Penguatan Pendidikan Karakter Religius sebagai Upaya Mengatasi Bullying di MTs Al Amin Mojokerto

  • Ahmad Adrian Fahmi Al-Huda PRODI Magister Pendidikan Agama Islam UIN Surabaya
  • Muhammad Bayu Khairil Anwar PRODI Magister Manajemen Pendidikan Islam UIN Malang
Abstract views: 54 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 26
Keywords: Pembentukan, Siswa, Program.

Abstract

Tujuan penelitian adalah identifikasi pendidikan karakter siswa di MTs Al-Amin Mojokerto dngan fokus penelitian pada penguatan pendidikan karakter religius untuk mengatasi kasus bullying di MTs Al-Amin Mojokerto. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, atau dokumentasi dan didukung data sekunder dari teks tentang pendidikan karakter. Hasil penelitian ini mengungkapkan beberapa hal. Pertama, nilai pendidikan karakter religius dikembangkan dengan tujuan untuk mengatasi kasus bullying. Kedua, proses penguatan pendidikan karakter religius melalui program atau kegiatan yang ada di MTs Al-Amin Mojokerto. Ketiga, Karakter religius meliputi perkembangan dari sisi ketaqwaan, amanah, toleransi, disiplin dan kreatif mengalami peningkatan. Keempat, penguatan pendidikan karakter religius pada kegiatan didukung penuh oleh pembina siswa, tata tertib, kerja sama yang baik, sarana prasarana serta budaya sekolah yang diterapkan. Kelima, strategi-strategi yang diimplementasikan dalam proses penguatan pendidikan karakter religius yaitu, keteladanan, pembiasaan, internalisasi nilai nilai positif. Berdasarkan hasil penelitian ini, penguatan pendidikan karakter religius menjadi solusi dan salah satu wadah yang tepat untuk mengatasi terjadinya kasus bullying pada siswa di MTs Al-Amin Mojokerto.

Downloads

Download data is not yet available.

References

P. F. S. Dewi, “Pelatihan Empati Untuk Menurunkan Perilaku Bullying Pada Pelaku Bullying Siswa Smp,” JIP (Jurnal Interv. Psikologi), vol. 15, no. 1, pp. 51–62, 2023, doi: 10.20885/intervensipsikologi.vol15.iss1.art5.

F. A. Imani, A. Kusmawati, and H. M. T. Amin, “Pencegahan Kasus Cyberbullying Bagi Remaja Pengguna Sosial Media,” Khidm. Sos. J. Soc. Work Soc. Serv., vol. 2, no. 1, pp. 74–83, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/khidmatsosial/article/view/10433.

L. Hadisi, “Implementation of Religious Character Education in Coping with Student Bullying Behavior (Implementasi Pendidikan Karakter Religius dalam Menanggulangi Perilaku Bullying Siswa),” Shautut Tarb., vol. 28, no. 2, p. 244, 2022, doi: 10.31332/str.v28i2.4569.

E. D. Putri, “Kasus Bullying di Lingkungan Sekolah : Dampak Serta Penanganannya,” Kegur. J. Penelitian, Pemikir. dan Pengabdi., vol. 10, pp. 24–30, 2022.

A. Nuraeni and J. Yahya, “Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Kenakalan Remaja Di MI Nurul Huda Pangenan,” AL-NAQDU J. Kaji. Keislaman, 2(2), 1–6., vol. 02, no. 2, pp. 17–27, 2021, [Online]. Available: http://www.jurnal.iaicirebon.ac.id/index.php/alnaqdu/article/view /89.

D. W. Rahayu and A. Akhwani, “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Di Sekolah Dasar Inklusi,” J. Guru Kita PGSD, vol. 6, no. 1, p. 107, 2021, doi: 10.24114/jgk.v6i1.28605.

S. SURWATINI, “Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Berkelanjutan,” Trihayu J. Pendidik. Ke-SD-an, vol. 4, pp. 223–226, 2017, doi: 10.30738/trihayu.v4i1.2119.

A. Fransori, E. Sulistijani, and F. Youlinda Parwis, “Penyuluhan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Anak Dan Literasi Digital Pada Ibu-Ibu Majelis Taklim Al-Hidayah Depok,” J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 01, 2019, doi: 10.31326/jmp-ikp.v2i01.259.

A. P. Kahar and R. Fadhilah, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Sma Berbasis Potensi Lokal, Literasi Lingkungan Dan Sikap Konservasi,” Pedagog. Hayati, vol. 2, no. 2, pp. 21–32, 2019, doi: 10.31629/ph.v2i2.832.

