Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Fase Menulis Teks Cerita Fantasi di Kelas VII SMPN 27 Muaro Jambi
DOI:
https://doi.org/10.35457/s3k4vx27Keywords:
kegiatan pembelajaran, kemampuan siswa, menulis ceritaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan
kendala serta upaya dalam implementasi yang dilakukan guru dalam pembelajaran berdiferensiasi fase
menulis teks cerira fantasi di kelas VII SMPN 27 Muaro Jambi serta kendala dan upaya yang dilakukan
guru dalam implementasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan studi kasus untuk
mendeskripsikan rangkaian peristiwa mengenai implementasi pembelajaran. Teknik analisis data
menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu data collection, data condensation, data display, dan
conclusion drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi
dilakukan dalam 4 tahap, yakni perencanaan, dengan melakukan penyesuaian isi modul ajar dengan hasil
temuan pemetaan karakter dan kemampuan belajar siswa dan diwujudkan dalam bentuk pemberian video
belajar dan proyek menulis teks fantasi kelompok dan individu; pelaksaaan, berupa kegiatan awal dengan
menyanyikan yel-yel, kuis dan pertanyaan pemantik, kegiatan inti berupa pemberian video cerita fantasi,
pertanyaan terkait video, proyek pengerjaan cerita fantasi individu dan kelompok; penutup, berupa
penyimpulan hasil pembelajaran dan memberikan apresiasi pada siswa. Kendala implementasi berupa
jumlah siswa yang terlalu banyak, keterbatasan waktu, sumber daya dana dan bahan ajar. Upaya mengatasi
kendala berupa melakukan kolaborasi dengan guru lain dan mencari sumber daya pendukung.
Downloads
References
[1] Anjelita, P. , R. R. , & H. B. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitas Siswa dalam Menulis Karangan Narasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di SDN 21 Sembawa. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2)
[2] Anwar, A., Mahrus, E., & Sukino, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Diferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatut Taufiq. Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 32-46.
[3] Cahyani, M. N., Nurjaya, I. G., & Sudiana, I. N. (2024). Analisis Struktur Cerita Fantasi Dalam Kanal “Riri Cerita Anak Interaktif” Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi: Analysis Of Fantasy Story Structure In The “Riri Interactive Children’s Story” Channel And Its Relevance To Learning To Write Fantasy Story Texts. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 14(2), 258-269.
[4] Elviya, D. & S. W. (2023). Penerapan Pembelajaan Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(8), 1780–1793.
[5] Fauzia, R., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617.
[6] Indriyani, Ma. S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi dengan Penggunaan Video Anak “Malin Kundang.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 3(2), 91–99.
[7] Khoirurrijal. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka (I). CV Literasi Nusantara Abadi.
[8] Lidiawati. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Analisis, Implementasi, dan Pengelolaan dan Evaluasi. Eureke Media Aksara.
[9] Mujab, S. , R. A. , & G. W. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1538–1546.
[10] Munandar, A., dkk (2024). Perencanaan Evaluasi Program Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Nurul Ihsan Kota Jambi. Journal Publicuho, 7(4), 2209-2219.
[11] Novita, E. & N. (2020). Struktur, Unsur, dan Tipe Teks dalam Teks Cerita Fantasi Karya Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(3). Penerbit Cv. Eureka Media Aksara.
[12] Pitaloka, H. & A. M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Agung , 4(1).
[13] Purwowidodo, A. & Zaini, M. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implemantasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.
[14] Ratnaya, I.G., Noviyanti, P. L. & Wibowo, S.E. (2024). Sebuah Systematic Literature Review: Pembelajaran Difeensiasi dalam Dunia Pendidikan. Journal of Mathematics Education and Science, 9(2), 178-186.
[15] Rianti, D. & T. A. (2023). Struktur dan Kebahasaan Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ampek Nagari. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 3(3), 490–501.
[16] Rintayati, P., & Pd, M. (n.d.). Buku Referensi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi.
[17] Sahutni, R.U. dkk. (2025). Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Fantasi Siswa Kelas VII. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 9(1), 82-89.
[18] Sarmita, Dian. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasi sKearifan Lokal dalam Menggali PotensiMenulis Puisi Siswa Fase D MTsN 5 Solok Selatan. Jurnal Penelitian Multidisiplin Bangsa, 1(1), 37-45.
[19] Simaremare, S., Mardiana, M., & Apsari, N. (2023). Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi Akademik Kelas V Sd Negeri 1 Nanga Pinoh. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(3), 18-25.
[20] Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
[21] Yulianti, E. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Menulis Teks Eksposisi dengan Pendekatan Berbasis Teks. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 1(1).
[22] Zahrina, L. & Q. U. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi melalui Strategi Joyfull Learning untuk Siswa Kelas VII B SMP Negeri 7 Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fransiska Meri Indah Saputri, Rustam Rustam, Priyanto Priyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Deprecated: json_decode(): Passing null to parameter #1 ($json) of type string is deprecated in /home/ejournal.unisbablitar.ac.id/public_html/plugins/generic/citations/CitationsPlugin.php on line 68






