ANALISIS KESULITAN BELAJAR DAN MISKONSEPSI MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN TEORI SOSIAL
Abstract
Motivasi dan kreativitas mahasiswa dalam mengikuti kegiatan perkuliahan dapat ditumbuhkan oleh dosen melalui berbagai cara diantaranya dengan menggunakan teknik perkuliahan yang bervariatif dan menarik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan mahasiswa program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) diperoleh informasi bahwa mahasiswa cenderung bosan dalam mengikuti perkuliahan Teori Sosial. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti: (1) materi teori sosial yang banyak menerangkan konsep dan perbandingan teori yang menurut mahasiswa membosankan, (2) kurangnya kesadaran mahasiswa untuk belajar dari berbagai sumber secara mandiri dan kreatif, (3) metode yang digunakan dosen dalam mengajar dengan menggunakan model transfer informasi atau ceramah yang dianggap terlalu monoton. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan yang menyebabkan kesulitan belajar dan miskonsepsi yang dihadapi mahasiswa Program Studi PPKn Universitas Islam Balitar pada mata kuliah Teori Sosial. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan menggunakan tes dan angket yang diharapkan dapat mengetahui penyebab kesulitan belajar dan miskonsepsi mahasiswa dalam mata kuliah teori sosial.
Downloads
References
Faika, S., Side, S. 2011. Analisis Kesulitan mahasisiwa dalam perkuliahan dan praktikum kimia dasar di jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar. Jurnal Chemica, 12 (2): 18 – 26
Nasir, Muhammad. 2017. Analisis kesulitan belajar dan miskonsepsi mahasiswa dalam praktikum berbasis proyek. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika. Vol 5, No. 1, Hal 56 – 65
Nugraheni, Nasir. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada matakuliah Mekanika. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika. Vol 5, No. 1, Hal 23 – 32
Ristiyani, E. & Badriah, E. S., 2016. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Sisiwa di SMAN X Kota Tangerang Selatan, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA (JPPI), 2 (1): 18 - 29
Siswono. 2008. Mengajar dan meneliti. Surabaya: Unesa University Press
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara
Umar, T., La Sulo. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Copyright (c) 2019 Ida Putri Rarasati, Afriska Yurniawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).