Penerapan Diskon Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Di Matahari Departement Store Kediri Town Square
Abstract
Pemasaran yang baik akan menimbulkan minat beli konsumen. Salah satu cara melalui pemberian diskon. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana keterkaitan antara penerapan diskon dalam menarik minat beli konsumen di Matahari Departement Store Kediri Town Square. Metode penelitian menggunakan pengamatan langsung dan wawancara kepada pembeli produk pakaian. Populasi penelitian adalah pembeli produk pakaian berbagai merek dengan teknik sampling menggunakan accidental sampling yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti. Variabel yang digunakan adalah diskon dengan indikator harga murah dan jumlah pembelian pakaian serta variabel minat beli dengan indikator membeli pakaian. Penerapan diskon diharapkan dapat menimbulkan minat beli di benak konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan diskon dapat memberi dampak minat beli bagi konsumen produk pakaian di Matahari Departement Store Kediri Town Square. Diskon menjadi daya tarik konsumen untuk membeli produk pakaian di tempat tersebut.
Downloads
References
Basrowi dan Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif.Jakarta : PT Rineka Cipta.
Boyd, W. (2010). Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global (Edisi Kedua). Jakarta: Erlangga.
Faesol, Amir. (2013). Efektivitas diskon dan hadiah sebagai sarana promosi penjualan untuk menarik niat beli konsumen pada bumbu magic lezat. Jurnal Manajemen Bisnis, (3) 01, 44 - 53.
Gitosudarmo, I.(2012). Manajemen Pemasaran (Edisi Kedua).Penerbit : BPFE – Yogyakarta
Kotler, Philip., Kevin Lane, Keller. 2007. Manajemen Pemasaran: Edisi Kedua Belas Jilid 2. Diterjemahkan Oleh Benyamin Molan. Jakarta: PT. INDEKS.
Kotler, Philip Dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 Edisi 12. Alih Bahasa : Bob Sabran. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.
Oentoro Deliyanti. (2012). Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kesembilan, Jilid 1 Dan Jilid 2. Jakarta, Prehalindo, Penerbit Laksbang Pressindo, Yogyakarta.
Putra, E. W., Kumadji, S., dan Yulianto, E. (2016). Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian(Study Pada Konsumen Yang Membeli Produk Diskon Di Matahari Department Store Pasar Besar Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 38 (2), 184 – 193.
Rahayu, DWS. (2018). Merek Sebagai Pendorong Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Make Over Di Kota Blitar. Jurnal Akuntabilitas, (11) 2, 20-27.
Sudrajat, R. H., Putri, B. P. S., dan Putri, C. N. (2017). Pengaruh potongan harga terhadap minat beli (studi pada potongan harga di iklan televisi bukalapak.com versi hari belanja. Online nasional 2015 terhadap minat beli remaja di kota bandung). E-Proceeding Of Management , (4)1, 972.
Wibowo, R., dan Japarianto, E. (2013). Pengaruh retail mix terhadap minat beli di keraton department store. Jurnal Manajemen Pemasaran, (1) 1, 1-12.
Copyright (c) 2019 Akuntabilitas: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.