Analisis Kebutuhan Mahasiswa pada Materi dan Metode Pembelajaran Proposal serta Tata Tulis Ilmiah untuk Pengembangan RPS
Abstract
Satu di antara indikator yang berkontribusi penting terhadap terwujud atau tidaknya capaian pembelajaran adalah adanya kebutuhan pembelajar. Untuk itu, perlu dilakukan analisis kebutuhan mahasiswa akan materi dan metode perkuliahan Proposal dan Tata Tulis Ilmiah (PRTTI) dengan tujuan untuk memetakan kebutuhan mahasiswa akan materi mata kuliah PRTTI dan mendeskripsikan metode pembelajaran yang dibutuhkan mahasiswa untuk setiap materi mata kuliah PRTTI. Dengan metode deskripsi dan responden adalah mahasiswa Program Studi Teknik Perawatan dan Perbaikan Gedung (TPPG) yang mengikuti perkuliahan PRTTI di semester genap tahun akademis 2020–2021 diperoleh hasil Analisis kebutuhan mahasiswa akan materi pembelajaran PRTTI terdiri atas Pengantar Penulisan Ilmiah, Proposal, Laporan Ilmiah, Etika Penulisan, Konvensi Naskah, Kalimat Ilmiah, serta Presentasi Ilmiah. Selain itu pada setiap materi,mahasiswa sangat membutuhkan metode diskusi&presentasi, latihan, ceramah, sedangkan metode diskusi, kerja kelompok, dan demonstrasi kurang dibutuhkan mahasiswa. Dari uji coba materi pembelajaran dan metode tersebut, diperoleh nilai rata-rata mahasiswa dalam perkuliahan PRTTI adalah 77.63 atau AB. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kebutuhan mahasiswa akan ketujuh materi dan keenam metode pada perkuliahan PRTTI dapat difungsikan untuk memperoleh capaian pembelajaran.
Downloads
References
S. Al-hamlan and A. A. Baniabdelrahman, “"A Needs Analysis Approach to EFL Syllabus Development for Second Grade Students in Secondary Education in Saudi Arabia : A Descriptive Analytical Approach to Students ’ Needs",” Am. Int. J. Contemp. Res., 2015.
Nurhayati, Silabus: Teori dan Aplikasi Pengembangannya. Yogyakarta: Leutikaprio, 2012.
O. W. Puspita, Andayani, H. J. Waluyo, and M. Rohmadi, “‘A Needs Analysis for Poetry Appreciation Textbooks in Universitites: An Exploratory Study,’” Am. J. Educ. Res., 2017, doi: 10.12691/education-5-4-3.
K. Andi and B. Arafah, “‘Using Needs Analysis to Develop English Teaching Materials in Initial Speaking Skills for Indonesian College Students of English,’” Turkish Online J. Des. Art Commun. TOJDAC, 2017.
S. Lestari, “‘Kajian Ragam Bahasa Slogan Pada Papan Reklame Di Kota Medan (Kajian Sosiolinguistik),’” Sasindo, 2013.
S. N. Yuliyawati, “‘Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Kompetensi lulusan Bagi Program Studi Administrasi Bisnis Di Politeknik,’” 2016.
A. Prastowo, “Summary for Policymakers,” in Climate Change 2013 - The Physical Science Basis, Intergovernmental Panel on Climate Change, Ed. Cambridge: Cambridge University Press, 2012, pp. 1–30.
(editor) Kusumawardani, Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi. 2020.
H. Laili, “Pengaruh Metode Pembelajaran terhadap Kemampuan Mahasiswa dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran pada Perkuliahan Strategi Pembelajaran Matematika,” Fondatia, vol. 1, no. 2, pp. 131–149, 2017, doi: 10.36088/fondatia.v1i2.106.
Menteri Riset, Teknologi, “Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia,” Kemenristekdikti, pp. 1–58, 2019.
A. Alfiriani, E. Hutabri, and A. Pratama, “‘Analisis Kebutuhan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran TI,’” Pros. Semin. Pend. IPA Pascasarj. UM, 2017.
S. Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.
S. N. Yuliyawati, “Analisis Kebutuhan Mahasiswa terhadap Bahan Ajar Perkuliahan Proposal dan Tata Tulis Ilmiah,” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 21, no. 1, p. 221, 2021, doi: 10.33087/jiubj.v21i1.1120.
Khausar, “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Guru Yang Bervariasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pada Siswa,” J. Genta Mulia, vol. V, no. 2, pp. 72–85, 2014.
H. Hengki, O. Rizan, B. Isnanto, H. Hamidah, and ..., “Optimasi Pemilihan Model Pembelajaran Berbasis SCL Menggunakan Saw Method Pada Perguruan Tinggi XYZ,” Jutis (Jurnal Tek. …, vol. 7, no. 1, pp. 22–28, 2020.
J. I. Ndukwe, “‘Needs Analysis of an English for Academic Purpose (Eap) Programme: English Language Curriculum to the Effectiveness of the Primary School Teacher in Nigeria,’” IOSR J. Res. Method Educ. Ver. III, 2015, doi: 10.9790/7388-05434547.
M. Yasir, “Pengaruh Metode dan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia,” Deiksis, vol. 9, no. 02, p. 138, 2017, doi: 10.30998/deiksis.v9i02.1516.
Copyright (c) 2022 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).