Potensi Gangguan Kesehatan Mental Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui potensi gangguan kesehatan mental siswa dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya potensi gangguan kesehatan mental siswa dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada masa pandemi Covid-19. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Narasumber penelitian ini berasal dari tujuh siswa dari berbagai tingkat kelas pada salah satu sekolah jenjang SMA di Jawa Timur yaitu MS (XII), TF (XII, IF (XII), IA (XI), FA (XI), SR (X), dan TN (X). Berdasarkan hasil analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi penelitian ini membuktikan bahwa PJJ memicu potensi gangguan kesehatan mental siswa yaitu stres, cemas, kesal, intermittent eksplosive disorder, dan panik. Hal tersebut, disebabkan oleh enam faktor yang didominasi oleh faktor terlalu lama menatap laptop, kurangnya interaksi dengan teman sebaya, dan rasa bosan yang mendominasi. Implementasi psikologi pendidikan oleh guru dalam proses belajar mengajar menjadi penting, karena dapat mengatasi gangguan kesehatan mental siswa dalam PJJ.
Downloads
References
World Health Organization. 2020. Coronavirus disease 2019 (COVID-19) Situation:https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus- 2019?adgroupsurvey={adgroupsurvey}&gclid=CjwKCAiAv9ucBhBXEiwA6N8n YPYmR9UEnyLVcjep3SV4RH8TS6lyLZfleKRxvcl6vmdEubnerNg1QBoCTGkQ AvD_BwE
Nawas Arifin, M. dkk. Corona Virus Disease 2019. Jakarta: Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Jurnal Respirologi Indonesia, volume. 40, nomor. 2, 2020.
Sudarsana, Ketut. dkk, Covid-19: Prespektif Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.
Benny A. Pribadi dan Edy Sjarif, “Pendekatan Konstruktivistik Dan Pengembangan Bahan Ajar Pada Sistem PJJ.” Tangerang Selatan, J. Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, volume. 11, no. 2, pp. 117-128, 2010.
Julaeha, Siti, “Virtual Learning: Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran,” Universitas Terbuka, Majalah Ilmiah Pembelajaran, volume. 7, no. 2, 2011.
Sugiana, Yayan, Metode dan Panduan Memahami Al-Quran Secara Mendalam: Jawa Barat: Yans Publisher, 2019.
Wijaya Calista. (2021, Februari 18). Covid-19: Stres, mudah marah, hingga dugaan bunuh diri, persoalan mental murid selama sekolah dari rumah [BBC News Indonesia]: https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-55992502
Ciun Siu, Ong. dkk, “Mengoptimalkan Peran Guru Dalam Membangun Kesehatan Mental siswa di Masa Pandemi Melalui Teknologi Pikiran Pada Forum Guru Pendidikan Agama Buddha Sumatera Utara,” J. Pengabdian Kepada Masyarakat Bodhi Dharma, volume. 1, nomor. 1, 2021, https://doi.org/10.56325/jpmb.v1i1.29
Addini, Etika Sendi. dkk, ”Kesehatan Mental Siswa SMP-SMA Indonesia
Selama Masa Pandemi dan Faktor Penyebabnya,” J. Psikologi., vol. 5, no. 2, pp 107-116, 2022, https://doi.org/10.36341/psi.v5i2.2134
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP, 1992.
Kusuma Wardani, Dina, “Peran Kesetan Mental Bagi Guru Dalan Proses Belajar Mengajar Di Sekolah,” Serang: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 2017.
Darajdjat, Zakiah, Peranan Agama dalam Kesehatan Mental. Jakarta: Ruhama, 1988.
Kemenkes RI, Riset Kesehatan Dasar, RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI, 2010.
Jalaluddin, Rakhmat, Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.
Maramis, W.F, Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya: Erlangga University Press, 1999.
Brecht, G, Mengenal dan Menanggulangi Stres. Jakarta: Prenhallindo, 2000.
Kusmiati dan Desminiarti, Dasar-Dasar Perilaku. Edisi I. Jakarta : Pusdiknakes,1990.
Izzaty, R.E, Perilaku Anak Prasekolah. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.
Faridy, Faizatul, Mengapa kamu Nak? Deteksi Awal Permasalahan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Jakarta: PT elex Media Kompitundo, 2021.
Khawarizmi, Al, Kecemasan & Serangan Panik: Al Khawarizmi Publisher, 2022.
Vidya, Fakhriyani, Kesehatan Mental. Pamekasan: Duta Media Publishing, 2019.
Saeful Rahmat, Pupu, Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2018.
Sadirman. Interaksi dan Moitvasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press, 2011.
Sadirman, Interaksi dan Moitvasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2007.
Undang-Undang Repulbik Indonesia No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.
Anggara Priga Rexi, “Perancangan Komik Sebagai Media Self-Mangement Intermittent Eksplosive Disorder Terhadap Masyarakat Kota Surabaya Usisa 18-25” S.Ds. skripsi., Fakultas Desain dan Industri Kreatif., Universitas Dinamika. 2022
Copyright (c) 2022 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).