Pemanfaatan Aplikasi Text to Speech untuk Pengembangan Materi Listening Berbasis Kearifan Lokal

  • Nur Laili Indasari Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Daruttaqwa Gresik
Abstract views: 38 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 48
Keywords: Menyimak; Pemanfaatan Teknologi; Nilai Keagamaan; Kebudayaan Lokal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar keterampilan menyimak berbasis kearifan lokal dan nilai-nilai keagamaan di Madrasah Aliyah Kabupaten Gresik dengan memanfaatkan aplikasi Text to Speech. Hal ini dilakukan karena pentingnya keterampilan menyimak dalam bahasa Inggris, serta kebutuhan akan materi yang relevan dengan latar belakang budaya dan agama siswa. Tantangan yang dihadapi guru, seperti kesulitan menyediakan materi listening yang menarik dan kontekstual, mendorong penggunaan teknologi untuk solusi inovatif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Gall, Gall, dan Borg, meliputi sepuluh tahapan, muilai dari identifikasi kebutuhan hingga implementasi, dan evaluasi produk. Data diperoleh melalui wawancara observasi, analisis kurilukum, serta uji kelayakan materi oleh ahli dan guru. Materi dirancang dalam enam unit yang mencakup cerita rakyat, sejarah lokal, nilai keagamaan di daerah Gresik lalu diubah menjadi auido menggunakan TTS. Hasil penelitian menunjukkan materi ajar ini sangat layak digunakan, dengan skor tinggi pada aspek kekinian (100%), kemenarikan  (90%), dan relevansi budaya. Guru dan siswa juga memberikan respon positif dan menyebutkan bahwa materi tersebut meningkatkan motivasi belajar, keterampilan menyimak, dan pengetahuan budaya siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan pembelajaran berbasis teknologi dan budaya lokal. Materi ini diharapkan dapat menjadi model inovasi pembelajaran yang berkelanjutan dan relevan dengan kebutuhan pendidikan di era globalisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

X. Zhao, Y. Wang, Y. Liu, Y. Xu, Y. Meng, and L. Guo, “Multimedia based teaching platform for english listening in universities,” Int. J. Emerg. Technol. Learn., vol. 14, no. 4, pp. 160–168, 2019, doi: 10.3991/ijet.v14.i04.9690.

Arvinia Riski Putri, “UPAYA MENINGKATKAN LISTENING SKILLS BAHASA INGGRIS MELALUI PENGGUNAAN IMPERATIVE MOODS PADA SISWA KELAS IV ( Penelitian Tindakan Kelas di SDN Menteng Atas 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan ) Oleh : ARVINIA RISKI PUTRI Ditulis untuk Memenuhi Sebagian Persy,” p. 151, 2016.

S. Aryana and Y. Apsari, “Analysing Teacher’S Difficulties in Teaching Listening,” ELTIN JOURNAL, J. English Lang. Teach. Indones., vol. 6, no. 2, p. 100, 2018, doi: 10.22460/eltin.v6i2.p100-106.

F. W. Tersta and A. Novianti, “Listening to Students Voice:Students’ Problems in Listening Comprehension,” vol. 82, no. Conaplin 9, pp. 33–36, 2017, doi: 10.2991/conaplin-16.2017.7.

L. Janusik and A. Wolvin, “Listening Treatment in the Basic Communication Course Text,” Basic Commun. Course Annu., vol. 14, no. 1, p. 11, 2002.

M. Zaenuri, “Indonesian EFL Journal A MODEL OF EFL LISTENING MATERIALS DEVELOPMENT,” Mochamad Zaenuri Indones. EFL J., vol. 1, no. 2, pp. 119–130, 2015.

S. SUYONO, “Raising Awareness of Learning Strategy in Listening for Tertiary Efl Learners,” Ta’dib, vol. 13, no. 2, 2016, doi: 10.31958/jt.v13i2.184.

A. Rosyidi, “Investigating Pre- Service Teachers ’ Intention to Use Digital Technology in Teaching Post Covid 19 Outbreak,” pp. 65–74, 2023.

A. Rosyidi, P. Setyosari, D. Kuswandi, and H. Praherdhiono, “A Structural Correlation Model of EFL Teachers’ Technological Pedagogical Content Knowledge and their Teaching Effectiveness,” Lang. Teach. Res. Q., vol. 40, pp. 147–160, 2024, doi: 10.32038/ltrq.2024.40.09.

