Strategi “Blantik” dalam Metode Pemasaran di Pasar Tradisional Hewan Dimoro Blitar

  • Rega Wulandari Universitas Islam Balitar Blitar
  • Nurul Laili Adha Universitas Islam Balitar Blitar
  • Diki Setiawan Universitas Islam Balitar Blitar
Keywords: strategi, blantik, netode pemasaran, pasar tradisional hewan

Abstract

Pada masyarakat desa, istilah jasa perantara disebut dengan blantik. Blantik adalah jasa perantara yang masih tradisional. Peran blantik lebih banyak selesai pada tahap pertemuan penjual dan pembeli, termasuk didalamnya yang terdapat dalam perdanganan hewan ternak sapi maupun kambing di pasar-pasar hewan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi “blantik” dalam metode pemasaran di pasar tradisional hewan Dimoro Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi, berdasarkan pengalaman blantik di pasar tradisional di Kota Blitar pada tahun 2019 saat penelitian berlangsung. Metode yang diguinakan dalam penelitian ini adalah metode survey lapangan dan wawancara langsung dengan narasumber terkait dengan “blantik”. Tujuan penelitian adalah dapat mengetahui bagaimana strategi “blantik” dalam memasarkan hewan ternakya di pasar hewan dan cara blantik mempengaruhi pelanggan atau konsumen agar bersedia membeli dagangannya. Dengan adanya penelitian ini menghasilkan 2 metode pemasaran yang berada di dalam dunia blantik di pasar Dimoro Blitar yaitu metode pemasaran “Ngompori” dan metode pemasara “powel”. Metode pemasaran “Ngompori” merupakan cara menanas-manasi atau menghasut pelanggan agar membeli hewan yang dijual blantik walaupun dengan harga yang tinggi. Metode pemasaran “Powel” adalah metode yang digunakan blantik berdasarkan dari perubahan giginya pada hewan ternak.

References

Assauri, Sofjan. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Basu Swastha dan T. Hani Handoko. (2000). Manajemen Pemasaran (Analisis Perilaku Konsumen). Yogyakarta: BPFE UGM.

E. P. Santoso dan E. Lestari. (2009). Analisis Agribisnis Ternak Kambing Dengan Pendekatan Market Structure Conduct And Performance. Ngawi: Universitas Tribuana Tunggadewi.

Huda, Anam Miftakhul. Farida, N. (2018). Pengantar Ekonomi Mikro (Pertama). Pekalongan: NEM.

Huda, A. M., & Martanti, D. E. (2018). Pengantar Manajemen Strategik 1. (J. Press, Ed.) (1st ed.). Bali: http://books.jayapanguspress.org/index.php/publisher/article/view/18/18. Retrieved from http://books.jayapangusCNpress.org/index.php/publisher/article/view/18/18

IBI-LSPP. (2015). Strategi Bisnis Bank Syariah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Klother, Philip. (2000). Marketing Management. Edisi Milenium. Prentice Hall Intl: New Jersy.`

Lexy. J. Moleong. (2000). Metodologi Penelitian Kualiatatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&d. Bandung: Alfabeta.

Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Usmara, Usi. (2008). Pemikiran Kreatif Pemasaran. Yogyakarta: Amara Book.

Wijayanti, Erni. (2016). Register Bahasa Mana Suka Blantik Sapi. Mojoketo: SMP Negeri 1 Sooko Mojokerto.

Yuono, Yitna. (2016). Transaksi Jual Beli Hewan Ternak Melalui Makelar Ditinjau Dari Hukum Islam. Magelang: IAIN Salatiga.
Published
2019-06-30
How to Cite
Wulandari, R., Adha, N. L., & Setiawan, D. (2019). Strategi “Blantik” dalam Metode Pemasaran di Pasar Tradisional Hewan Dimoro Blitar. Akuntabilitas: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 12(1), 1-14. Retrieved from https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/akuntabilitas/article/view/733