Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Aktif Berbasis Kurikulum Merdeka di UPT SMPN 1 Sanankulon Blitar
Abstract
Sekolah Penggerak memiliki peran krusial dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka sebagai inovasi untuk mengembangkan kompetensi peserta didik yang terampil dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Salah satu sekolah penggerak di Indonesia, yaitu UPT SMPN 1 Sanankulon Blitar, Jawa Timur, menjadi objek penelitian deskriptif kualitatif melalui studi kasus dengan tujuan mengeksplorasi strategi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Kurikulum Merdeka di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru PAI berbasis Kurikulum Merdeka di UPT SMPN 1 Sanankulon Blitar berhasil diterapkan oleh guru PAI di sekolah tersebut antara lain pembelajaran berpusat pada peserta didik dan metode pembelajaran aktif dengan strategi diskusi kelompok, penugasan proyek, dan pemanfaatan teknologi. Strategi-strategi ini dapat diadopsi oleh sekolah lain untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI, pemahaman agama Islam siswa, dan membentuk karakter profil pelajar Pancasila yang kuat.
Downloads
References
D. Mardani and N. S. F. Iis Susiawati, “http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/jim/article/view/3310/1473,” Islam. Manag. J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 6, no. 1, 2023, [Online]. Available: http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/jim/article/view/3310/1473
N. H. Siregar, “Manajemen Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Pada SMA Labuhan Batu,” J. Educ. Dev., vol. 9, no. 2, pp. 285–290, 2021.
D. C. Apriyani, “The Analysis Of Schools And Athematics Teachers’ Readiness To Face The ‘Merdeka’ Curriculum Implementation,” Int. Conf. Learn. Educ., vol. 1, 2022.
N. H. H. T. Manalu, Juliati Boang, Pernando Sitohang, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar,” Pros. Pendidik. DASAR. Mahesa Cent. Res., vol. 1, no. 1, 2022, [Online]. Available: http://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/article/view/174/84
E. Susilowati, “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam,” Al-Miskawaih J. Sci. Educ., p. 116, 2022.
S. e. Hattarina, “Implementasi Kurikulum Medeka Belajar di Lembaga Pendidikan,” Semin. Nas. Sos. SAINS, PENDIDIKAN, Hum., 2022.
M. A. Syahrir, “Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran),” J. Ilm. Mandala Educ., vol. 6, no. 1, p. 7, 2020.
S. M. Arif, “Merdeka Belajar atau Belajar Merdek a,” Kompasiana.Com., 2019. https://www.kompasiana.com/syekhmuhammad/5df20d25d541df6ca8471992/merdeka-belajar-atau-belajar-merdeka?page=all
Timur J, “UPT SMP NEGERI 1 SANANKULON,” 2021. https://data.sekolah-kita.net/sekolah/UPT SMP NEGERI 1 SANANKULON_96301
U. S. N. 1 SANANKULON and S. K. Blitar, “SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH. UPT SMP NEGERI 1 SANANKULON Sanankulon Kabupaten Blitar,” 2018. https://smpn1sanankulon.sch.id/
N. H. A. Yose Indarta, Nizwardi Jalinus, Waskito, Agariadne Dwinggo Samala, Afif Rahman Riyanda, “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 2, 2022.
W. Irawati, E., & Susetyo, “Implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Di Blitar,” J. Supremasi, vol. 7, no. 1, 2017, doi: https://doi.org/10.35457/supremasi.v7i1.374.
A. D. Indarta, Y., Jalinus, N., Abdullah, R., & Samala, “21st Century Skills : TVET dan Tantangan Abad 21,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 6, 2021.
PP55, Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. 2007.
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2020.
J. S. Albi Anggito, Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak, 2018.
P. A. B. Insanitaqwa, Field Study Anggun di SMPN 1 Sanankulon Blitar pada 2-31 Agustus 2023. Blitar: SMPN 1 Sanankulon, 2023.
