MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PRODUK SISWA KELAS VII.A SMPN 1 ANGSANA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DALAM PELESTARIAN EKOSISTEM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS)

  • Almira Ulimaz
Abstract views: 242 , PDF downloads: 286
Keywords: ekosistem, hasil belajar, model kooperatif, Think Pair and Share

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang tidak sesuai bahkan terkesan
monoton masih banyak ditemui dalam proses pembelajaran saat ini.
Hal tersebut akan berdampak pada hasil yang diperoleh, karena
suatu proses akan berbanding lurus dengan hasil yang akan dicapai.
Hal serupa juga terjadi di SMPN 1 Angsana yang hasil belajarnya
hanya mencapai 50% siswa yang tuntas dari KKM sebesar 66.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif
produk terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and
Share. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang
dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas VIIa yang berjumlah 26 orang. Data
hasil belajar diperoleh dengan teknik tes (pretes dan postes). Analisis
data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang
telah di analisis menunjukkan bahwa hasil belajar siswa berupa
pretest siklus I mencapai rata-rata 7,69% meningkat menjadi 26,92%
pada siklus II, posttest siklus I mencapai rata-rata 55,77% meningkat
menjadi 80,77% pada siklus II, dan LKS siklus I mencapai rata-rata
74,04% meningkat menjadi 78,07% pada siklus II. Kegiatan
pembelajaran siklus I dan siklus II dapat diterima dengan baik dan
menunjukkan hasil yang baik pula pada kognitif produk 26 orang
siswa kelas VIIa SMPN 1 Angsana, Kalimantan Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2018-01-22
How to Cite
Ulimaz, A. (2018). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PRODUK SISWA KELAS VII.A SMPN 1 ANGSANA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DALAM PELESTARIAN EKOSISTEM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS). Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 74-83. https://doi.org/10.35457/konstruk.v10i1.456