D. González, “Text-to-speech applications used in EFL contexts to enhance pronunciation,” Tesl-Ej, vol. 11, no. 2, pp. 1–11, 2007, [Online]. Available: http://www.tesl-ej.org/

M. Parr, “The Future of Text-to-Speech Technology: How Long before it’s Just One More Thing we do When Teaching Reading?,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 69, no. Iceepsy, pp. 1420–1429, 2012, doi: 10.1016/j.sbspro.2012.12.081.

E. A. R. Amin, “Using Repeated-Reading and Listening -While-Reading via Text-To-Speech APPs. in Developing Fluency and Comprehension,” World J. English Lang., vol. 12, no. 1, pp. 211–220, 2021, doi: 10.5430/wjel.v12n1p211.

G. A. Manu and P. L. Masan, “Aplikasi Text To Speech Untuk Meningkatkan,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 17–26, 2020.

R. A. Stodden, K. D. Roberts, K. Takahashi, H. J. Park, and N. J. Stodden, “Use of text-to-speech software to improve reading skills of high school struggling readers,” Procedia Comput. Sci., vol. 14, no. Dsai, pp. 359–362, 2012, doi: 10.1016/j.procs.2012.10.041.

G. Y. Eksi and S. Yesilcinar, “An Investigation of the Effectiveness of Online Text-to-Speech Tools in Improving EFL Teacher Trainees’ Pronunciation,” English Lang. Teach., vol. 9, no. 2, p. 205, 2016, doi: 10.5539/elt.v9n2p205.

D. Moon, “Learner-Generated Digital Listening Materials Using Text-to-Speech for Self- Directed Listening Practice,” Int. J. Internet, Broadcast. Commun., vol. 12, no. 4, pp. 148–155, 2020.

M. Wajdi, I. N. S. Sanjaya, and I. M. Sumartana, “Developing a listening English learning model using text2speech application,” J. Appl. Stud. Lang., vol. 5, no. 2, pp. 274–281, 2021, doi: 10.31940/jasl.v5i2.274-281.

N. E. Susilowati, A. Luciandika, D. Ariani, and M. Martutik, “Developing an Audiobook for Listening Courseware,” Int. J. Emerg. Technol. Learn., vol. 16, no. 7, pp. 45–60, 2021, doi: 10.3991/ijet.v16i07.21199.

Okpatrioka, “Research And Development ( R & D ) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan,” J. Pendidikan, Bhs. dan Budaya, vol. 1, no. 1, pp. 86–100, 2023.

M. D. Gall, J. P. Gall, and W. R. Borg, “Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall - Educational Research_ An Introduction (7th Edition)-Allyn & Bacon (2003).pdf.” pp. 569–575, 2003.

L. McAlpine and C. Weston, “The Attributes Of Instructional Materials,” Performance Improvement Quarterly, vol. 7, no. 1. pp. 19–30, 1994. doi: 10.1111/j.1937-8327.1994.tb00614.x.

G. Sha, “Using TTS voices to develop audio materials for listening comprehension: A digital approach,” Br. J. Educ. Technol., vol. 41, no. 4, pp. 632–641, 2010, doi: 10.1111/j.1467-8535.2009.01025.x.

S. Affandy, “Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik,” Atthulab Islam. Relig. Teach. Learn. J., vol. 2, no. 2, pp. 201–225, 2019, doi: 10.15575/ath.v2i2.3391.

S. T. Maharani and T. Muhtar, “Implementasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter Siswa,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 5961–5968, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3148.

N. Nurwahid, “Urgensi Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama,” JISIP (Jurnal Ilmu Sos. dan Pendidikan), vol. 7, no. 1, pp. 6–14, 2023, doi: 10.58258/jisip.v7i1.3952.

S. Nurpahmi, “Improving Listening Skill By Activating Students’ Prior Knowledge,” ETERNAL (English, Teaching, Learn. Res. Journal), vol. 1, no. 1, pp. 28–38, 2015, doi: 10.24252/eternal.v11.2015.a3.

A. Hasan, R. Gushendra, and F. Yonantha, “The Influence of Prior Knowledge on Students’ Listening and Reading Comprehension,” IJEE (Indonesian J. English Educ., vol. 4, no. 1, pp. 1–15, 2018, doi: 10.15408/ijee.v4i1.4744.

PlumX Metrics

Published
2025-01-12
How to Cite
Nur Laili Indasari. (2025). Pemanfaatan Aplikasi Text to Speech untuk Pengembangan Materi Listening Berbasis Kearifan Lokal. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(1), 78-93. https://doi.org/10.35457/konstruk.v17i1.4042