ANALISIS GAYA BELAJAR MAHASISWA DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA DASAR MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU TERNAK FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS ISLAM BALITAR SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2016-2017

  • Devita Sulistiana
Abstract views: 163 , PDF downloads: 500
Keywords: gaya belajar, hasil belajar, kimia dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar
mahasiswa dan hasil belajar mata kuliah kimia dasar mahasiswa program
studi ilmu ternak Fakultas peternakan Universitas Islam Balitar Semester
ganjil tahun akademik 2016-2017. Jenis penelitiannya adalah penelitian
deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian adalah data kualitatif dan
kuantitatif. Data kuantitatif didapat dari angket, observasi dan dokumentasi
hasil belajar mahasiswa, sedangkan data kualitatif didapat dari
wawancara. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi
ilmu ternak Fakultas peternakan Universitas Islam Balitar Semester ganjil
tahun akademik 2016-2017 yang berjumlah 44 orang. Teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis sederhana untuk
mencari hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar. Hasil
penelitian diketahui keseluruhan terlihat bahwa gaya belajar mahasiswa
program studi ilmu ternak Fakultas peternakan Universitas Islam Balitar
Semester ganjil tahun akademik 2016-2017adalah auditorial 22 orang
(44%), visual 16 orang (32%), kinestisia 3 orang (6%), gaya belajar
campuran 4 orang (6%), gaya belajar visual dan kinestisia 4 orang (8%)
dan gaya belajar auditorial dan visual 3 orang (4%). Mahasiswa dengan
gaya belajar kinestetik dapat menguasai mata kuliah kimia dasar dengan
persentase ketuntasan 100%, sementara mahasiswa dengan gaya belajar
auditorial 86%, dan visual 81%.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2018-01-22
How to Cite
Sulistiana, D. (2018). ANALISIS GAYA BELAJAR MAHASISWA DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA DASAR MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU TERNAK FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS ISLAM BALITAR SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2016-2017. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 84-97. https://doi.org/10.35457/konstruk.v10i1.457