ANALISIS KESULITAN BELAJAR DAN MISKONSEPSI MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN TEORI SOSIAL

  • Ida Putri Rarasati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Afriska Yurniawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Abstract views: 2922 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 468

Abstract

Motivasi dan kreativitas mahasiswa dalam mengikuti kegiatan perkuliahan dapat ditumbuhkan oleh dosen melalui berbagai cara diantaranya dengan menggunakan teknik perkuliahan yang bervariatif dan menarik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan mahasiswa program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) diperoleh informasi bahwa mahasiswa cenderung bosan dalam mengikuti perkuliahan Teori Sosial. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti: (1) materi teori sosial yang banyak menerangkan konsep dan perbandingan teori yang menurut mahasiswa membosankan, (2) kurangnya kesadaran mahasiswa untuk belajar dari berbagai sumber secara mandiri dan kreatif, (3) metode yang digunakan dosen dalam mengajar dengan menggunakan model transfer informasi atau ceramah yang dianggap terlalu monoton. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan yang menyebabkan kesulitan belajar dan miskonsepsi yang dihadapi mahasiswa Program Studi PPKn Universitas Islam Balitar pada mata kuliah Teori Sosial. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan menggunakan tes dan angket yang diharapkan dapat mengetahui penyebab kesulitan belajar dan miskonsepsi mahasiswa dalam mata kuliah teori sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. 2014. Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Bandung PT. Refika Aditama
Faika, S., Side, S. 2011. Analisis Kesulitan mahasisiwa dalam perkuliahan dan praktikum kimia dasar di jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar. Jurnal Chemica, 12 (2): 18 – 26
Nasir, Muhammad. 2017. Analisis kesulitan belajar dan miskonsepsi mahasiswa dalam praktikum berbasis proyek. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika. Vol 5, No. 1, Hal 56 – 65

Nugraheni, Nasir. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada matakuliah Mekanika. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika. Vol 5, No. 1, Hal 23 – 32
Ristiyani, E. & Badriah, E. S., 2016. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Sisiwa di SMAN X Kota Tangerang Selatan, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA (JPPI), 2 (1): 18 - 29
Siswono. 2008. Mengajar dan meneliti. Surabaya: Unesa University Press
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara
Umar, T., La Sulo. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

PlumX Metrics

Published
2019-01-01
How to Cite
Rarasati, I. P., & Yurniawati, A. (2019). ANALISIS KESULITAN BELAJAR DAN MISKONSEPSI MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN TEORI SOSIAL. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 42-52. https://doi.org/10.35457/konstruk.v11i1.665