Analisis Kebutuhan Pengembangan Media E-Comic dalam Pembelajaran Sains SD

Authors

  • Ade Shalahudin Permadi Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Fathul Zannah UM Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i2.2301

Keywords:

e-comic, sekolah dasar, analisis kebutuhan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berupa e-comic pada pembelajaran sains di Sekolah Dasar (SD). Metode penelitian yang digunakan yaitu berupa pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa survei yang dilakukan kepada 20 orang siswa di jenjang Sekolah Dasar. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa memberikan respon yang positif terhadap upaya pengembangan media pembelajaran berupa e-comic untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran khususnya pada materi “Peduli Terhadap Makhluk Hidup”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penelitian ini perlu untuk terus dilanjutkan sehingga dapat menghasilkan produk berupa media pembelajaran berupa e-comic untuk dapat diaplikasikan pada kegiatan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayani, Supriadi, I. Rusani, and Z. Anwar, “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Kontekstual pada Materi Bangun Ruang,” Celeb. Educ. Rev., vol. 1, no. April, pp. 53–58, 2019.

U. Sulfiah and D. Sulisworo, “Pengembangan Media Pembelajaran Kontekstual Menggunakan Komik Fisika Uuntuk Peserta Didik SMP / MTs Kelas VII Pada Pokok Bahasan Kalor,” Berk. Fis. Indones., vol. 8, no. 2, pp. 31–37, 2016.

W. A. Aeni and A. Yusupa, “Model Media Pembelajaran E-Komik Untuk Sma,” J. Kwangsan, vol. 6, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.31800/jurnalkwangsan.v6i1.66.

T. Andani, I. Z. Mawaddah, and ..., “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Web pada Pokok Bahasan Efek Doppler di SMA,” … Semin. Nas. Fis. …, pp. 26–32, 2020, [Online]. Available: https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/130%0Ahttps://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/download/130/119.

S. Hartini, S. Firdausi, Misbah, and N. F. Sulaeman, “The development of physics teaching materials based on local wisdom to train Saraba Kawa characters,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 7, no. 2, pp. 130–137, 2018, doi: 10.15294/jpii.v7i2.14249.

H. Maurin and S. I. Muhamadi, “Metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa,” al-Aulad J. Islam. Prim. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 65–76, 2018, doi: 10.15575/al-aulad.v1i2.3526.

N. Ermi, “Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru,” Sorot, vol. 10, no. 2, p. 155, 2015, doi: 10.31258/sorot.10.2.3212.

R. R. Antika, “Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning (Studi Deskriptif di Sekolah Menengah Pertama Islam Baitul 'Izzah, Nganjuk" hal,” BioKultur, vol. III, no. 1, p. 251, 2014.

H. Alawiyah, N. D. Muldayanti, and A. E. Setiadi, “Jurnal Biologi Education, Vol. 3, No.2, Agustus 2016 53,” J. Biol. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 53–62, 2016.

F. Zannah and I. S. Dewi, “Analisis Karakteristik Gaya Belajar Mahasiswa PGSD UM Palangkaraya,” Konstr. J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 12, no. 2, pp. 105–110, 2020.

I. C. Firdaus, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar dan Self Concept Matematis Siswa,” Indones. J. Math. Educ., vol. 3, pp. 3–10, 2017, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/261229-pengaruh-penggunaan-media-pembelajaran-d-a22d25dd.pdf.

D. Sari and N. D. Lestari, “Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa,” J. Neraca J. Pendidik. dan Ilmu Ekon. Akunt., vol. 2, no. 2, pp. 71–80, 2018, doi: 10.31851/neraca.v2i2.2690.

a. W. F. Fatimah, “Jurnal Pendidikan IPA Indonesia,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 3, no. 2, pp. 146–153, 2014.

P. M. W. Angga, I. K. Sudarma, and I. K. Suartama, “E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia,” J. Edutech Undiksha, vol. 8, no. 2, p. 93, 2020, doi: 10.23887/jeu.v8i2.28920.

A. Emda, “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran,” Lantanida J., vol. 5, no. 2, p. 172, 2018, doi: 10.22373/lj.v5i2.2838.

Published

2023-04-14

Issue

Section

Articles

Deprecated: json_decode(): Passing null to parameter #1 ($json) of type string is deprecated in /home/ejournal.unisbablitar.ac.id/public_html/plugins/generic/citations/CitationsPlugin.php on line 68

How to Cite

Analisis Kebutuhan Pengembangan Media E-Comic dalam Pembelajaran Sains SD. (2023). Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(2), 171-179. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i2.2301

Similar Articles

1-10 of 133

You may also start an advanced similarity search for this article.