PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA

  • Sari Indriyani Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
Abstract views: 571 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 515
Keywords: Lembar Kerja Siswa, Inkuiri, Berpikir Tingkat Tinggi

Abstract

Kegiatan pembelajaran di SMA Banjarbaru lebih beroreintasi pada produk pembelajaran karena tuntutan persiapan ujian nasional. Komponen perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja siswa (LKS) belum sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai karena belum dikembangkan sesuai dengan konteks sekolah. Hal ini kurang sesuai dengan peraturan pemerintah terkait SKL dan standar proses yang menghendaki proses pembelajaran yang efektif dan efesien. Pembelajaran yang efektif dan efesien akan terlaksana jika pembelajaran direncanakan, dilaksanakan, dinilai dan diawasi. Penelitian ini bertujuan menghasilkan prototipe LKS pembelajaran konsep animalia. Sebagai indikator pencapaian maka disampaikan tujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa menggunakan LKS berbasis inkuiri. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan mengikuti tahapan-tahapan penelitian Dick & Carey untuk menghasilkan prototipe LKS pembelajaran konsep animalia menggunakan LKS berbasis inkuiri. Subjek penelitian pada uji kelas adalah siswa kelas X. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa prototipe LKS pembelajaran yang dikerjakan siswa dalam 5 kali pertemuan dengan menggunakan pendekatan inkuiri untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Parameter pada uji lapangan 1 di kelas X SMA Negeri 2 Banjarbaru pada 26 orang siswa menunjukkan 17 orang siswa sudah terampil dengan kategori baik dalam mengerjakan LKS yang mana dapat dikatakan bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam mengerjakan LKS sudah dalam kategori baik dan peneliti sudah berhasil dalam mengembangkan propotipe LKS terhadap ketermpilan berpikir tingkat tinggi siswa di SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson dan Krathwohl. 2002. Revisi Taksonomi Bloom. Jakarta: Rineka Cipta.
Ardianti, N.M.Y. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktik Berbasis Team Assistes Individualization Untuk Mata Pelajaran Teknologi informasi dan Komunikasi (TIK) dengan Pokok Bahasan Desain Grafis Pada Siswa Kelas XII SMAN 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknologi Informatika (JANAPTI). Vol.1, No. 3, Desember 2012. ISSN 2089-8673.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekata Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arnyana, I.B.P. 2008. Pengembangan Model Pembelajaran Bilingual Preview Review Dipandu Strategi Kooperatif STAD dalam Pembelajaran Sains di SMA. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas MIPA. Universitas Penndidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA. No. 2, April 2008. ISSN 0215-8250
Rizky Dezricha Fannie & Rohati2. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika. Vol 8 No 1 2014 ISSN 1979-0910
Hassan, B. and Aliyu, U. O. 2012. Effect of ‘Dick and Carey instructional model’ on the Performance of Electrical/Electronics Technology Education Students in Some Selected Concepts in Technical Colleges of Northern Nigeria. Educational Research (ISSN: 2141-5161) Vol. 3(3) pp. 277-283, March 2012 Available online@ http://www.interesjournals.org/ER. Copyright © 2012 International Research Journals
Harijanto, M. 2007. Pengembangan Bahan Ajar Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Program Pendidikan Pembelajan Sekolah Dasar. Jurnal DIDAKTIKA. Vol.2, No.1 Maret 2007: 216-226.

Karsono. 2017. Pengaruh Penggunaan Lks Berbasis Hots Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, V (1), 2017, 50-57. Available online at: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms
Kementerian Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta: Depdiknas.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas.
Muljatiningrum, A. dan Nuryani Y.R. 2008. Pembelajaran Inkuiri untuk Mengembangkan Kemampuan Dasar Bekerja Ilmiah (KDBI) dan Berpikir kreatif pada Konsep Bioteknologi (inquiry Instruction in Developing Basic Sciencific Inquiry And Creative Thinking On Biotechnology). Proceeding The Second International Seminar on Science Education. ISBN 978-979-98546-4-2. 18 Oktober 2008.
Risnanosanti. 2009. Penggunaan Pembelajaran Inkuiri dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA di Kota Bengkulu. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu. ISBN 978-979-16353-3-2
Rosnawati, R. 2009. Enam Tahapan aktivitas dalam Pembelajaran Matematika untuk Mendayagunakan berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Jogyakarta. Seminar Nasional 16 Mei 2009.
Tindangen, M. 2007. Implementasi strategi Inkuiri Biologi SMA serta pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir tingkat Tinggi. Didaktika. Vol. 8, No. 2, Mei 2007.
Yaumi, M. 2005. KBK: Antara harapan dan Kenyataan. Pendidikan Nertwork Online; http://re-searchingines.com/1205yaumi.html (Diakses pada tanggal 23Oktober 2017).
Yaumi, M. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana

PlumX Metrics

Published
2019-01-01
How to Cite
Indriyani, S. (2019). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 93-105. https://doi.org/10.35457/konstruk.v11i1.673