Strategi Pemasaran Jamur Tiram Di Kabupaten Probolinggo
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang dialami oleh petani jamur tiram di Kabupaten Probolinggo dalam memasarkan produknya. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Probolinggo secara purposive. Di Kabupaten Probolinggo terdapat 60 KK berusahatani jamur timur yang tersebar di beberapa Kecamatan. Penelitian ini menggunakan metode SWOT. Pada penelitian ini yang menjadi kekuatan usaha dalam memasarkan hasil panen jamur adalah umur petani, tenaga kerja yang dimiliki. Kelamahan yang dihadapi adalah kesulitan dalam pemasaran, jamur tiram tidak bertahan lama serta terbatasnya modal bagi petani. Untuk peluang usaha adalah permintaan jamur yang terus meningkat serta adanya diversifikasi produk olahan berbahan dasar jamur. Untuk mnegatasi hal tersebut maka dilakukan strategi SO yaitu Strenghts – Opportunities, menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan pemanfaatan permintaan jamur dengan memanfaatkan pasar yakni dengan harga yang stabil serta memberikan pelatihan diversifikasi produk olahan berbahan dasar jamur
Downloads
Copyright (c) 2021 AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.