PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN THINKING MAP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP TEORI GRAF DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Abstract views: 212
,
PDF downloads: 200
Keywords:
pendekatan kontektual, thinking maps, penguasaan konsep, pemecahan masalah
Abstract
Penerapan Teori Graf banyak ditemui dalam aktivitas kehidupan sehari-hari sehingga mahasiswa pun dituntut untuk mampu mengkaitkan teori yang dipelajari dengan lingkungan atau kejadian sekitar. Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual merupakan konsep belajar yang dapat membantu mahasiswa untuk menghubungkan antara materi yang dipelajari dengan lingkungan sekitar sehingga pada akhirnya mahasiswa memiliki kemampuan pemecahan masalah dalam kehidupan nyata. Kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran juga dapat ditingkatkan dengan menggunakan thinking map. Thingking map merupakan pemetaan delapan landasan berpikir yang dapat difungsikan sebagai alat bantu untuk mengukur penguasaan suatu konsep. Berdasarkan teori ini maka dilakukan suatu penelitian kuatitatif menggunakan metode quasy experiment desain faktorial 2×2 dengan melakukan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis dengan Anava dua jalur dan Scheefe keseluruhan diperoleh hasil bahwa nilai F -“ hitung lebih besar dibandingkan F -“ tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa penguasaan konsep teori graf mahasiswa yang belajar dengan pendekatan kontekstual berbantuan thinking maps lebih baik daripada mahasiswa yang hanya belajar menggunakan pendekatan kontektual. Selain itu ada keterkaitan antara pendekatan kontekstual berbantuan thinking map dan kemampuan pemecahan masalah terhadap penguasaan konsep.
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2018-01-30
How to Cite
Febrinita, F., & Puspitasari, W. D. (2018). PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN THINKING MAP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP TEORI GRAF DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 98-112. https://doi.org/10.35457/konstruk.v10i1.525
Section
Articles
Copyright (c) 2019 Filda Febrinita, Wahyu Dwi Puspitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).