STRATEGI LIRANG DALAM PENENTUAN HARGA JUAL PISANG DI PASAR TRADISIONAL BLITAR

  • Endah Masrunik Universitas Islam Balitar Blitar
  • Bambang Septiawan Universitas Islam Balitar Blitar
  • Anditya Dian Hendriawan Universitas Islam Balitar Blitar
Abstract views: 397 , pdf downloads: 1460
Keywords: Lirang Strategy, Qualitative, Selling Price, Banana

Abstract

This study focuses to determine how the strategy in determining the selling price of bananas applied by banana traders in Blitar traditional markets. This study uses a qualitative research method with the approach of study phenomenology, by conducting in-depth interviews and observations related to the behavior and attitudes of traders in making a sale and purchase transaction. The results of this study shows that traders determine the selling price of bananas based on the lirang strategy, while in one part and will be divided into several lirang. Then it will see the type, size, a number of bananas in one lirang, level of ripe, and current market conditions. Determination of selling prices based on this lirang is considered easier by traders, because traders do not need to weigh the bananas they sell and this strategy or method has long been used by banana traders in traditional markets

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggito, Albi dan Setiawan Johan, 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Badri, Muhammad Arifin, dkk. 2012, Majalah Pengusaha Muslim: Jangan Menyuap. Penerbit: Yayasan Bina Pengusaha Muslim.

Ikawati, Akbriana Diyah. 2016. Penetapan Harga Jual Dengan Metode Cost Plus Pricing Pada Warung Sederhana 2 Jetis Kulon Surabaya.

J. Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kasmir. 2007. Kewirausahaan. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Khairiyah, salehatul. 2017. Penetapan Harga Buah Berdasarkan Klasifikasi Konsumen Menurut Etika Bisnis Islam (Studi Pada Pedagang Buah di
Kecamatan Sebangau Kota Palangka raya). Skripsi:Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya

Mulyadi. 2012. Akuntansi Biaya Edisi kelima cetakan kesebelas. Yogyakarta: Penerbit UPP STIM YKPN.

Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Putri, Rika Dianing dan Isdianto. 2018. Penetapan Harga Jual Buah Jeruk Oleh pdeagang Pengecer (Studi Ksus Pada Pedagang Pengecer Buah Di Kawasan Kota Sumenep). Cemara,vol.15, no. 1

Republik Indonesia. 2007. Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2007 Tentang Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern. Sekretariat Kabinet RI. Jakarta.

Warsono, Darmawan dan Ridha. 2009, Akuntansi Itu Ternyata Logis dan Mudah. Yogyakarta: Asgard Chapter

Widaningsih dan Ariyanti. 2018. Aspek Hukum Kewirausahaan. Malang: Penerbit Polinema Press.

Woran, Reza. Ventje llat dan lidia Mawikere. 2014. Penentuan Harga Jual Produk Dengan Menggunakan Metode Cost Plust Pricing Pada Ud. Vanela. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 2(2).

PlumX Metrics

Published
2019-12-12
How to Cite
Masrunik, E., Septiawan, B., & Hendriawan, A. D. (2019). STRATEGI LIRANG DALAM PENENTUAN HARGA JUAL PISANG DI PASAR TRADISIONAL BLITAR. AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 11(2), 97-105. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v11i2.942