Strategi Pemasaran Jamur Tiram Di Kabupaten Probolinggo

  • Novita Lidyana Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Dyah Ayu Perwitasari Universitas Panca Marga Probolinggo
Abstract views: 849 , pdf downloads: 1287

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang dialami oleh petani jamur tiram di Kabupaten Probolinggo dalam memasarkan produknya. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Probolinggo secara purposive. Di Kabupaten Probolinggo terdapat 60 KK berusahatani jamur timur yang tersebar di beberapa Kecamatan. Penelitian ini menggunakan metode SWOT. Pada penelitian ini yang menjadi kekuatan usaha dalam memasarkan hasil panen jamur adalah umur petani, tenaga kerja yang dimiliki. Kelamahan yang dihadapi adalah kesulitan dalam pemasaran, jamur tiram tidak bertahan lama serta terbatasnya modal bagi petani. Untuk peluang usaha adalah permintaan jamur yang terus meningkat serta adanya diversifikasi produk olahan berbahan dasar jamur. Untuk mnegatasi hal tersebut maka dilakukan strategi SO yaitu  Strenghts – Opportunities, menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan pemanfaatan permintaan jamur dengan memanfaatkan pasar yakni dengan harga yang stabil serta memberikan pelatihan diversifikasi produk olahan berbahan dasar jamur

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-01-17
How to Cite
Lidyana, N., & Perwitasari, D. A. (2022). Strategi Pemasaran Jamur Tiram Di Kabupaten Probolinggo. AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 13(2), 10-20. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v13i2.1806