Php/Jpc/Article/View/292/201
K. Lestari, A. Sulissusiawan, And A. Wartiningsih, “Penerapan Model Discovery Learning dengan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Pembelajaran Pengembangan Hikayat menjadi Cerpen Kurnia Lestari , Ahadi Sulissusiawan , Agus Wartiningsih Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Fkip Untan Pontianak,” J. Pendidik. Dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol. 8, No. 2, Pp. 1–10, 2019.
S. Sulthon, “Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa Mi,” Elem. Islam. Teach. J., Vol. 4, No. 1, 2017, Doi: 10.21043/Elementary.V4i1.1969.
M. Arief, “Ristek : Jurnal Riset , Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang Penggunaan Model Discovery Learning Berbantu Media Manipulatif untuk Meningkatkan Aktivitas,” Vol. 5, No. 1, Pp. 30–36, 2021.
Y. Nurimasari, S. T. Martaningsih, And Sukardi, “Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Tematik dengan Menggunakan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Tanjungtirto 1 Berbah,” 2003, Pp. 1499–1505.
R. A. Tyas, I. Wilujeng, And S. Suyanta, “Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Jajanan Lokal Daerah Terhadap Keterampilan Proses Sains,” J. Inov. Pendidik. Ipa, Vol. 6, No. 1, Pp. 114–125, 2020.
R. Kemmis, S. & Mc. Taggart, The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press, 1988.
T. Hanida, Suryani, And Sukmawati, “Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Tematik Di Kelas Ii Sekolah Dasar,” J. Progr. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, Pp. 1–14, 2015.
A. T. Syahputra, N. Nurjannah, And M. Arsyam, “Pemberian Skor dan Sistem Penilaian dalam Pembelajaran,” J. Pendidik., Vol. 2, No. 1, Pp. 1–8, 2020.
S. Tampubolon, Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik Dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga, 2014.
J. Haryadi And S. Pratiwi, “Implementasi Model Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa,” Mes J. Math. Educ. Sci., Vol. 6, No. 2, Pp. 56–62, 2021, Doi: 10.30743/Mes.V6i2.3730.
I. S. Putri And R. Juliani, “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dan Aktivitas Siswa,” J. Pendidik. Fis., Vol. 6, No. 2, Pp. 91–94, 2017.
C. Saragih, R. Sinaga, S. Maulahe, And D. S. Tanjung, “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku,” Prim. J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, Vol. 9, No. 6, Pp. 819–827, 2020, Doi: 10.33578/Jpfkip.V9i6.8034.
L. Herlina, “Menerapkan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Pada Materi Transformasi Dalam Ptm Terbatas (Study Kasus Terhadap Siswa Kelas Ix-A Smpn 2 Jatinangor Kabupaten Sumedang),” J. Penelit. Pendidik., Vol. 22, No. 1, Pp. 42–58, 2022, [Online]. Available: Https://Doi.Org/10.17509/Jpp.V22i1.45693
I. Suprayanti, S. Ayub, And S. Rahayu, “Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smpn 5 Jonggat Tahun Pelajaran 2015/2016,” J. Pendidik. Fis. Dan Teknol., Vol. 2, No. 1, Pp. 30–35, 2017, Doi: 10.29303/Jpft.V2i1.285.
M. G. Jayadiningrat, K. A. A. Putra, And P. S. E. A. Putra, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa,” J. Pendidik. Kim. Undiksha, vol. 3, no. 2, pp. 83–89, 2019, doi: 10.33394/jtp.v6i1.3720.
Copyright (c) 2023 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).