Potensi Gangguan Kesehatan Mental Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19

  • Uswatun Khasanah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FIB, Universitas Brawijaya https://orcid.org/0000-0003-0669-1183
  • Machrus Abadi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FIB, Universitas Brawijaya
Abstract views: 120 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 339
Keywords: Faktor, Stres, Interaksi, Psikologi, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui potensi gangguan kesehatan mental siswa dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya potensi gangguan kesehatan mental siswa dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada masa pandemi Covid-19. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Narasumber penelitian ini berasal dari tujuh siswa dari berbagai tingkat kelas pada salah satu sekolah jenjang SMA di Jawa Timur yaitu MS (XII), TF (XII, IF (XII), IA (XI), FA (XI), SR (X), dan TN (X). Berdasarkan hasil analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi penelitian ini membuktikan bahwa PJJ memicu potensi gangguan kesehatan mental siswa yaitu stres, cemas, kesal, intermittent eksplosive disorder, dan panik. Hal tersebut, disebabkan oleh enam faktor yang didominasi oleh faktor terlalu lama menatap laptop, kurangnya interaksi dengan teman sebaya, dan rasa bosan yang mendominasi. Implementasi psikologi pendidikan oleh guru dalam proses belajar mengajar menjadi penting, karena dapat mengatasi gangguan kesehatan mental siswa dalam PJJ.

Downloads

Download data is not yet available.

References

World Health Organization. 2020. Coronavirus disease 2019 (COVID-19) Situation:https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus- 2019?adgroupsurvey={adgroupsurvey}&gclid=CjwKCAiAv9ucBhBXEiwA6N8n YPYmR9UEnyLVcjep3SV4RH8TS6lyLZfleKRxvcl6vmdEubnerNg1QBoCTGkQ AvD_BwE

Nawas Arifin, M. dkk. Corona Virus Disease 2019. Jakarta: Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Jurnal Respirologi Indonesia, volume. 40, nomor. 2, 2020.

Sudarsana, Ketut. dkk, Covid-19: Prespektif Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Benny A. Pribadi dan Edy Sjarif, “Pendekatan Konstruktivistik Dan Pengembangan Bahan Ajar Pada Sistem PJJ.” Tangerang Selatan, J. Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, volume. 11, no. 2, pp. 117-128, 2010.

Julaeha, Siti, “Virtual Learning: Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran,” Universitas Terbuka, Majalah Ilmiah Pembelajaran, volume. 7, no. 2, 2011.

Sugiana, Yayan, Metode dan Panduan Memahami Al-Quran Secara Mendalam: Jawa Barat: Yans Publisher, 2019.

Wijaya Calista. (2021, Februari 18). Covid-19: Stres, mudah marah, hingga dugaan bunuh diri, persoalan mental murid selama sekolah dari rumah [BBC News Indonesia]: https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-55992502

Ciun Siu, Ong. dkk, “Mengoptimalkan Peran Guru Dalam Membangun Kesehatan Mental siswa di Masa Pandemi Melalui Teknologi Pikiran Pada Forum Guru Pendidikan Agama Buddha Sumatera Utara,” J. Pengabdian Kepada Masyarakat Bodhi Dharma, volume. 1, nomor. 1, 2021, https://doi.org/10.56325/jpmb.v1i1.29

Addini, Etika Sendi. dkk, ”Kesehatan Mental Siswa SMP-SMA Indonesia

Selama Masa Pandemi dan Faktor Penyebabnya,” J. Psikologi., vol. 5, no. 2, pp 107-116, 2022, https://doi.org/10.36341/psi.v5i2.2134

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP, 1992.

Kusuma Wardani, Dina, “Peran Kesetan Mental Bagi Guru Dalan Proses Belajar Mengajar Di Sekolah,” Serang: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 2017.

Darajdjat, Zakiah, Peranan Agama dalam Kesehatan Mental. Jakarta: Ruhama, 1988.

Kemenkes RI, Riset Kesehatan Dasar, RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI, 2010.

Jalaluddin, Rakhmat, Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.

Maramis, W.F, Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya: Erlangga University Press, 1999.

Brecht, G, Mengenal dan Menanggulangi Stres. Jakarta: Prenhallindo, 2000.

Kusmiati dan Desminiarti, Dasar-Dasar Perilaku. Edisi I. Jakarta : Pusdiknakes,1990.

Izzaty, R.E, Perilaku Anak Prasekolah. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.

Faridy, Faizatul, Mengapa kamu Nak? Deteksi Awal Permasalahan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Jakarta: PT elex Media Kompitundo, 2021.

Khawarizmi, Al, Kecemasan & Serangan Panik: Al Khawarizmi Publisher, 2022.

Vidya, Fakhriyani, Kesehatan Mental. Pamekasan: Duta Media Publishing, 2019.

Saeful Rahmat, Pupu, Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2018.

Sadirman. Interaksi dan Moitvasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press, 2011.

Sadirman, Interaksi dan Moitvasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2007.

Undang-Undang Repulbik Indonesia No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

Anggara Priga Rexi, “Perancangan Komik Sebagai Media Self-Mangement Intermittent Eksplosive Disorder Terhadap Masyarakat Kota Surabaya Usisa 18-25” S.Ds. skripsi., Fakultas Desain dan Industri Kreatif., Universitas Dinamika. 2022

PlumX Metrics

Published
2022-07-31
How to Cite
Khasanah, U., & Abadi, M. (2022). Potensi Gangguan Kesehatan Mental Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(2), 141-152. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i2.2484
Section
Articles