Efektivitas Strategi Pembelajaran Direct Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa SD Muslim Suksa Thailand
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pembelajaran Direct Reading Thinking Activity (DRTA) dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa di SD Muslim Suksa, Thailand. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan quasi-experimental design (desain eksperimen semu). Populasi penelitian ini berjumlah 28 siswa kelas V, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Instrumen penelitian berupa performance test, yang dilakukan sebelum (pre-test) dan setelah (post-test) perlakuan untuk mengukur keterampilan membaca siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan keterampilan membaca pemahaman siswa. Rata-rata skor siswa meningkat dari 28,8 pada pre-test menjadi 44 setelah menggunakan strategi DRTA. Analisis statistik menunjukkan nilai sig.2-tailed sebesar 0,000, lebih kecil dari 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi DRTA efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa di SD Muslim Suksa, Thailand.
Downloads
References
W. Astuti, “Hakikat Pendidikan,” Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., vol. 1, no. 1, pp. 1–2, 2020, [Online]. Available: http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BAHASA_ARAB/195204141980021-DUDUNG_RAHMAT_HIDAYAT/HAKIKAT_PENDIDIKAN.pdf
D. Annisa, “Jurnal Pendidikan dan Konseling,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 1980, pp. 1349–1358, 2022.
M. Renaldi, S. Syamsuyurnita, M. Saragih, and I. S. Nasution, “Pengaruh Model Discovery Learning Pada Materi Pkn Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V,” EDUSAINTEK J. Pendidikan, Sains dan Teknol., vol. 11, no. 2, pp. 473–482, 2023, doi: 10.47668/edusaintek.v11i2.1041.
E. Kusumawati, “Efektivitas Kerja Guru,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 3, pp. 1487–1492, 2023, doi: 10.54371/jiip.v6i3.1578.
A. Riyanti, “Keterampilan Membaca,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 175–184, 2021, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.31227/osf.io/mfyhe
E. Harianto, “‘Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa,’” J. Didakt., vol. 9, no. 1, p. 2, 2020, doi: https://doi.org/10.58230/27454312.2.
P. Khoerunnisa and S. M. Aqwal, “Analisis Model-model Pembelajaran,” Fondatia, vol. 4, no. 1, pp. 1–27, 2020, doi: 10.36088/fondatia.v4i1.441.
S. A. Sihotang, I. S. Nasution, and Syamsuyurnita, “Model Pembelajaran Problem Base Learning Berbasis Budaya Lokal Masyarakat Thailand Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Disekolah Dasar,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 7, no. 1, pp. 134–140, 2024.
N. A. Idrus, H. Usman, and N. H. Apriyanti, “Penerapan Model Pembelajaran DRTA (Directed Reading Thingking Activity) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD INPRES MALLENGK ERI 1 KOTA MAKKASSAR,” J. Inov. Pedagog. Teknol., vol. 1, no. 2, pp. 30–38, 2023.
K. Kartini, “Implementasi Model Pembelajaran Drta (Directed Reading Thinking Activity) terhadap Kemampuan Membaca Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Palopo,” DEIKTIS J. Pendidik. Bhs. dan Sastra, vol. 1, no. 2, pp. 227–232, 2021, doi: 10.53769/deiktis.v1i2.205.
D. P. Prastitiningtyas, S. Y. Slamet, and J. Daryanto, “Studi komparasi strategi pembelajaran drta dan pqrst terhadap keterampilan membaca pemahaman ditinjau dari minat membaca,” JPI (Jurnal Pendidik. Indones. J. Ilm. Pendidik., vol. 7, no. 2, pp. 75–80, 2021.
N. Afdila, S. Suhartono, and W. Wahyudi, “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi DRTA dan Media Cerita Bergambar,” Kalam Cendekia J. Ilm. Kependidikan, vol. 11, no. 3, 2023, doi: 10.20961/jkc.v11i3.66646.
S. Hidayana et al., “Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity ( DRTA ) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Oleh : Kata Kunci : Strategi Directed Reading Thinking Activity , Kemampuan Membaca Pemahaman Keywords : Directed Reading Comprehension Ability Thinking Act,” vol. 2, no. 1, pp. 58–81, 2021.
N. A. Gae, N. N. Ganing, and M. G. Kristiantari, “Pengembangan Media Video Animasi Berorientasi Membaca Pemahaman dengan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada Muatan Bahasa Indonesia,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 100–108, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/32453
Fuadi, N., Arif, M. Zelviani, S. “Pengaruh Kebisingan Terhadap Frekuensi Denyut Nadi dan Kelelahan Kerja Menggunakan Uji Statistik Spss pada Uji Paired Sampel T-Test”. JURNAL INSTEK: Jurnal Informatika Sains dan Teknologi. 7 (2), pp. 6967–6974, 2022.
Herlina Nurti Ningsih, Herlina Nurti Ningsih and Baryanto, Baryanto and Meldina, Tika. Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Tematik di SDN 81 Rejang Lebong. 2024. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Copyright (c) 2025 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).