PRAKTIKALITAS LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS KPS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA

  • Sari Indriyani UIN Antasari Banjarmasin
  • Ita Ita Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
Abstract views: 9 , PDF downloads: 11
Keywords: practicalities, student worksheet, cognitive learning outcomes

Abstract

This research is a development research to develop student worksheets. The aim of this study is develop LKM based on KPS in virus and bactery concept toward the cognitive learning outcomes and find out the practicality level. This development research refers to the 4D development model which includes the stages of define, design, develop. Instruments for data collection were questionnaire sheets and essay questions. The analysis was carried out based on the practicality questionnaire of LKM and the score of students' cognitive learning outcomes. The results of this development research indicate that LKM is considered practical by students in terms of attractiveness, usage and time. In addition, the developed LKM can improve students' cognitive skills with grades above the graduation average

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpindo, Oktadan Dodi Dahnuss. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbantuan Games pada Mata Kuliah Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan Biologi. Jurnal Kiprah 7 (2) (2019). pp117-124.

Ariawan, I PutuWisna. 2014. Pengembangan LKM Multi Representasi berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 3, No. 1, April 2014. pp. 359-371.

Djamarah dan Bukhari. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif suatu Pendekatan Teoritis Psikologi. Jakarta: Renika Cipta.

Gunada, I Wayan., Hairunnisyah Sahidu dan Sutrio.2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (ISSN. 2407-6902) Volume I No 1, Januari 2015. pp. 38-46.

Kristianingsih, D.D dkk. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Pictorial Riddle pada Pokok Bahasan Alat-Alat Optik di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6

Megananda, Ayu Sayu Mas, I Gusti Lanang Wiratma dan I Dewa Ketut Sastrawidana. 2018. Uji Kepraktisan Lembar Kerja Siswa yang menggunakan Pendekatan Saintifik.Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, Volume 2 No. 1 Tahun 2018.pp. 40-44

Muttakin. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yang Multikonsep pada Perkuliahan Konsep Kimia Unsur. Jurnal Edukasi Kimia 2(1)., 2017. pp. 54-65.

Nur, Muhamad. 2011. Model Keterampilan-Keterampilan Proses Sains. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Univesitas Negeri Surabaya.

Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses.

Rokhimawan, MohamadAgung. 2016. Pengembangan LKM berbasis Keterampilan Proses Sains pada Mata Kuliah Pembelajaran IPA MI 1.Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Volume 8, Nomor 1, Juni 2016. pp. 1-11

Riduan.2009. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula.Bandung; Alfabeta.

Roliza, Eva, RezkyRamadhona, Linda Rosmery T. 2018. Praktikalitas Lembar Kerja Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Statistika. Jurnal Gantang Vol. III No. 1, Maret 2018.pp.41-46.

Sukmadinata, N. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung; Remaja Rosdakarya.

Suryani, Mulia. 2015. Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Discovery pada Perkuliahan Kalkulus Peubah Banyak 1 (KPb 1) Di STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Lemma: Letters of Matemathic Education. Vol.I No. 2, Mei 2015.28-36.

Susanah. 2019. Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa Matematika Dasar. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan MatematikaVolume9,No. 1, Tahun 2019, pp. 7-12.

Trianto. 2010. Model PembelajaranTerpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Akademik. Banjarmasin: Antasari Press.

Wirda, Mona Adria., Nurmala Berutu dan Riki Rahmad. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis Project pada Mata Kuliah Evaluasi Hasil Belajar Geografi TA 2017/2018. Jurnal Geografi Vol. 10 No. 2. pp. 164-175.

Yulianti, D. 2010. Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks.

Published
2020-07-25
How to Cite
Sari Indriyani, & Ita, I. (2020). PRAKTIKALITAS LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS KPS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 111-119. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.986
Section
Articles