Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelajaran IPA SMP Kelas IX

  • Mahrus Mahrus UPT SMP Negeri 1 Kademangan
Abstract views: 255 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 203
Keywords: observasi, siklus, deskripitif

Abstract

Tujuan penelitian meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran IPA SMP kelas IX. Penelitian dilakukan pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan 2 siklus, dan setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek penelitian 32 peserta didik kelas IX.D UPT SMP Negeri 1 Kademangan. Metode analisis data menggunakan deskriptif dengan alat pengumpulan data lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan hasil ulangan belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dari kondisi awal 14 (43,75%) peserta didik yang tuntas menjadi 22 peserta didik (68,75%) di siklus pertama, dan 31 (96,87%) peserta didik di siklus kedua, hal tersebut didukung dengan peningkatan. Hasil belajar pada kondisi awal 14 (43,75%) peserta didik tuntas, naik menjadi 20 peserta didik (62,50%) tuntas peserta didik di siklus pertama. Siklus kedua hasil belajar naik menjadidan dan 30 peserta didik (93,75%) tuntas di siklus kedua. peserta didik dan dinyatakan tuntas. Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk mata pelajaran IPA Kelas IX.D UPT SMP Negeri 1 Kademangan Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. D. Nurma’ardi, A. M. Oktaviani, And S. Rokmanah, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar,” J. Pelita Calistung, Vol. 3, No. 02, Pp. 45–54, 2022, [Online]. Available: Https://Jurnal.Upg.Ac.Id/Index.Php/Jpc/Article/View/292/201

K. Lestari, A. Sulissusiawan, And A. Wartiningsih, “Penerapan Model Discovery Learning dengan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Pembelajaran Pengembangan Hikayat menjadi Cerpen Kurnia Lestari , Ahadi Sulissusiawan , Agus Wartiningsih Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Fkip Untan Pontianak,” J. Pendidik. Dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol. 8, No. 2, Pp. 1–10, 2019.

S. Sulthon, “Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa Mi,” Elem. Islam. Teach. J., Vol. 4, No. 1, 2017, Doi: 10.21043/Elementary.V4i1.1969.

M. Arief, “Ristek : Jurnal Riset , Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang Penggunaan Model Discovery Learning Berbantu Media Manipulatif untuk Meningkatkan Aktivitas,” Vol. 5, No. 1, Pp. 30–36, 2021.

Y. Nurimasari, S. T. Martaningsih, And Sukardi, “Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Tematik dengan Menggunakan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Tanjungtirto 1 Berbah,” 2003, Pp. 1499–1505.

R. A. Tyas, I. Wilujeng, And S. Suyanta, “Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Jajanan Lokal Daerah Terhadap Keterampilan Proses Sains,” J. Inov. Pendidik. Ipa, Vol. 6, No. 1, Pp. 114–125, 2020.

R. Kemmis, S. & Mc. Taggart, The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press, 1988.

T. Hanida, Suryani, And Sukmawati, “Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Tematik Di Kelas Ii Sekolah Dasar,” J. Progr. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, Pp. 1–14, 2015.

A. T. Syahputra, N. Nurjannah, And M. Arsyam, “Pemberian Skor dan Sistem Penilaian dalam Pembelajaran,” J. Pendidik., Vol. 2, No. 1, Pp. 1–8, 2020.

S. Tampubolon, Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik Dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga, 2014.

J. Haryadi And S. Pratiwi, “Implementasi Model Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa,” Mes J. Math. Educ. Sci., Vol. 6, No. 2, Pp. 56–62, 2021, Doi: 10.30743/Mes.V6i2.3730.

I. S. Putri And R. Juliani, “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dan Aktivitas Siswa,” J. Pendidik. Fis., Vol. 6, No. 2, Pp. 91–94, 2017.

C. Saragih, R. Sinaga, S. Maulahe, And D. S. Tanjung, “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku,” Prim. J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, Vol. 9, No. 6, Pp. 819–827, 2020, Doi: 10.33578/Jpfkip.V9i6.8034.

L. Herlina, “Menerapkan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Pada Materi Transformasi Dalam Ptm Terbatas (Study Kasus Terhadap Siswa Kelas Ix-A Smpn 2 Jatinangor Kabupaten Sumedang),” J. Penelit. Pendidik., Vol. 22, No. 1, Pp. 42–58, 2022, [Online]. Available: Https://Doi.Org/10.17509/Jpp.V22i1.45693

I. Suprayanti, S. Ayub, And S. Rahayu, “Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smpn 5 Jonggat Tahun Pelajaran 2015/2016,” J. Pendidik. Fis. Dan Teknol., Vol. 2, No. 1, Pp. 30–35, 2017, Doi: 10.29303/Jpft.V2i1.285.

M. G. Jayadiningrat, K. A. A. Putra, And P. S. E. A. Putra, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa,” J. Pendidik. Kim. Undiksha, vol. 3, no. 2, pp. 83–89, 2019, doi: 10.33394/jtp.v6i1.3720.

PlumX Metrics

Published
2023-04-14
How to Cite
Mahrus, M. (2023). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelajaran IPA SMP Kelas IX. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(1), 148-158. https://doi.org/10.35457/konstruk.v15i1.2670