PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN THINKING MAP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP TEORI GRAF DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

  • Filda Febrinita
  • Wahyu Dwi Puspitasari
Abstract views: 146 , PDF downloads: 159
Keywords: pendekatan kontektual, thinking maps, penguasaan konsep, pemecahan masalah

Abstract

Penerapan Teori Graf banyak ditemui dalam aktivitas kehidupan sehari-hari sehingga mahasiswa pun dituntut untuk mampu mengkaitkan teori yang dipelajari dengan lingkungan atau kejadian sekitar. Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual merupakan konsep belajar yang dapat membantu mahasiswa untuk menghubungkan antara materi yang dipelajari dengan lingkungan sekitar sehingga pada akhirnya mahasiswa memiliki kemampuan pemecahan masalah dalam kehidupan nyata. Kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran juga dapat ditingkatkan dengan menggunakan thinking map. Thingking map merupakan pemetaan delapan landasan berpikir yang dapat difungsikan sebagai alat bantu untuk mengukur penguasaan suatu konsep. Berdasarkan teori ini maka dilakukan suatu penelitian kuatitatif menggunakan metode quasy experiment desain faktorial 2×2 dengan melakukan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis dengan Anava dua jalur dan Scheefe keseluruhan diperoleh hasil bahwa nilai F -“ hitung lebih besar dibandingkan F -“ tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa penguasaan konsep teori graf mahasiswa yang belajar dengan pendekatan kontekstual berbantuan thinking maps lebih baik daripada mahasiswa yang hanya belajar menggunakan pendekatan kontektual. Selain itu ada keterkaitan antara pendekatan kontekstual berbantuan thinking map dan kemampuan pemecahan masalah terhadap penguasaan konsep.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2018-01-30
How to Cite
Febrinita, F., & Puspitasari, W. D. (2018). PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN THINKING MAP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP TEORI GRAF DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 98-112. https://doi.org/10.35457/konstruk.v10i1.525