https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/akuntabilitas/issue/feedAKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi2025-01-28T18:23:31+07:00Endah Masrunikakuntaunisba@gmail.comOpen Journal Systems<p>Akuntabilitas : Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Ekonomi a national scientific journals are open to seeking innovation, creativity and novelty. Akuntabilitas : Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Ekonomi is a peer review journal published by Universitas Islam Balitar (UNISBA) Blitar. The aim of the Journal is to facilitate scientific publication of the results of researches in Indonesia and participate to boost the quality and quantity of research for academics and researchers. Akuntabilitas : Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Ekonomi is published every Juni and December by publishing research results and critical analysis studies in the field of economy.</p>https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/akuntabilitas/article/view/4023Manajemen Keuangan UMKM: Love of Money, Financial Attitude dan Financial Self-Efficacy2025-01-07T19:32:23+07:00Nurdini Faradisaadibmawardi01@gmail.comMoh. Zaki Kurniawanzaki.kurniawan@trunojoyo.ac.idHelmi Buyung Aulia Safrizalhelmi.safrizal@trunojoyo.ac.id<p>Pengelolaan keuangan yang efisien masih menjadi kendala menurut pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana <em>love of money, financial attitude,</em> dan <em>financial self-efficacy</em> kepada pengelolaan keuangan UMKM di Kabupaten Bangkalan.</p> <p> Studi ini menggunakan model kuantitatif dengan pemilihan sampel yang tidak bersifat probabilitas, khususnya melalui <em>purposive sampling</em>. Proses pengolahan data bertujuan untuk mengidentifikasi cara variabel bebas dan terikat berinteraksi satu sama lain. Di dalam prosesnya, serangkaian uji yang mencakup pemeriksaan kualitas data, uji asumsi klasik, serta pengujian hipotesis melalui analisis determinasi dan regresi berganda.</p> <p>Temuan dari studi ini menyatakan <em>love of money, financial attitude</em>, dan <em>financial self-efficacy</em> memiliki dampak baik secara parsial maupun simultan terhadap manajemen keuangan, ini mengindikasikan bahwa orientasi positif terhadap uang dan perilaku finansial yang baik dapat meningkatkan praktik pengelolaan keuangan. Selain itu, sikap dan faktor psikologis memainkan peranan penting dalam meningkatkan efektivitas manajemen keuangan dikalangan UMKM. Stusi ini memberikan wawasan berharga mengenai elemen-elemen yang berperan pengelolaan keuangan di sektor UMKM di Bangkalan.</p>2024-12-31T14:00:03+07:00Copyright (c) 2024 AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomihttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/akuntabilitas/article/view/4017Analisis Trading Stamps Terhadap Loyalitas Konsumen2024-12-31T14:07:54+07:00DENOK WAHYUDI SETYO RAHAYUdenok.wahyudisr@gmail.comAqnes Dwi Sakti Hamidahaqnesdsakti02@gmail.comCindy Ayu Ameliacindyayuamelia4@gmail.com<p><span lang="EN-US">Pemenuhan kebutuhan sehari-hari manusia dapat melakukannya melalui kegiatan belanja. Meskipun kegiatan tersebut menjadi aktifitas sehari-hari, namun adakalanya konsumen akan mengukur nilai pembelanjaan untuk mengindari belanja secara berlebih. Oleh karena itu, Alfamart sebagai salah satu toko retail yang ada di Indonesia dan juga terdapat di Kota Blitar melakukan program pemberian <em>trading stamps</em> bagi para konsumennya saat melakukan pembelanjaan dengan memberi poin pada tiap transaksi yang dilakukan. Persyaratannya para konsumen harus sudah memiliki member dengan cara mengunduh aplikasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah dengan pemberian <em>trading stamps</em> dapat meningkatkan loyalitas konsumen pada Alfamart di Kota Blitar. Metode penelitian dilakukan dengan perumusan permasalahan, pembuatan instrumen penelitian, survei untuk pengambilan data, serta analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembeli cenderung mengunakan voucher tersebut karena dapat mengurangi harga pembelian. Selain menggunakan voucher tersebut, pembeli juga mensiasati dengan membeli produk-produk bertanda diskon sehingga pembeli mendapat keuntungan ganda.</span></p>2024-12-31T14:02:18+07:00Copyright (c) 2024 AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomihttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/akuntabilitas/article/view/4104FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI STEAK TGP KOTA BLITAR2025-01-07T19:30:17+07:00REDY KHOIRIANTOredykhoirianto@gmail.comM. Adib Mawardiadibunisba@gmail.com<p>Sejak tahun 2012, Restoran Steak TGP di Kota Blitar menyediakan masakan steak. TGP Steak memiliki berbagai jenis daging sapi, cumi-cumi, udang, sosis renyah, dan tenderloin, serta berbagai minuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan di TGP Steak di Kota Blitar. Hingga saat ini, keberhasilan TGP Steak dapat dikaitkan dengan banyak hal, seperti kualitas produk yang luar biasa, harga yang sebanding dengan ukuran porsi, dan layanan pelanggan yang andal. Metodologi deskriptif dengan kerangka kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. 1) Kuesioner; 2) Studi observasional; dan 3) Tinjauan Literatur adalah beberapa teknik pengumpulan data. termasuk: 1) Kuesioner, 2) Studi observasional, dan 3) Tinjauan Literatur. Teknik pengambilan sampel yang diadopsi adalah sampling acak sederhana Untuk memastikan ukuran sampel yang sesuai, rumus Slovin digunakan, menghasilkan total 222 responden. