Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Dyah Ihza Alfisyhar Hidayat Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FPIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Enik Setiyawati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FPIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Abstract views: 57 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 55
Keywords: Metode; Kontrol; Pengetahuan

Abstract

Pembelajaran konvensional menurunkan kemampuan siswa dalam memahami suatu pengetahuan, sehingga diperlukan sebuah struktur pembelajaran yang lebih efektif seperti model pembelajaran inkuiri dalam menumbuhkan kemampuan siswa dalam memahami suatu pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini mengkaji pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep siswa. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif non-equivalent control group dengan melibatkan siswa kelas lima disalah satu sekolah dasar di Sidoarjo. Instrument penelitian menggunakan tes pemahaman konsep. Uji normalitas dan uji-t digunakan untuk mengkaji data. Hasil penelitian membuktikan bahwa pemahaman konsep siswa meningkat secara signifikan dengan mempertimbangkan antara nilai mean dari kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol (22.94 dan 5.59). Uji t menghasilkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 yang membuktikan perbedaan perbedaan nilai mean antara kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian model pembelajaran inkuiri memberi pengaruh terhadap pemahaman konsep siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. N. Aini, J. Jihan, F. Nuraini, S. Saripuddin, and H. Gunawan, “Kualitas Pendidikan Dan Pola Asuh Orang Tua: Sebuah Tinjauan Multidisiplin,” J. Educ., vol. 5, no. 4, pp. 11951–11964, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i4.2154.

I. K. T. Suantara, Hartono, and E. Susilaningsih, “The effectiveness of guided inquiry learning model using TPS approach of science process skills and conceptual understanding,” Int. J. Elem. Educ., vol. 6, no. 3, pp. 403–411, 2022, doi: doi.org/10.23887/ijee.v6i3.49345.

I. K. Kurniawan, D. Parmiti, and N. Kusmariyatni, “Pembelajaran IPA dengan model problem based learning berbantuan media audio visual meningkatkan pemahaman konsep siswa,” J. Edutech Undiksha, vol. 8, no. 2, p. 80, 2020, doi: 10.23887/jeu.v8i2.28959.

R. Konicek Moran and P. Keeley, Teaching for conceptual understanding in science. National Science Teachers Association NSTApress, 2015.

W. Arif, “The effectiveness of simulation in science learning on conceptual understanding : A literature review,” J. Int. Dev. Coop., vol. 24, no. 1&2, pp. 35–43, 2018.

S. Mills, “Conceptual understanding: A concept analysis,” Qual. Rep., vol. 21, no. 3, pp. 546–557, 2016, doi: 10.46743/2160-3715/2016.2308.

D. Sands, “Concepts and conceptual understanding: what are we talking about?,” New Dir., vol. 10, no. 1, pp. 7–11, 2014, doi: 10.11120/ndir.2014.00030.

W. Nasichah, “Penerapan Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar.” 2018, 2018. [Online]. Available: https://www.bing.com/ck/a?!&&p=892db0b13085de19JmltdHM9MTcyNjA5OTIwMCZpZ3VpZD0wMGJlZDJhMS01Zjk0LTY2NDQtM2ZhNy1jMTVhNWVjMjY3YzgmaW5zaWQ9NTE5OQ&ptn=3&ver=2&hsh=3&fclid=00bed2a1-5f94-6644-3fa7-c15a5ec267c8&psq=PENERAPAN+MODEL+PEMBELAJARAN+TPS+(THINK+PAIR+SHA

D. P. Sari, “Upaya meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa melalui model pembelajaran discovery learning,” 2018.

F. Zahroh, A. Setyawan, and T. Citrawati, “Studi permasalahan dalam pembelajaran tematik muatan IPA kelas IV SDN Socah 4 Kabupaten Bangkalan Fakhrudiana,” Pros. Nas. Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 474–479, 2020.

