Pengembangan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Kelas IV Sekolah Dasar

  • Cici Jamilatus Sholikha Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Sidoarjo
  • Anggra Lita Sandra Dewi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Sidoarjo
  • Endang Wahju Andjariani Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Sidoarjo
Abstract views: 117 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 93
Keywords: pengembangan, media audiovisual, keterampilan menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa media audiovisual pada kelas IV Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengembangan media audiovisual, keterampilan menulis, dan respon siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and development) dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV yang diambil 10 siswa dalam dua kelas yang berbeda. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yaitu Lembar validasi oleh 2 ahli, lembar angket keterampilan menulis, lembar angket respon siswa, lembar soal tes. Berdasarkan hasil belajar siswa yang diperoleh dengan nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen adalah 0,83 dengan kriteria penilaian tinggi, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata N-Gain 0,45 dengan kriteria penilaian sedang. Berdasarkan hasil belajar tersebut diketahui bahwa penggunaan media audiovisual pada siswa IV Sekolah Dasar sangat berpengaruh baik, dan respon siswa dalam menggunakan media audio visual mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Zulfa, “Pengaruh Penggunaan Media Origami Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Novia Jalan Pembangunan 3 No. 13 Medan Helvetia,” Digit. Repos. Univ. Negeri Medan, 2017.

R. S. D. Desi Pristiwanti, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, “Pengertian Pendidikan,” J. Pendidik. dan konseling, 2022.

Undang-Undang Sisdiknas Tentang Pendidikan Nasional No.20 Pasal 3 Tahun 2003. .

Y. BP Abd Rahman, M. A. Sabhayati, Fitriani Andi, Karlina Yuyun, “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan,” Al Urwatul Wutsqa Kaji. Pendidik. Islam, vol. 2, Nomor 1, 2022.

S. S. Yulia Yulia, Eri Sarimanah, “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Biografi,” Pedagog. J. Pendidik. Ilm., vol. 7, no. 2, 2015.

M. A. Malladewi, “Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Melalui Jurnal Pribadi Siswa Kelas IV di SD Negeri Balasklumprik I/434 Surabaya,” J. Penelit. Pendidik. Sekol. dasar, 2013.

A. siti Sholeh Khabib, “Teknik Mind Mapping sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen pada Siswa SMA,” J. Pendidik. Surya Edukasi, 2016.

L. Dewi, A. L.S., Mubarokah, “Pengaruh Penggunaan Media Vidio Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Kenampakan Alam dan Buatan Indonesia Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” ElsE (Elemen Lary Sch. Journal) J. Pendidik. dan Pembelajaran Sekol. Dasar, pp. 53–66, 2019.

P. A. Suryani Nunuk, Setiawan Achmad, “Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya,” UPT Perpust. IAIN Palangka Raya, 2018.

S. Ariyana, Intan Sari Ramdhani, “Merdeka Belajar melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi,” SILAMPARI BISA, 2020.

K. Galuh, Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Pandantoyo).,” J. Din. Penelit., Vol. 16 Nomor 1, 2016.

Y. Munadi, “Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru,” in Jakarta: Gaung persada press, 2008.

A. M. Izzudin and A. Masugigo, Suharmanto, “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Vidio Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Service Engine dan Komponen-komponennya,” Automot. Sci. Educ. J., pp. 76–85, 2013.

W. Winarni, “Efektifitas Ceramah dan Audio Visual dalam Peningkatan Pengetahuan Dismenorea pada Siswi SMA,” gaster, 2016.

R. S, Karokaro Rasyid Isran., “Manfaat Media dalam Pembelajaran,” axiom J. Pendidik. Mat., vol. 7, No 1, 2018.

F. Laksono, “Pengembangan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Budaya Hidup Sehat Khususnya Kebersihan Tangan dan Kaki pada Peserta Didik Kelas II SD Negeri Semen Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah,” 2017.

N. D. P. Gabriela, “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” J. Pendidik. guru Sekol. dasar, 2021.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

E. Mulyatiningsih, “Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan,” UPT Perpust. IAIN Palang Karaya, 2011.

PlumX Metrics

Published
2023-02-09
How to Cite
Sholikha, C. J., Dewi, A. L. S., & Andjariani, E. W. (2023). Pengembangan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Kelas IV Sekolah Dasar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(2), 153-161. https://doi.org/10.35457/konstruk.v15i1.1968
Section
Articles