Analisis Trading Stamps Terhadap Loyalitas Konsumen
Abstract
Pemenuhan kebutuhan sehari-hari manusia dapat melakukannya melalui kegiatan belanja. Meskipun kegiatan tersebut menjadi aktifitas sehari-hari, namun adakalanya konsumen akan mengukur nilai pembelanjaan untuk mengindari belanja secara berlebih. Oleh karena itu, Alfamart sebagai salah satu toko retail yang ada di Indonesia dan juga terdapat di Kota Blitar melakukan program pemberian trading stamps bagi para konsumennya saat melakukan pembelanjaan dengan memberi poin pada tiap transaksi yang dilakukan. Persyaratannya para konsumen harus sudah memiliki member dengan cara mengunduh aplikasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah dengan pemberian trading stamps dapat meningkatkan loyalitas konsumen pada Alfamart di Kota Blitar. Metode penelitian dilakukan dengan perumusan permasalahan, pembuatan instrumen penelitian, survei untuk pengambilan data, serta analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembeli cenderung mengunakan voucher tersebut karena dapat mengurangi harga pembelian. Selain menggunakan voucher tersebut, pembeli juga mensiasati dengan membeli produk-produk bertanda diskon sehingga pembeli mendapat keuntungan ganda.
Downloads
References
Aryatiningrum SW, & Insyirah AI. (2020) Pengaruh Price Discount terhadap Loyalitas Konsumen pada Pengguna Online Marketplace. JIM , 8(3), 946-53.
Hamzah SA, & Hasanah YN. (2023). Pengaruh Harga dan Promo terhadap Loyalitas Konsumen Shopeefood Di Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen , 12(2), 119-134.
Lestari SIP. (2018). Pengaruh price discount dan bonus pack terhadap impulse buying melalui nilai hedonik di carrefour Surakarta. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 7(2), 129-140.
Putra EW, Kumadji S, & Yulianto E. (2016). Pengaruh diskon terhadap minat beli serta dampaknya pada keputusan pembelian
(Study pada konsumen yang membeli produk diskon di Matahari Department Store Pasar Besar Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 38(2), 184-193.
Rahayu DWS. (2019). Efektifitas promosi dalam peningkatan penjualan produk kosmetik di kota blitar. Akuntabilitas, 11(1), 29-40.
Susilawati E, Prastiwi EH, & Kartika Y. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Diskon, Dan Customer Experience Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Fashion Shopee . Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 5(1), 2621–3230.
Copyright (c) 2024 AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.