KEMAMPUAN MENULIS DAFTAR RUJUKAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD) UNIVERSITAS ISLAM BALITAR (UNISBA)

  • Sripit Widiastuti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Balitar
Abstract views: 1192 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1098

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis daftar rujukan mahasiswa PGSD UNISBA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada aspek (1) ketepatan pola adalah 90,27 (baik sekali), (2) penulisan nama adalah 73,88 (cukup) ,  (3) penulisan judul 79,44 (baik) , (4) penggunaan tanda baca  74,17 (cukup), serta (5) pengurutan secara alfabetis 94,17 (baik sekali). Dengan demikian, kesimpulan hasil penelitian ini adalah kemampuan menulis daftar rujukan mahasiswa PGSD UNISBA termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata nilai tes menulis daftar rujukan 82,39.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dirjen Pendidikan Tinggi. 2013. Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Keraf, Gorys. 1994. Komposisi Dasar. Jakarta: Nusa Indah.
Mulyatiningsih, Endang. 2010. Bahasa Indonesia untuk Penyusunan KTI. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiono. 2004. Metode Penelitian. Bandung Alfabeta.
Suwignyo, Heri & Anang Santoso. 2008. Bahasa Indonesia Keilmuan Berbasis Area Isi dan Ilmu. Malang: UMM Press.
Tim Pengembang Pedoman Bahasa Indonesia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Tim Revisi PPKI. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.
Widjono, Hs. 2012. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.

PlumX Metrics

Published
2019-01-01
How to Cite
Widiastuti, S. (2019). KEMAMPUAN MENULIS DAFTAR RUJUKAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD) UNIVERSITAS ISLAM BALITAR (UNISBA). Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 32-41. https://doi.org/10.35457/konstruk.v11i1.664