Pola dan Sistem Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013 pada SMPN 2 Linggabayu Tahun 2020-2021

  • Monica Mulyani Batubara Sekolah Tinggi Agama Islam Tapanuli
  • Efira Andiyani Batubara Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Medan
  • Nora Adi Anna Harahap Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hikmah Medan
Abstract views: 216 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 421
Keywords: siswa; pendidikan; kualitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola dan sistem pembelajaran sesuai kurikulum 2013 di SMPN 2 Linggabayu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMPN 2 Linggabayu mengunakan dua pola pembelajaran. Pertama, pola tradisional yang terdiri dari ceramah, tanya jawab dan diskusi. Kedua, pola pembelajaran bermedia dengan e-learning, siswa dituntut secara aktif untuk mampu mengakses pelajaran kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi ini. Sedangkan sistem pembelajaran di SMPN 2 Linggabayu belum sepenuhnya terlaksana karena masih ada unsur pembelajaran yang belum terpenuhi yaitu ketersediaan buku paket siswa dan belum sepenuhnya guru mampu mengaplikasikan kurikulum yang baru. Untuk mengatasinya pihak sekolah secara berkelanjutan melaksanakan pelatihan- pelatihan kepada guru dan tenaga pendidik demi tercapainya pelaksanaan tujuan dari kurikulum 2013.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hermawan YC. Konsep Kurikulum dan Kurikulum Pendidikan Islam. J MUDARRISUNA. 2020;10(1).

Sagala S. Kemampuan Professional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta; 2013.

Fujiawati FS. Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. J Pendidik dan Kaji Seni. 2016;1(1).

Nasbi I. Manajemen Kurikulum: sebuah Kajian Teoritis. Idaarah. 2017;1(2):318–30.

Ikhsan, Komara N D. Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013. J Edukasi (Ekonomi, Pendidik dan Akunt. 2018;6(1).

Kurniati, N D. Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Yang Berorientasi Kurikulum 2013. In Seminar Nasional Taman Siswa Bima Tahun 2019; 2019.

KEMENDIKBUD. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81 A tentang Implementasi Kurikulum 2013. 81A TAHUN 2013 Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan; 2013 p. 1–4.

Achruh A. Komponen dan Model Pengembangan Kurikulum. J UIN Alaudin. 2019;8(1).

Hamalik O. Pengembagan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya; 2003.

Hidayat, R. A. Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LIPPI);

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta;

Kamaria A. Implementasi Kebjikan Penataan dan Mutasi Guru Pegewai Negeri Sipil di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Utara. J Ilm Wahana Pendidik. 2021;7(3).

Sondak, Sandi Hesti D. Faktor-Faktor Loyalitas Pegawai Di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. J EMBA. 2019;7(1):671–80.

Asmani JM. 3 Tips Aplikasi Pakem. Jogjakarta: Diva Pers;

Qomarudin A. Aktivitas Pembelajaran Sebagai Suatu Sistem. PIWULANG J Pendidik Agama Islam. 2021;4(1):24–34.

Kupang K, Ajaran T, Neolaka F, Manggoa M, Nenotek SA, Kristen PB universitas, et al. DI SMP NEGERI 1 KUPANG TENGAH. 2016;2010–5.

Sari D. Studi Deskrikiptif Tentang Startegi Pelaksanaan Moving Class dalam Proses Pembelajaran pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasyah Aliyah Negeri Pekanbaru [Internet]. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau; 2018. Available from: http://repository.uin-suska.ac.id/13208/

Rahayu DWS. Hubungan Kualitas Sistem Pembelajarandengan Pemahaman Materi(Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Unisba). KONSTRUKTIVISME. 2015;7(1).

Utomo FW. Sistem Pembelajaran Bagi Peserta Didik Marjinal. Fakt J Ilm Kependidikan. 2015;2(3):198–206.

Lubis MS. Telaah Kurikulum. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis;

Rahmawati AN. Identifikasi Masalah yang Dihadapi Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di SD. Indones J Prim Educ. 2018;2(1):114–23.

Mastur. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pelaksanaan Pembelajaran di SMP. J Inov Teknol Pendidik. 2017;4(1).

Hidayat S. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya; 2017.

PlumX Metrics

Published
2023-02-08
How to Cite
Batubara, M. M., Batubara, E. A., & Harahap, N. A. A. (2023). Pola dan Sistem Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013 pada SMPN 2 Linggabayu Tahun 2020-2021. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(1), 116-127. https://doi.org/10.35457/konstruk.v15i1.2602