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas produk, harga, dan penyediaan layanan dapat memberikan pengaruh yang cukup besar pada keputusan pembelian konsumen. Strategi promosi yang terisolasi tidak lagi secara signifikan mempengaruhi proses pengambilan keputusan mengenai pembelian. Selain itu itu,kualitas produk, harga, periklanan, dan keunggulan layanan menunjukkan dampak besar pada keputusan pembelian</p>2024-12-31T14:04:26+07:00Copyright (c) 2024 AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomihttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/akuntabilitas/article/view/4079PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH, MUDHARABAH, MUSYARAKAH DAN QARDH TERHADAP LABA BERSIH BANK SYARIAH GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA 2025-01-07T19:31:11+07:00Indari Umayahindariumayah1101@gmail.comBambang Septiawanokbamz@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiayaan murabahah, mudharabah, musyarakah dan qardh terhadap laba bersih bank syariah go public yang terdaftar di BEI. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan jumlah sampel 1 perusahaan. Analisis data yang digunakan analisis trend dengan least square method. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan data sekunder yaitu laporan keuangan pada bank syariah go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 5 tahun sampel dari bank syariah yang sesuai dengan kriteria. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dan analisis trend.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pembiayaan murabahah, mudharabah, musyarakah dan qardh berpengaruh terhadap laba bersih bank syariah go public. Secara simultan pembiayaan murabahah, mudharabah, musyarakah dan qardh berpengaruh terhadap laba bersih bank syariah go public. Dan pembiyaan yang paling besar pengaruhnya dalam membentuk laba bersih adalah pembiayaan murabahah.</p>2025-01-06T09:01:07+07:00Copyright (c) 2025 AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomihttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/akuntabilitas/article/view/3591PELAKSANAAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA MENGENAI TENAGA HONORER PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BKPSDM) KABUPATEN LAMONGAN2025-01-13T07:45:03+07:00Abdul Dhohirabdul@unisla.ac.idAbid Muhtaromabid@unisla.ac.idSugeng Dwi Hartantyo sugeng@unisla.ac.idSutinemsutinem@unisla.ac.id<p>Saat ini, SDM di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lamongan khususnya dalam organisasi kepegawaian dan Pengembangan SDM di Lamongan menjadi perhatian pembangunan. Hal ini dapat bermanfaat sebagai hasil dari proses people management di wilayah Kabupaten Lamongan. Badan pengatur harus dimungkinkan untuk melakukan fungsi inti dan tanggung jawab mereka secara realistis dengan menggunakan model konflik. Restrukturisasi pada hakekatnya adalah perubahan atau peninjauan ulang terhadap keseluruhan rantai organisasi dengan tujuan meningkatkan daya saing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun populasi dan sampel penelitian mengacu pada pegawai honorer BKPDSDM di Kabupaten Lamongan. Hasil Penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa mengenai pelaksanaan manajemen SDM terutama terkait dengan tenaga honorer di BKPSDM Kabupaten Lamongan mencakup berbagai keinginan dan harapan yakni pelaksanaan Manajemen Sumber Daya Manusia terhadap pegawai pemerintah tenaga honorer di Kabupaten Lamongan belum optimal namun masih diperlukan upaya lebih lanjut dalam menerapkan transparansi, keadilan, dan kesejahteraan yang lebih baik bagi tenaga honorer. Selain itu, efisiensi dalam manajemen SDM dan kepatuhan terhadap peraturan juga perlu ditingkatkan. Dalam rangka mencapai keinginan dan harapan ini, perlu adanya upaya yang serius dari BKPSDM Kabupaten Lamongan untuk mengembangkan strategi manajemen sumber daya manusia yang lebih efektif, serta untuk bekerja sama dengan stakeholders terkait dalam rangka menciptakan kondisi yang lebih baik bagi tenaga honorer yang berperan penting dalam penyelenggaraan pemerintahan di kabupaten tersebut</p>2025-01-13T07:45:03+07:00Copyright (c) 2025 AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomihttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/akuntabilitas/article/view/4181PENGARUH LIVE SHOPPING, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN KONTEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE DI TIKTOK SHOP TAHUN 20242025-01-28T18:23:31+07:00Kristya Damayantikristyadamayanti@gmail.comBangun Sri Rahayubangunsrrahayu@gmail.com<p>Kajian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh beli-belah secara langsung, ulasan pelanggan dalam talian, dan pemasaran kandungan terhadap keputusan pembelian produk penjagaan kulit di TikTok Shop dalam kalangan pengguna di Blitar Raya. Kajian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data primer diperoleh daripada soal selidik dalam talian menggunakan Borang Google, dan data sekunder datang daripada literatur seperti buku dan jurnal. Pemprosesan data dijalankan menggunakan perisian SPSS versi 26. Sampel diambil menggunakan persampelan bertujuan, melibatkan 100 responden yang memenuhi kriteria: bermastautin di Blitar Raya, berumur sekurang-kurangnya 17 tahun, menggunakan aplikasi TikTok, dan telah membeli produk di Kedai TikTok . Teknik analisis termasuk ujian instrumen (kesahan dan kebolehpercayaan), ujian andaian klasik (normaliti, multikolineariti, dan heteroskedastisitas), analisis regresi linear berganda, dan ujian hipotesis (ujian T, ujian F, dan pekali penentuan R²). Hasil penyelidikan menunjukkan bahawa pembolehubah beli-belah langsung, ulasan pelanggan dalam talian dan pemasaran kandungan bersama-sama mempunyai kuasa yang ketara ke atas keputusan pembelian.</p> <p>Kunci: <em>lives shopping</em>, <em>online customer review</em>, konten <em>marketing</em>, keputusan pembelian.</p>2025-01-28T18:23:31+07:00Copyright (c) 2025 AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi