PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA DALAM MEMBUAT KONSEP PEMBELAJARAN IPA TERPADU SMP/MTs
Abstract views: 623
,
PDF downloads: 727
Keywords:
mind map, kemampuan berpikir kreatif, IPA Terpadu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa melalui penerapan metode mind map dalam membuat konsep pembelajaran IPA Terpadu SMP/Mts. Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas. Jumlah mahasiwa 9 orang terdiri dari 4 mahasiswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Islam Balitar Blitar pada bulan Oktober sampai dengan November 2017. Teknik pengambilan data dalam bentuk observasi dan kinerja mahasiswa dalam pembuatan mind map dan selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar mahasiswa melalui strategi pembelajaran mind map meningkat yang ditandai dengan peningkatan pada kegiatan membaca1. membaca, mencatat, menyusun materi dan mengajukan pertanyaan. Nilai rata-rata mahasiswa dalam tiap indikator kreativitas produk mind map mengalami kenaikan di siklus 2 yaitu K1 17,8, K2 15, K3 14,4, K4 12,2, K5 11,1 dengan presentase dari jumlah mahasiwa yang mengalami peningkatan di siklus 2 sebesar 77,8 % pada kategori baik. Rata-rata skor tiap indikator kemampuan berpikir kreatif mahasiswa mengalami kenaikan di siklus 2 yaitu fluency (lancar) 3, flexibility (luwes) 2,4, originality (kebaruan) 2,3, sedangkan Presentase Jumlah Mahasiswa yang mendapatkan kategori baik sebesar 77,8%. Aktivitas dosen selama pembelajaran meningkat di siklus 2 dengan nilai 79 (baik). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran mind map dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam membuat konsep pembelajaran IPA Terpadu SMP/MTs .
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2018-01-22
How to Cite
Agustina, D. K. (2018). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA DALAM MEMBUAT KONSEP PEMBELAJARAN IPA TERPADU SMP/MTs. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 17-34. https://doi.org/10.35457/konstruk.v10i1.452
Section
Articles
Copyright (c) 2018 Dwi Kameluh Agustina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).