Penggunaan Alat Peraga Papan Peluang Matematika pada Materi Peluang Kelas VII SMP
Abstract
Tujuan penelitian dilakukan adalah untuk mengetahui penggunaan alat peraga papan peluang dalam membantu siswa menyelesaikan masalah mengenai peluang kejadian, frekuensi relatif, dan frekuensi harapan pada materi peluang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan melibatkan lima orang siswa kelas VII SMP sebagai sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, pengambilan catatan lapangan, dan tes tulis. Analisis dilakukan dengan analisis konten, di mana seluruh data yang dikumpulkan selama penelitian dipelajari dan dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga ini tidak hanya membantu siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan peluang kejadian dan frekuensi harapan, namun membantu siswa mengkomunikasikan pemahaman atau ide mereka kepada teman lain dengan lebih baik. Ruang sampel dan peluang kejadian dipelajari melalui media papan peluang berfungsi sebagai jembatan dari pengetahuan konkret yang mereka miliki menuju ke yang lebih abstrak. Selain itu, alat peraga ini juga dapat memberi motivasi siswa untuk belajar matematika, membantu pemahaman siswa dalam memahami konsep dasar matematika, dan menunjang kegiatan belajar siswa.
Downloads
References
D. R. Deviana and E. Prihatnani, “Pengembangan Media Monopoli Matematika pada Materi Peluang untuk Siswa SMP,” J. Rev. Pembelajaran Mat., vol. 3, no. 2, pp. 114–131, 2018, doi: 10.15642/jrpm.2018.3.2.114-131.
Y. Prahesti, “Upaya Meningatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) pada Materi Peluang Kelas VIII SMP Aisyiyah Full Day Wedi Tahun Ajaran 2021/2022,” 2022.
Wiharyanti, “Application of Cooperative Learning Model Using the Determinant Matrix (Codetic) Box Pros to Increase Student Learning Outcomes,” Labor Product. Anal. Reinf. Plates Work by F. Ratings Method (Case Study Sudirman Place Build. Proj. Jakarta 1st Floor) https//doi.org/10.37010/nuc.v3i1.753, 2022.
J. Azizah and Y. Sarumaha, “Penggunaan Media Pembelajaran dalam Membantu Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Persamaan Linier Satu Variabel,” Lebesgue J. Ilm. Pendidik. Mat. Mat. Stat., vol. 3, no. 2, pp. 397–405, 2022.
Y. A. Sarumaha, “Perubahan Pembelajaran yang Berpusat pada Guru ke Berpusat pada Siswa,” Intersections, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2016.
R. Nurlitaningsih and Y. Sarumaha, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Presentasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIIISekolah Menengah Pertama (SMP),” J. Sos. Sains, vol. 2, no. 1, pp. 135–148, 2022, doi: 10.36418/sosains.v2i1.319.
E. K. Hasibuan, “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung,” AXIOM J. Pendidik. dan Mat., vol. 7, no. 1, pp. 18–30, 2018, doi: 10.30821/axiom.v7i1.1766.
N. Nugraha, G. Kadarisma, and W. Setiawan, “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar Pada Siswa Smp Kelas Vii,” J. Educ., vol. 01, no. 02, pp. 323–334, 2023, doi: 10.29103/jpmm.v3i1.11177.
I. B. Putridayani and S. Chotimah, “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pelajaran,” MAJU J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 1, pp. 57–62, 2020, [Online]. Available: https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/426
I. Widyaningrum, N. Susanti, and R. Hanalisa, “Pembelajaran Connected Mathematic Project Pada Materi Peluang Menggunakan Alat Peraga Dalang Pelangi,” J. MathEducation Nusant., vol. 5, no. 2, p. 89, 2022, doi: 10.54314/jmn.v5i2.256.
I. Putridayani and S. Chotimah, “ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG,” vol. 7, no. 1, pp. 57–62, 2020.
A. Purnama, T. T. Wijaya, S. N. Dewi, and Zulfah, “Analisis Buku Siswa Matematika SMA dari Indonesia dan China pada Materi Peluang dan Statistik,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 04, no. 02, pp. 813–822, 2020.
B. T. Pramesti and H. L. Mampouw, “Analisis pemahaman konsep peluang siswa smp ditinjau dari teori apos,” Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 04, no. 02, pp. 1054–1063, 2020.
F. Malik, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Papan Dadu pada Materi Peluang,” Pendidik. Profesi Guru Madrasah http//studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/ skula, vol. 2 no 3, 2022.
Y. A. Sarumaha and A. Kurniasih, “Pemanfaatan Alat Peraga untuk Melatih Pemahaman Peserta Didik terhadap Operasi Aljabar,” Plusminus J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 3, pp. 369–380, 2022.
P. C. Crismono, “Pengaruh Penggunaan Media Palintarmatika terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa,” J. Gammath, vol. 8, no. 2, pp. 135–142, 2023.
M. S. Arofah and A. W. Nugraha, “Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Pada Materi Peluang Kelas VIII Di SMP Negeri Sumbergempol,” in Revolusi Pendidikan di Era VUCA, 2023, pp. 139–151.
F. Rahmi, Iltavia, and R. H. Zarista, “Efektivitas Pembelajaran Berorientasi Matematika Realistik untuk Membangun Pemahaman Relasional pada Materi Peluang,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 05, no. 03, pp. 2869–2877, 2021.
A. K. Kenedi, S. Hendri, H. B. Ladiva, and Nelliarti, “Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Matematika,” J. Numer., vol. 5, no. 2, pp. 226–235, 2018.
M. Suliani, “Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika,” SJME (Supremum J. Math. Educ., vol. 4, no. 1, p. 92, 2020, doi: 10.35706/sjme.v4i1.3143.
P. Yuniartikasari and H. L. Mampouw, “TINJAUAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU PADA,” vol. 3, no. 1, pp. 104–115, 2019.
Y. O. Jagom, I. V Uskono, and A. J. Fernandez, “Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Sebagai Media Pembelajaran Di SD Oebola Di Nusa Tenggara Timur,” J. Abdidas, vol. 1, no. 5, pp. 339–344, 2020, doi: 10.31004/abdidas.v1i5.73.
Rusandi and M. Rusli, “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus,” Al-Ubudiyah J. Pendidik. dan Stud. Islam, vol. 2, no. 1, pp. 48–60, 2021, doi: 10.55623/au.v2i1.18.
N. Harahap, Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing, 2020.
W. Wiharyanti, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Memanfaatkan Alat Peraga Kotak Determinan Matriks (Kodetik) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Nucleus, vol. 3, no. 1, pp. 50–53, 2022, doi: 10.37010/nuc.v3i1.753.
B. S. Budi and A. Qohar, “Pengembangan Media Putaran Peluang pada Materi Peluang Kelas VIII 1,” J. Unublitar, vol. 6, no. 3, pp. 505–512, 2021.
S. Abramovich, A. Z. Grinshpan, and D. L. Milligan, “Teaching Mathematics through Concept Motivation and Action Learning,” Educ. Res. Int., vol. 2019, 2019, doi: 10.1155/2019/3745406.
Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).