Eksistensi Pondok Pesantren Tradisional Musthafawiyah Purba Baru di Era Digital pada Sistem Rekrutmen Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.35457/konstruk.v17i2.3555Keywords:
Era Digital; RekrutmenAbstract
Tujuan Penelitian ini mengkaji eksistensi pondok pesantren tradisional di era digital dengan fokus pada sistem rekrutmen peserta didik di Musthafawiyah Purba Baru. Metode penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini berfokus pada penyesuaian pondok pesantren tradisional dengan kemajuan teknologi dan transformasi di era digital dalam sistem rekrutmen peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pondok pesantren tradisional telah memanfaatkan beberapa media untuk mencapai potensi peserta didik baru, sementara tetap menjaga nilai-nilai tradisional dan identitas kepesantrenan mereka. sekaligus mempertahankan warisan budaya dan nilai-nilai tradisional yang mendefinisikan kepesantrenan mereka. Penelitian ini menyediakan pemahaman mendalam tentang cara pondok pesantren mempertahankan eksistensinya di tengah era digital yang terus berubah, menjelaskan peran penting teknologi dalam proses rekrutmen peserta didik. Penelitian ini memberikan wawasan tentang peran teknologi dalam transformasi pondok pesantren traditional dan bagaimana mereka menjaga relevansi mereka dalam lingkungan digital yang terus berkembang.
Downloads
References
E. N. Effendy, R. P. Rizkia Putri, N. Sania, and P. Prihantini, “Optimalisasi Investasi Pendidikan: Menggali Konsep Dan Standar Fundamental Dalam Pembiayaan,” Educatio, vol. 19, no. 1, pp. 73–82, 2024, doi: 10.29408/edc.v19i1.24861.
A. Bustanul, “Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik,” FALASIFA J. Stud. Keislam., vol. 9, no. 2, pp. 6–7, 2018.
L. Zulkarnain, “Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan Islam,” Intelektium, vol. 3, no. 2, pp. 409–421, 2023, doi: 10.37010/int.v3i2.1114.
Z. Najah and L. M. Lindasari, “Pendidikan Islam : Wajah Baru Menghadapi Tantangan Globalisasi,” Ensiklopedia J. Pendidik. dan Inov. Pembelajaran Saburai, vol. 2, no. 01, pp. 9–18, 2022, doi: 10.24967/esp.v2i01.1522.
A. H. Agus R and B. Ummah, “Strategi Image Branding Universitas Nurul Jadid di Era Revolusi Industri 4.0,” Tarbiyatuna J. Pendidik. Islam, vol. 12, no. 1, p. 59, 2019, doi: 10.36835/tarbiyatuna.v12i1.352.
I. Syafe’i, “Mastuhu, 1994,” Al-Tadzkiyyah J. Pendidik. Islam, vol. 8, no. I, pp. 61–82, 2017.
N. Annisa et al., “Perkembangan Teknologi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Lembaga Dakwah ( Studi pada Lembaga Dakwah NU dan Muhammadiyah ),” no. 6, 2024.
A. Muid, B. Arifin, and A. Karim, “DIGITAL (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Islah Bungah Gresik),” Model. J. Progr. Stud. PGMI, vol. 11, no. 1, pp. 512–530, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.34001/an.v6i2.228.
S. Al Baqi and D. Firmansah, “Preferensi Terhadap Pendidikan Pesantren dari Perspektif Orang Tua dan Calon Santri di Era Digital,” Arsyadana, vol. 2, no. 2, pp. 49–61, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/arsyadana/article/view/2994
A. Yanto, M. Yanto, and H. Kholilah, “Strategi Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rejang Lebong Dalam Meningkatkan Jumlah Siswa Di Era Globalisasi Pendidikan,” Dr. Diss. Inst. Agama Islam Negeri Curup, 2024.
M. Alwi, A. Halik, and A. Thahir, “Analysis of Creative Economy-Based Pesantren Development,” vol. 3, no. 2, 2022.
Umayatul Mufidah, Strategi Promosi penerimaan peserta didik baru di SMK Ma’arif 9 Kebumen. 2022.
F. Akilah, “Manajemen Perencanaan Sumber Daya Manusia di Bidang Pendidikan, vol. Vol. 11 No, no. 4. 2017.
E. Mulyasa and W. D. Aryani, “Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Di Era Merdeka Belajar,” Aksara J. Ilmu Pendidik. Nonform., vol. 8, no. 2, p. 933, 2022, doi: 10.37905/aksara.8.2.933-944.2022.
U. Hasanah, “Upaya Pondok Pesantren dalam Mengembangkan Life Skill Santri di Pondok Pesantren Putri Al-Mawaddah Ponorogo,” Tesis Univ. Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2019.
E. Mulyasa, “Improved Quality Management Based Learning for Preparing the Character of Graduates in Response To Globalization Era,” Int. J. Educ. Res., vol. 4, no. 11, pp. 385–394, 2016, [Online]. Available: www.ijern.com
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Reni Septrisia, Edwin Hutabian, Tri Firmansyah, Rifma Rifma, Syahril Syahril

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Deprecated: json_decode(): Passing null to parameter #1 ($json) of type string is deprecated in /home/ejournal.unisbablitar.ac.id/public_html/plugins/generic/citations/CitationsPlugin.php on line 68






