https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/akuntabilitas/issue/feedAKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi2024-06-13T12:31:10+00:00Endah Masrunikakuntaunisba@gmail.comOpen Journal Systems<p>Akuntabilitas : Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Ekonomi a national scientific journals are open to seeking innovation, creativity and novelty. Akuntabilitas : Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Ekonomi is a peer review journal published by Universitas Islam Balitar (UNISBA) Blitar. The aim of the Journal is to facilitate scientific publication of the results of researches in Indonesia and participate to boost the quality and quantity of research for academics and researchers. Akuntabilitas : Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Ekonomi is published every Juni and December by publishing research results and critical analysis studies in the field of economy.</p>https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/akuntabilitas/article/view/3606ANALISIS KESADARAN DAN LOGO HALAL PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN OLAHAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam).2024-06-09T13:52:00+00:00Tri Kurniastutikurniastuti5@gmail.comNurul Faridanurulbahruni76@gmail.com<p><strong><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) pengaruh kesadaran pada minat beli konsumen; 2)untuk mengetahui pengaruh logo halal pada minat beli konsumen dan 3) untuk mengetahui pengaruh kesadara halal dan logo halal dan pada minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel operasionalnya sebagai berikut : kesadaran halal (X1), dan logo halal (X2) terhadap minat beli (Y). Populasi dan sampel jumlah sampel ditentukan dengan rumus Lemeshow :</em></strong></p> <p><strong><em>n = Z α<sup>2</sup> x P x Q / L<sup>2</sup></em></strong></p> <p><strong><em>n = Jumlah sampel</em></strong></p> <p><strong><em>Zα = nilai standar dari distribusi α=5%=1.96</em></strong></p> <p><strong><em>P = estimasi proporsi populasi</em></strong></p> <p><strong><em>Q = interval dan penyimpanan</em></strong></p> <p><strong><em>L = Tingkat ketelitian 15%: </em></strong></p> <p><strong><em>n = (1.96) (1,96) x (0.5) x (0.5) / (0.15) (0,15) = 42,6825 dibulatkan menjadi 43 sampel.</em></strong></p> <p><strong><em>Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan kuisener melalui Gogle form. Analisis Data mengunakan Uji Validitas , Uji Reliabilitas , Uji asumsi klasik dan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan persamaan Y = -0.104 +0.534 X1 + 0.776 X2. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kesadaran halal dan logo halal pengaruh secara bersama sama menunjukkan nilai yang signifikan dan positif terhadap minat beli konsumen. Semakin tinggi kesadaran konsumen akan kehalalan produk dan logo halal yang dicantumkan di kemasan akan semakin mendorong minat konsumen untuk membeli produk makanan olahan halal. </em></strong></p>2024-06-09T11:35:22+00:00Copyright (c) 2024 AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomihttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/akuntabilitas/article/view/3623Urgensi Penerapan Green Human Resource Management (GHRM) pada Organisasi Bisnis dan Non Bisnis2024-06-10T16:03:15+00:00Bambang Septiawanokbamz@gmail.com<p>This research is conducted to provide scientific knowledge, especially about the urgency of implementing GHRM or green human resource management in business and non-business organizations. Given the current industrialization that is rampant throughout the world must be balanced with green or environmentally friendly behavior practiced by all components involved in the industry. In addition, the achievement of a green economy must continue to be pursued so that the earth continues to be sustainable in the increasingly massive economic penetration in the world today. This research method uses literature review from various international journals by grouping, reducing, and presenting according to the topic raised. Overall, the research results reveal that GHRM must be immediately implemented by all business sectors or profit or non-profit organizations.</p>2024-06-09T13:56:47+00:00Copyright (c) 2024 AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomihttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/akuntabilitas/article/view/3590Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Keharmonisan Dan Kesejahterahan Keluarga2024-06-13T12:31:10+00:00Falsa Kikit Indaniafalsakikit88@gmail.comWhedy Prasetyowhedy.p@gmail.comHendrawan Santosa Putrahendrawan@unej.ac.id<p>Pengelolaan keuangan adalah suatu proses yang melibatkan perencanaan, pengendalian, dan pengawasan sumber daya keuangan keluarga guna mencapai tujuan-tujuan keluarga. Pengelolaan keuangan rumah tangga juga akan sangat membantu keluarga dalam mengelola keuangan agar lebih efektif dalam penggunaanya. Melakukan pengelolaan keuangan yang baik harus di lakukan guna mewujudkan keluarga yang harmonis dan juga sejahtera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan keuangan ibu rumah tangga yang ada di Desa Kedungwaru, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa informan telah melakukan pengelolaan keuangan dengan baik. Informan telah melakukan penganggaran yang meliputi pengeluaran yang harus dikeluarkan pada setiap hari atau bulannya, besarnya pendapatan yang disisihkan untuk tabungan dan juga investasi. Selain itu, Selain itu adanya kejujuran, tanggung jawab, kebersamaan dan kepercayaan terhadap pasangan juga menjadi faktor penting dalam dalam keberhasilan mengelola keuangan. Pengelolaan keuangan yang baik nantinya akan memperngaruhi keharmonisan dan kesejahterahan keluarga.</p>2024-06-11T14:32:22+00:00Copyright (c) 2024 AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi