PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SMP 1 PATRA MANDIRI PLAJU
Abstract views: 642
,
PDF downloads: 486
Keywords:
audio visual, penguasaan konsep, sistem pencernaan manusia
Abstract
Pembelajaran yang menekankan siswa untuk membentuk pemahaman sendiri, merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep. Salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan konsep adalah media audio visual berupa video. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan audio visual terhadap penguasaan konsep siswa. Jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Desain penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 1 Patra Mandiri Plaju. Sampel penelitian ini kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIIB sebagai kelas kontrol yang dipilih secara purposive sampling. Pada proses pembelajaran, kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan media Audio visual berupa video dan kelas kontrol diajarkan dengan media power point (PPT). Pengambilan data menggunakan tes penguasaan konsep dengan bentuk pilihan ganda terbuka yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian uji hipotesis data Posttest menunjukan bahwa nilai Sig = 0,118 > 0,05. Sedangkan nilai thitung = 1,766 > ttabel = 1,684. Nilai rata-rata N-gain Pretest-Posttest kelas eksperimen 0,67 termasuk kategori sedang, sedangkan nilai rata-rata N-gain Pretest-Posttest kelas kontrol adalah 0,57 termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media Audio Visual berupa video berpengeruh secara signifikan terhadap penguasaan konsep siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP 1 Patra Mandiri Plaju.
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2018-07-01
How to Cite
Oviyanti, F., Syarifah, S., & Weliyani, V. (2018). PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SMP 1 PATRA MANDIRI PLAJU. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), 193-203. https://doi.org/10.35457/konstruk.v10i2.513
Section
Articles
Copyright (c) 2018 Fitri Oviyanti, Syarifah Syarifah, Vivi Weliyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).