MENINGKATKAN PERAN GURU DALAM MENYUSUN EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI HITUNG ANALISIS ULANGAN

  • Ida Putri Rarasati
Abstract views: 176 , PDF downloads: 93
Keywords: Peran guru, evaluasi pembelajaran, aplikasi analisis ulangan

Abstract

Setiap program kegiatan, baik program pendidikan maupun non pendidikan, seharusnya diikuti dengan kegiatan evaluasi. Evaluasi dilakukan bertujuan untuk menilai apakah suatu program terlaksana sesuai dengan perencanaan dan mencapai hasil sesuai yang diharapan atau belum. Permasalahan-permasalahan yang terkait dengan evaluasi yang diberikan kepada siswa sebagai alat ukur untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didiknya dalam memahami konsep materi yang telah diajarkan. Dari observasi ditemukan bahwa evaluasi yang diberikan kepada peserta didik kurang memiliki validitas yang tinggi, evaluasi kurang reliabilitas, evaluasi masih dipengaruhi oleh faktor subyektif sehingga evaluasi kurang bersifat obyektif, serta evaluasi kurang memiliki praktikabilitas yang tinggi.

Perlu adanya peningkatan peran guru dalam melakukan evaluasi dengan memanfaatkan aplikasi program MS. Excel termodifikasi untuk menghitung analisis ulangan. Dengan aplikasi ini, guru dapat dengan memudah mendapatkan hasil analisis nilai ulangan hanya dengan menginputkan data nilai.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan peran guru dalam menyusun evaluasi pembelajaran. Pada siklus I keberhasilan guru dalam menyusun evaluasi pembelajaran secara individu mencapai 79% atau ada 11 guru yang berhasil menyusun evaluasi pembelajaran secara individu. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dan mencapai 86.67% atau ada 12 guru yang berhasil menyusun evaluasi pembelajaran secara individu.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2017-06-14
How to Cite
Rarasati, I. P. (2017). MENINGKATKAN PERAN GURU DALAM MENYUSUN EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI HITUNG ANALISIS ULANGAN. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 159-171. https://doi.org/10.35457/konstruk.v9i2.248
Section
Articles