O. Savitri and S. F. Meilana, “Pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap pemahaman konsep IPA siswa sekolah dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 7242–7249, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3457.

R. Jundu, P. H. Tuwa, and R. Seliman, “Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 10, no. 2, pp. 103–111, 2020, doi: 10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111.

T. Kacar, R. Terzi, İ. Arıkan, and A. C. Kırıkcı, “The effect of inquiry-based learning on academic success: A meta-analysis study,” Int. J. Educ. Lit. Stud., vol. 9, no. 2, p. 15, 2021, doi: 10.7575/aiac.ijels.v.9n.2p.15.

A. Abdi, “The effect of inquiry-based learning method on students’ academic achievement in science course,” Univers. J. Educ. Res., vol. 2, no. 1, pp. 37–41, 2014, doi: 10.13189/ujer.2014.020104.

W. Widodo, T. Suyanto, R. R. N. Setyowati, Martini, D. R. P. Sari, and Inzanah, Model pembelajaran ALLR active based – lesson learn – reflection untuk penguatan sikap toleransi sosial, no. Mi. 2018.

I. Sugianto, S. Suryandari, and L. D. Age, “Efektivitas model pembelajaran inkuiri terhadap kemandirian belajar siswa di rumah,” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 3, pp. 159–170, 2020, doi: 10.47492/jip.v1i3.63.

A. Herawati, I. M. Astra, and Y. Supriyati, “The effect of inquiry learning model and logical mathematical intelligence on the learning outcomes of high school students,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1816, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1816/1/012010.

N. W. M. Hermawati, “Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap penguasaan konsep biologi dan sikap ilmiah siswa SMA ditinjau dari minat belajar siswa,” J. Pendidik. IPA, vol. 2, no. 2, pp. 1–30, 2012, [Online]. Available: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/488

H. T. Chen, H. H. Wang, H. S. Lin, F. P. Lawrenz, and Z. R. Hong, “Longitudinal study of an after-school, inquiry-based science intervention on low-achieving children’s affective perceptions of learning science,” Int. J. Sci. Educ., vol. 36, no. 13, pp. 2133–2156, 2014, doi: 10.1080/09500693.2014.910630.

J. C. Marshall, J. B. Smart, and D. M. Alston, “Inquiry-based instruction: A possible solution to improving student learning of both science concepts and scientific practices,” Int. J. Sci. Math. Educ., vol. 15, no. 5, pp. 777–796, 2017, doi: 10.1007/s10763-016-9718-x.

N. Hikmah, I. Zawawi, and S. Suryanti, “Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep peserta didik,” vol. 4, 2023.

Himsar and F. H. Harahap, “Penerapan assesmen kinerja berbasis model inquiry terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik,” vol. 07, pp. 1–5, 2023.

I. Prasetia, Metodologi Penelitian Pendekatan Teori dan Praktik. umsu press, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=CaeBEAAAQBAJ

Sugiyono, Metode penelitian pendidikan. 2015.

L. W. Anderson and D. R. Krathwohl, A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of bloom’s taxonomy of educational objectives. Longman, 2001. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=EMQlAQAAIAAJ

P. S. Mustafa, “Statistika inferensial meliputi uji beda dalam pendidikan jasmani: Sebuah tinjauan,” Didakt. J. Pemikir. Pendidik., vol. 28, no. 2(1), pp. 71–86, 2022, doi: 10.30587/didaktika.v28i2(1).4166.

Nuryadi, T. D. Astuti, E. S. Utami, and M. Budiantara, Buku ajar dasar-dasar statistik penelitian. 2017.

K. Rohman, “Pengelolaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Abad ke 21 di SD Smart School Jakarta Selatan,” vol. 33, no. 1, pp. 1–12, 2022.

PlumX Metrics

Published
2025-01-08
How to Cite
Hidayat, D. I. A., & Setiyawati, E. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(1), 28-36. https://doi.org/10.35457/konstruk.v17i1.3969