Media “Pamasutri” (Papan Permainan Unsur Intrinsik) dan Teknik Pemodelan untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Drama
DOI:
https://doi.org/10.35457/konstruk.v17i2.4692Keywords:
writing ability, drama text, intrinsic element game board, modeling technique, vocational studentsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks drama peserta didik kelas XI TAV-2 di SMK Negeri 7 Surabaya melalui media “Pamasutri” dan teknik pemodelan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber datanya para peserta didik di kelas XI TAV-2 yang berjumlah 34 orang. Lokasi penelitian di SMK Negeri 7 Surabaya. Rancangan PTK ini menggunakan siklus yang setiap siklusnya memiliki tahapan (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan evaluasi, serta (4) refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan penilaian produk. Teknik analisis data dilakukan melalui persentase. Hasil penelitian ini memberi informasi bahwa media “Pamasutri” dan teknik pemodelan dapat meningkatkan kemampuan menulis teks drama peserta kelas XI TAV-2 SMK Negeri 7 Surabaya. Hal terbukti dari refleksi awal hanya 29% peserta didik yang mencapai KKTP, kemudian pada siklus 1 terjadi peningkatan menjadi 65% dan lebih meningkat menjadi siklus 2 menjadi 88%.
Downloads
References
Kemendikbudristek, Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Fase A−Fase F untuk SD/MI/Program Paket A, SMP/MTs/Program Paket B, dan SMA/MA/SMK/MAK/Program Paket C. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2022, p. 2022.
I. Marzuqi, Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Lamongan: CV. Istana, 2019.
N. N. K. Dewi, M. . R. Kristiantari, and N. N. Ganing, “Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia,” J. Educ. Technol., vol. 3, no. 4, pp. 278–285, 2019, doi: 10.23887/jet.v3i4.22364.
I. F. Wahid and I. Solihat, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Drama pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Untirta melalui Video Pementasan Drama,” J. Membaca, vol. 5, no. 1, pp. 15–24, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jurnalmembaca
I. Afrom, “Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving pada Pendidikan Seni Drama di PRODI PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya,” Pedagog. J. Pendidik., vol. 13, no. 2, pp. 12–17, 2018, doi: 10.33084/pedagogik.v13i2.863.
O. D. Naitboho, N. W. Suratni, and N. M. Haryati, “Pembelajaran Drama Monolog dengan Cerita Legenda Danau Toba Menggunakan Metode Role Playing di SD Inpres Tubuhu’E, Kabupaten Timor Tengah Selatan,” PENSI J. Ilm. Pendidik. Seni, vol. 2, no. 1, pp. 79–89, 2022, doi: 10.59997/pensi.v2i1.1715.
L. F. Royana, Harfiandi, and T. Mahmud, “Analisis Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Teks Drama untuk Siswa Kelas XI MIPA 6 SMAN 2 Banda Aceh,” J. Ilm. Mhs., vol. 2, no. 1, pp. 1–16, 2021, [Online]. Available: file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/350-File Utama Naskah-485-1-10-20210811.pdf
Awalludin, M. D. Sanjaya, and N. Sevriyani, “Kemampuan dan Kesulitan Siswa Kelas VIII Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Teks Drama,” J. Bind. Sastra, vol. 4, no. 1, pp. 38–47, 2020.
L. N. Aini and S. M. Purwaningsih, “Pengaruh Metode Pembelajaran Game Based Learning Berbasis Media Board Game Ular Tangga terhadap Kemampuan Penalaran Siswa Kelas XI SMK Negeri 6 Surabaya,” AVATARA, vol. 15, no. 3, pp. 1–12, 2024.
R. N. Aisah, N. D.AR, and Marleni, “Pengembangan Board Game untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa,” PEMBAHSI, vol. 14, no. 2, pp. 156–162, 2024.
B. S. Nuariasandi, “Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Resmi Melalui Teknik Pemodelan Siswa Kelas VI SDN Ngrambe 2 Ngrambe Ngawi,” Nosi, vol. 1, no. 2, pp. 135–146, 2013.
R. Fitri, “Penerapan Teknik Pemodelan untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Resmi Siswa Kelas VIII SMP,” Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, vol. 2, no. 1, pp. 118–132, 2016, doi: 10.22202/jg.2016.v2i2.1200.
Yuliyanty, A. Karim, and M. Tahir, “Penerapan Metode Pemodelan dalam Meningkatkan Kemampuan Berpidato di Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Al Khairaat Kotarindau,” Bahasantodea, vol. 5, no. 3, pp. 66–79, 2007.
E. D. Lestariningsih, Suhartono, and C. K. A. Priono, “Pengaruh Metode Snowball Throwing Berbantuan Media Papan Indikator terhadap Kemampuan Menulis Paragraf pada Siswa SMA 1 Jekulo Kabupaten Kudus,” Lensa, vol. 6, no. 1, pp. 9–38, 2013.
U. Hasanah, R. Wijayanti, and M. Liesdiani3, “Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Permainan Ludo terhadap Hasil Belajar Siswa,” ANARGYA J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 2, pp. 104–111, 2020, doi: 10.24176/anargya.v3i2.5334.
I. Kusumaningtyas and T. N. H. Yunianta, “Pengembangan Media Scrabble untuk Meningkatkan Procedural Fluency Matematika Siswa SMP,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 2, pp. 300–314, 2019, doi: 10.31004/cendekia.v3i2.109.
F. Fiona, E. Ratna, and E. Noveria, “Pengaruh Penggunaan Teknik Pemodelan terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones. Vol., vol. 5, no. 2, pp. 124–131, 2016.
E. N. Safitri, Nasution, and D. Syahfitri, “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Melalui Teknik Pemodelan pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Padangbolak Julu,” M I N D J. Ilmu Pendidik. dan Budaya, vol. 5, no. 2, pp. 126–131, 2025.
Pahleviannur, Penelitian Tindakan Kelas. Sukoharjo: Pradina Pustaka, 2022.
Y. Erviana, S. Munifah, and R. Mustikasari, “Peningkatan Kemampuan Menulis Kata dengan Ape Dadu Cerdas,” J. Mentari, vol. 1, no. 2, pp. 94–102, 2021.
H. M. Sari, “Pengembangan Media Board Game Cinta Nusantara untuk Meningkatkan Minat Belajar terhadap Mata Pelajaran PPKN Kelas X SMA Negeri 1 Cerme Gersik,” Innov. Educ. J., vol. 4, no. 1, pp. 265–275, 2023, [Online]. Available: https://attractivejournal.com/index.php/aj/article/download/743/576
F. Q. Uyun, S. P. Setyawati, and S. A. Sancaya, “Pemanfaatan Media Berbasis Board Game,” Pros. Konseling Kearifan Nusant., vol. 2, pp. 255–258, 2022, [Online]. Available: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/view/2943.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nursyamimie Nursyamimie, Nofa Eka Putri, Nur Afita Ramadani, Nuri Karomah Kamilia, Nurul Hidayati, Nur Alivatul Asfiyani, Rahayu Pujiastuti, Runti Widijantari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Deprecated: json_decode(): Passing null to parameter #1 ($json) of type string is deprecated in /home/ejournal.unisbablitar.ac.id/public_html/plugins/generic/citations/CitationsPlugin.php on line 68