Budiharto, Triyono, and Suparman, “Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan,” Seuneub. Lada J. Ilmu-Ilmu Sejarah, Sos. Budaya, dan Kependidikan, vol. 5, no. 1, pp. 153–166, 2018, [Online]. Available: http://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/index.

M. M. E. I. Bali and S. Susilowati, “Transinternalisasi Nilai-Nilai Kepesantrenan Melalui Konstruksi Budaya Religius Di Sekolah,” J. Pendidik. Agama Islam, vol. 16, no. 1, pp. 1–16, 2019, doi: 10.14421/jpai.jpai.2019.161-01.

S. Rabiah, “Character Education through Indonesian Language Course on Higher Education,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1339, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1339/1/012069.

S. Y. Slamet, R. Winarni, and Hartono, “Active learning in scientific writing skill using Indonesian textbook based on character education,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1339, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1339/1/012070.

A. Amran, I. Jasin, M. Perkasa, M. Satriawan, M. Irwansyah, and D. Erwanto, “Implementation of education for sustainable development to enhance Indonesian golden generation character,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1521, no. 4, pp. 0–5, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1521/4/042102.

D. D. Surahman and Rezki Nurma Fitria, “Strategi Branding Teknologi Digital dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Al Amin Mojokerto Deden Daud Surahman Rezki Nurma Fitria,” J. Bintang Pendidik. dan Bhs., vol. 1, no. 4, pp. 104–123, 2023, doi: 10.59024/bhinneka.v1i4.374.

A. Prayogi, “Pendekatan Kualitatif dalam Ilmu Sejarah: Sebuah Telaah Konseptual,” Hist. Madania J. Ilmu Sej., vol. 5, no. 2, pp. 240–254, 2021, doi: 10.15575/hm.v5i2.15050.

J. Sutton and Z. Austin, “Qualitative reserch: data collection,analysis,and managment,” Can. J. Hosp. Pharm., vol. 68, no. 3, pp. 226–231, 2015, doi: https://doi.org/10.4212/cjhp.v68i3.1456.

A. U. Hikam, “Implementasi Pembelajaran Pemisah Dalam Meningkatkan Produktivitas Antara Siswa Laki-Laki dan Siswa Perempuan Pada Materi Fiqih Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pesantren Al-Amin Mojokerto,” Universitas Islam Malang, 2022. [Online]. Available: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6301.

B. Maunah, “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa,” J. Pendidik. Karakter, no. 1, pp. 90–101, 2016, doi: 10.21831/jpk.v0i1.8615.

K. Khamidah and B. Maunah, “Strategi Pembentukan Karakter Religius melalui Program Taman Pendidikan Al- Qur ’ an di MI T holabuddin Gandusari Blitar,” J. Pendidik. Agama Islam, vol. 1, no. 2, pp. 97–110, 2023, doi: https://doi.org/10.47766/ahdaf.v1i1.1476.

R. Nurhayati, “Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang –Undang No, 20 Tahun 2003 Dan Sistem Pendidikan Islam,” al-Afkar, J. Islam. Stud., vol. 3, no. 2, pp. 79–92, 2020, [Online]. Available: https://al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/issue/view/4.

Irmi Suryanti dan Yasir Arafat, “Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di SD Negeri 18 Air Kumbang,” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), vol. 3, no. 2, pp. 200–206, 2018, doi: Retrieved from http://dx.doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a2.2020.

R. M. Robingun Suyud El-Syam, “Aksentuasi Nilai-Nilai Ilahiyah Dalam Pandemi Covid-19,” Ta’dib (Jurnal Ilm. Pendidik. Dan Perad. Islam., vol. 3, no. 1, pp. 27-44. Accessed November 19, 2023, 2021, [Online]. Available: https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/takdib/article/view/4262/2160

E. Elihami and F. Firawati, “Transformasi Sosial dalam Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Kabupaten Sidenreng Rappang,” Edumaspul J. Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 51–60, 2017, doi: 10.33487/edumaspul.v1i2.25.

Qurroti A`yun, Zahra `Arih Wicahya, and L. T. Kurnia, “Penerapan Nilai IMTAQ Siswa Melalui Pembiasaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SMPN 21 Malang,” Dirasah J. Stud. Ilmu dan Manaj. Pendidik. Islam, vol. 6, no. 1, pp. 153–162, 2023, doi: 10.58401/dirasah.v6i1.795.

S. Lisnawati, “The Habituation of Behavior as Students’ Character Reinforcement in Global Era,” J. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 3, p. 413, 2016, doi: 10.15575/jpi.v2i3.852.

