Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Genius Graph Board Materi Penyajian Data Kelas 4 Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Genius Graph Board (Papan Pintar Diagram) materi Penyajian Data kelas IV SDN 1 Tasikmadu Kabupaten Trenggalek untuk mengetahui meningkatkan pemahaman pengetahuan peserta didik dalam pembelajaran Matematika secara efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi (materi dan media), lembar angket (Guru dan Peserta didik), Lembar soal uji keefektifan. Penggunaan teknik analisis validasi materi dengan skala likert, angket respon siswa dengan skala likert, dan hasil pengerjaan soal. Hasil validasi yang didapatkan sebesar 83,75% membuktikan media dan materi dalam kriteria sangat valid. Kepraktisan media materi penyajian data dinyatakan sangat praktis dengan hasil skor 92,5% untuk angket guru dan 95 %untuk angket peserta didik. Tingkat keefektifan mendapatkan 83,5 dalam analisis melalui uji coba produk menunjukkan adanya peningkatan kepahaman dan motivasi diri dalam kegiatan pembelajaran Matematika.
Downloads
References
C. Farida, D. Destiniar, and N. F. Fuadiah, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data,” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 2, no. 1, pp. 53–66, 2022, doi: 10.31980/plusminus.v2i1.1521.
D. Y. Ahmad Zaki, “Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu,” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 7, no. 2, pp. 809–820, 2020, doi: 10.32505/ikhtibar.v7i2.618.
Indaryati and Jailani, “Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Developing Comic Media For The Teaching Of Mathematics To Enchance The Motivation And Mathematics Learning Outcomes Grade V,” Jurnal Prima Edukasi, vol. 3, no. 1 2015.
L. Novita and F. S. Sundari, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Game Ular Tangga Digital,” Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 3, pp. 716–724, Jun. 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i3.428.
G. S. Sidik, A. Maftuh, and M. Salimi, “Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Usia 6-8 Tahun,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 2179–2190, Mar. 2021, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.1137.
A. K. Dewi and A. M. Surur, “Pengembangan Media Komik Sebagai Media Belajar Matematika Materi Pecahan Untuk Siswa SD Pada Masa Pembelajaran Daring Di Desa Rejowinangun,” Jurnal Literasi Digital, vol. 1, no. 3, pp. 174–179, Nov. 2021, doi: 10.54065/jld.1.3.2021.67.
D. Anisa Rahmawati, “Pengembangan Media Pembelajaran Pedani Berbantuan Macromedia Flash 8 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Penyajian Data Kelas Iv,” PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2022, doi: 10.36423/pjsd.v2i1.841.
R. A. H. Cahyadi, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model,” Halaqa: Islamic Education Journal, vol. 3, no. 1, pp. 35–42, Jun. 2019, doi: 10.21070/halaqa.v3i1.2124.
D. D. Apriyani, E. D. Sirait, and V. Ramdhan, “PENGEMBANGAN E-BOOK DENGAN APLIKASI FLIPBOOK BERBASIS MOBILE LEARNING,” Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi), vol. 7, no. 1, 2023, doi: 10.30998/semnasristek.v7i1.6353.
N. Latifa and Lazulva, “Desain Dan Uji Coba Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Powtoon Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Sistem Periodik Unsur,” pp. 26–31, 2020.
Adita, A., Misdalina, & Irawan, D. B. (2023). Pengembangan Media Papan Diagram Pada Materi. Jurnal Hasil Penelitian, 8, 152–162.
Alam, S., & Patmaniar. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Berbasis Geogebra. Venn: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences, 3(1), 20–39. https://doi.org/10.53696/2964-867x.141
Azizah, N., & Syarifah. (2021). DESAIN PEMBELAJARAN ADDIE ( ANALYSIS , DESIGN , DEVELOPMENT , IMPLEMENTATION , AND EVALUATION ) E-LEARNING PADA MATERI Program Studi Pendidikan Agama Islam , Universitas Darussalam Gontor PENDAHULUAN Pada tahun 2020 saat ini dunia dihadapkan dengan situas. Jurnal Pendidikan Islam - UHAMKA, 109–120.
Karisma, D., & Zainil, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Penyajian Data Berbasis QR-Code Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(1), 146. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i1.10122
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892
Copyright (c) 2024 Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).