Analisis Kebutuhan Pengembangan Media E-Comic dalam Pembelajaran Sains SD
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berupa e-comic pada pembelajaran sains di Sekolah Dasar (SD). Metode penelitian yang digunakan yaitu berupa pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa survei yang dilakukan kepada 20 orang siswa di jenjang Sekolah Dasar. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa memberikan respon yang positif terhadap upaya pengembangan media pembelajaran berupa e-comic untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran khususnya pada materi “Peduli Terhadap Makhluk Hidup”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penelitian ini perlu untuk terus dilanjutkan sehingga dapat menghasilkan produk berupa media pembelajaran berupa e-comic untuk dapat diaplikasikan pada kegiatan pembelajaran.
Downloads
References
Hidayani, Supriadi, I. Rusani, and Z. Anwar, “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Kontekstual pada Materi Bangun Ruang,” Celeb. Educ. Rev., vol. 1, no. April, pp. 53–58, 2019.
U. Sulfiah and D. Sulisworo, “Pengembangan Media Pembelajaran Kontekstual Menggunakan Komik Fisika Uuntuk Peserta Didik SMP / MTs Kelas VII Pada Pokok Bahasan Kalor,” Berk. Fis. Indones., vol. 8, no. 2, pp. 31–37, 2016.
W. A. Aeni and A. Yusupa, “Model Media Pembelajaran E-Komik Untuk Sma,” J. Kwangsan, vol. 6, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.31800/jurnalkwangsan.v6i1.66.
T. Andani, I. Z. Mawaddah, and ..., “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Web pada Pokok Bahasan Efek Doppler di SMA,” … Semin. Nas. Fis. …, pp. 26–32, 2020, [Online]. Available: https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/130%0Ahttps://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/download/130/119.
S. Hartini, S. Firdausi, Misbah, and N. F. Sulaeman, “The development of physics teaching materials based on local wisdom to train Saraba Kawa characters,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 7, no. 2, pp. 130–137, 2018, doi: 10.15294/jpii.v7i2.14249.
H. Maurin and S. I. Muhamadi, “Metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa,” al-Aulad J. Islam. Prim. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 65–76, 2018, doi: 10.15575/al-aulad.v1i2.3526.
N. Ermi, “Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru,” Sorot, vol. 10, no. 2, p. 155, 2015, doi: 10.31258/sorot.10.2.3212.
R. R. Antika, “Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning (Studi Deskriptif di Sekolah Menengah Pertama Islam Baitul 'Izzah, Nganjuk" hal,” BioKultur, vol. III, no. 1, p. 251, 2014.
H. Alawiyah, N. D. Muldayanti, and A. E. Setiadi, “Jurnal Biologi Education, Vol. 3, No.2, Agustus 2016 53,” J. Biol. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 53–62, 2016.
F. Zannah and I. S. Dewi, “Analisis Karakteristik Gaya Belajar Mahasiswa PGSD UM Palangkaraya,” Konstr. J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 12, no. 2, pp. 105–110, 2020.
I. C. Firdaus, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar dan Self Concept Matematis Siswa,” Indones. J. Math. Educ., vol. 3, pp. 3–10, 2017, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/261229-pengaruh-penggunaan-media-pembelajaran-d-a22d25dd.pdf.
D. Sari and N. D. Lestari, “Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa,” J. Neraca J. Pendidik. dan Ilmu Ekon. Akunt., vol. 2, no. 2, pp. 71–80, 2018, doi: 10.31851/neraca.v2i2.2690.
a. W. F. Fatimah, “Jurnal Pendidikan IPA Indonesia,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 3, no. 2, pp. 146–153, 2014.
P. M. W. Angga, I. K. Sudarma, and I. K. Suartama, “E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia,” J. Edutech Undiksha, vol. 8, no. 2, p. 93, 2020, doi: 10.23887/jeu.v8i2.28920.
A. Emda, “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran,” Lantanida J., vol. 5, no. 2, p. 172, 2018, doi: 10.22373/lj.v5i2.2838.
Copyright (c) 2023 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).