Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Genius Graph Board Materi Penyajian Data Kelas 4 Sekolah Dasar

  • Dhenisa Nur Rahmadhani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Frans Aditia Wiguna Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Farida Nurlaila Zunaida Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 278 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 254
Keywords: angket, guru, peserta didik

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Genius Graph Board (Papan Pintar Diagram) materi Penyajian Data kelas IV SDN 1 Tasikmadu Kabupaten Trenggalek untuk mengetahui meningkatkan pemahaman pengetahuan peserta didik dalam pembelajaran Matematika secara efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi (materi dan media), lembar angket (Guru dan Peserta didik), Lembar soal uji keefektifan. Penggunaan teknik analisis validasi materi dengan skala likert, angket respon siswa dengan skala likert, dan hasil pengerjaan soal. Hasil validasi yang didapatkan sebesar 83,75% membuktikan media dan materi dalam kriteria sangat valid. Kepraktisan media materi penyajian data dinyatakan sangat praktis dengan hasil skor 92,5% untuk angket guru dan 95 %untuk angket peserta didik. Tingkat keefektifan mendapatkan 83,5 dalam analisis melalui uji coba produk menunjukkan adanya peningkatan kepahaman dan motivasi diri dalam kegiatan pembelajaran Matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

C. Farida, D. Destiniar, and N. F. Fuadiah, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data,” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 2, no. 1, pp. 53–66, 2022, doi: 10.31980/plusminus.v2i1.1521.

D. Y. Ahmad Zaki, “Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu,” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 7, no. 2, pp. 809–820, 2020, doi: 10.32505/ikhtibar.v7i2.618.

Indaryati and Jailani, “Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Developing Comic Media For The Teaching Of Mathematics To Enchance The Motivation And Mathematics Learning Outcomes Grade V,” Jurnal Prima Edukasi, vol. 3, no. 1 2015.

L. Novita and F. S. Sundari, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Game Ular Tangga Digital,” Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 3, pp. 716–724, Jun. 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i3.428.

G. S. Sidik, A. Maftuh, and M. Salimi, “Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Usia 6-8 Tahun,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 2179–2190, Mar. 2021, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.1137.

A. K. Dewi and A. M. Surur, “Pengembangan Media Komik Sebagai Media Belajar Matematika Materi Pecahan Untuk Siswa SD Pada Masa Pembelajaran Daring Di Desa Rejowinangun,” Jurnal Literasi Digital, vol. 1, no. 3, pp. 174–179, Nov. 2021, doi: 10.54065/jld.1.3.2021.67.

D. Anisa Rahmawati, “Pengembangan Media Pembelajaran Pedani Berbantuan Macromedia Flash 8 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Penyajian Data Kelas Iv,” PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2022, doi: 10.36423/pjsd.v2i1.841.

R. A. H. Cahyadi, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model,” Halaqa: Islamic Education Journal, vol. 3, no. 1, pp. 35–42, Jun. 2019, doi: 10.21070/halaqa.v3i1.2124.

D. D. Apriyani, E. D. Sirait, and V. Ramdhan, “PENGEMBANGAN E-BOOK DENGAN APLIKASI FLIPBOOK BERBASIS MOBILE LEARNING,” Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi), vol. 7, no. 1, 2023, doi: 10.30998/semnasristek.v7i1.6353.

N. Latifa and Lazulva, “Desain Dan Uji Coba Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Powtoon Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Sistem Periodik Unsur,” pp. 26–31, 2020.

Adita, A., Misdalina, & Irawan, D. B. (2023). Pengembangan Media Papan Diagram Pada Materi. Jurnal Hasil Penelitian, 8, 152–162.

Alam, S., & Patmaniar. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Berbasis Geogebra. Venn: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences, 3(1), 20–39. https://doi.org/10.53696/2964-867x.141

Azizah, N., & Syarifah. (2021). DESAIN PEMBELAJARAN ADDIE ( ANALYSIS , DESIGN , DEVELOPMENT , IMPLEMENTATION , AND EVALUATION ) E-LEARNING PADA MATERI Program Studi Pendidikan Agama Islam , Universitas Darussalam Gontor PENDAHULUAN Pada tahun 2020 saat ini dunia dihadapkan dengan situas. Jurnal Pendidikan Islam - UHAMKA, 109–120.

Karisma, D., & Zainil, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Penyajian Data Berbasis QR-Code Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(1), 146. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i1.10122

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892

PlumX Metrics

Published
2024-07-19
How to Cite
Rahmadhani, D. N., Wiguna, F. A., & Zunaida, F. N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Genius Graph Board Materi Penyajian Data Kelas 4 Sekolah Dasar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(2), 221-231. https://doi.org/10.35457/konstruk.v16i2.3490
Section
Articles