E. all. Susanti Sufyadi, Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA, 2022.
E. S. Purwanto, Strategi Pembelajaran. Eureka Media Aksara, 2021.
H. Carol Ann Tomlinson, Catherine Brighton, T. R. M. Hertberg, Carolyn M. Callahan, and & T. R. Kay Brimijoin, Lynda A. Conover, “Differentiating Instruction in Response to Student Readiness, Interest, and Learning Profile in Academically Diverse Classrooms: A Review of Literature,” J. Educ. Gift., vol. 27, no. 2/3, 2003.
S. L. Oscarina Dewi Kusuma, Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada Murid. KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET DAN TEKNOLOGI DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DIREKTORAT KEPALA SEKOLAH, PENGAWAS SEKOLAH DAN TENAGA KEPENDIDIKAN, 2022.
A. T. Purnawanto, “PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI,” J. Ilm. Pedagog., vol. 2, no. 1, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/download/152/134
ARISTIANI, MODUL AJAR PAI SMP. Blitar: SMPN 1 Sanankulon, 2023.
R. B. J. Pos, “Ada Kurikulum Baru Untuk SD-SMP, Ini Penjelasan Dindik Kabupaten Blitar,” 16 Juni 2023, 2023. https://radartulungagung.co.id/ada-kurikulum-baru-untuk-sd-smp-ini-penjelasan-dindik-kabupaten-blitar/ (accessed Jun. 16, 2023).
P. A. B. Insanitaqwa, Hasil Wawancara dengan Kepala Sekolah SMPN 1 Sanankulon pada 10 Agustus 2023. SMPN 1 Sanankulon, Blitar, 2023.
P. A. B. Insanitaqwa, Hasil Wawancara dengan Wakil Kepala Kurikulum SMPN 1 Sanankulon pada 10 Agustus 2023. Blitar: SMPN 1 Sanankulon, 2023.
S. Chen, L., & Xiao, “Perceptions, challenges and coping strategies of science teachers in teaching socioscientific issues: A systematic review.,” Educ. Res. Rev. Elsevier Ltd., 2021, doi: https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100377.
S. Scheerens, J., & Blömeke, “Integrating teacher education effectiveness research into educational effectiveness models,” Educ. Res. Rev., vol. 18, pp. 70–87, 2016, doi: https://doi.org/10.1016/j.edurev.2016.03.002.
P. A. B. Insanitaqwa, Hasil Wawancara dengan Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Sanankulon pada 24 Agustus 2023. Blitar: SMPN 1 Sanankulon, 2023.
N. Harto, M., Misbah, M., Purwasih, D., Umar, F., & Muhammad, “Bibliometric Analysis of Research Trends on Differentiated Learning In Merdeka Curriculum,” Vidya Karya, vol. 38, no. 1, 2023, doi: https://doi.org/10.20527/jvk.v38i1.16063.
G. Anderson, J., & Taner, “Building the expert teacher prototype: A metasummary of teacher expertise studies in primary and secondary education.,” Educ. Res. Rev. Elsevier Ltd., 2023, doi: https://doi.org/10.1016/j.edurev.2022.100485.
Y. Nasir Rifaldi, Siti Patimah, “Strategi Belajar Aktif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada SMK Negeri 5 Bandar Lampung,” JIIP (Jurnal Ilm. Ilmu Pendidikan), vol. 6, no. 3, 2023.
M. F. Z. Nofmiyati Nofmiyati, Miftahuddin Miftahuddin, “Analisis Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Agama Islam: Analisis Studi Literatur,” J. Adm. Pendidik. Konseling Pendidik. JAPKP, vol. 4, no. 1, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JAPKP/article/download/24983/9450
H. N. Galbina, “Penerapan Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Darussalam Tangerang,” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2015. [Online]. Available: http://repository.radenintan.ac.id/7520/1/SKRIPSI MAYA SAFITRI.pdf
S. N. A. Unik Hanifah Salsabila, Prima Laillatul Ramadhan, Naufal Hidayatullah, “Manfaat Teknologi Dalam Pendididkan Agama Islam,” TA’LIM J. Stud. Pendidik. Islam, vol. 5, no. 1, 2022.
D. Uci Dwi Cahya, Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital Abad 21. Penerbit Yayasan Kita Menulis, 2023. [Online]. Available: file:///C:/Users/Daneesh/Downloads/Buku-Referensi-Inovasi-Pembelajaran-Berbasis-Digital-Abad-21.pdf
Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).