I. Nurasiah, M. S. Sumantri, N. Nurhasanah, and A. R. Casmana, “Cultural Values’ Integration in Character Development in Elementary Schools: The Sukuraga as Learning Media,” Front. Educ., vol. 7, no. May, 2022, doi: 10.3389/feduc.2022.849218.

E. Goodman-Scott, D. G. Hays, and B. E. Cholewa, “‘It Takes a Village’: A Case Study of Positive Behavioral Interventions and Supports Implementation in an Exemplary Urban Middle School,” Urban Rev., vol. 50, no. 1, pp. 97–122, 2018, doi: 10.1007/s11256-017-0431-z.

R. N. Anwar, “Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 3, no. 1, pp. 44–50, 2021, doi: 10.31004/jpdk.v2i2.1342.

H. U. Fauziah, E. Suhartono, and P. Pudjantoro, “Implementasi penguatan pendidikan karakter religius,” J. Integr. dan Harmon. Inov. Ilmu-Ilmu Sos., vol. 1, no. 4, pp. 437–445, 2021, doi: 10.17977/um063v1i4p437-445.

S. N. Laili, “Implementasi Program Takhassus Tahfidz Al-Qur’an AlQur’an dan Kitab Kuning Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Queen Ibnu Sina Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022,” UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jembe, 2022. [Online]. Available: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/10098

S. Ranam, I. F. Muslim, and P. Priyono, “Implementasi Pendidikan Karakter Di Pesantren Modern El-Alamia Dengan Memberikan Keteladanan Dan Pembiasaan,” Res. Dev. J. Educ., vol. 7, no. 1, p. 90, 2021, doi: 10.30998/rdje.v7i1.8192.

A. Sabir, D. Fitria, D. H. Pitra, M. Astuti, and S. S, “Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa Di Smp Negeri 1 Kayutanam,” J. Inov. Pendidik. dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 118–126, 2022, doi: 10.52060/pti.v3i2.941.

S. Siswanto, I. Nurmal, and S. Budin, “Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan,” AR-RIAYAH J. Pendidik. Dasar, vol. 5, no. 1, p. 1, 2021, doi: 10.29240/jpd.v5i1.2627.

I. Norlena, “Kerjasama Orang Tua Dan Sekolah Dalam Pembinaan Anak,” Tarb. Islam. J. Ilmiyah Pendidik. Agama Islam., vol. 5, no. 1, pp. 39–60, 2015, doi: https://doi.org/10.18592/jtipai.v5i1.1824.

A. Abdusshomad, “Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam,” QALAMUNA J. Pendidikan, Sos. dan Agama, vol. 12, no. 2, pp. 107–115, 2020, doi: 10.37680/qalamuna.v12i2.407.

M. Hendayani, “Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0,” J. Penelit. Pendidik. Islam, vol. 7, no. 2, p. 183, 2019, doi: 10.36667/jppi.v7i2.368.

N. Kholis, “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam Melalui Budaya Sekolah,” EDUKASI J. Pendidik. Islam, vol. 05, no. 02, pp. 45–65, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/edukasi/article/view/151

Rusijono and K. Khotimah, “The implementation of assessment model based on character building to improve students’ discipline and achievement,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 296, no. 1, 2018, doi: 10.1088/1757-899X/296/1/012040.

A. Zakso, I. Agung, A. B. Susanto, and M. Calvin Capnary, “The effect of strengthening character education on tolerance increasing and development of Pancasila students in border area: Case of West Kalimantan province,” Acad. J. Interdiscip. Stud., vol. 10, no. 5, pp. 232–248, 2021, doi: 10.36941/ajis-2021-0136.

I. M. Agung, “Psikologi Amanah: Konsep, Pengukuran, dan Tantangan,” Bul. Psikol., vol. 29, no. 2, p. 178, 2021, doi: 10.22146/buletinpsikologi.46193.

M. Maulana, A. A. Rahman, and M. Aminah, “MURRDERR Strategy: Developing Creative Characters of Elementary School Prospective Teachers,” Int. J. Instr., vol. 15, no. 1, pp. 547–564, 2022, doi: 10.29333/iji.2022.15131a.

A. Abdillah and I. Syafe’i, “Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SMP Hikmah Teladan Bandung,” J. Pendidik. Agama Islam, vol. 17, no. 1, pp. 17–30, 2020, doi: 10.14421/jpai.2020.171-02.

PlumX Metrics

Published
2024-02-02
How to Cite
Al-Huda, A. A. F., & Anwar, M. B. K. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter Religius sebagai Upaya Mengatasi Bullying di MTs Al Amin Mojokerto. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(1), 208-220. https://doi.org/10.35457/konstruk.v16i1.3404