Penggunaan Teknologi Internet of Things (IoT) dalam Pengelolaan Fasilitas dan Infrastruktur Lembaga Pendidikan Islam
Abstract
Perkembangan Internet of Things (IoT) telah menyentuh berbagai sektor kehidupan, termasuk pendidikan. Artikel ini fokus pada pemanfaatan Teknologi IoT dalam mengelola fasilitas dan infrastruktur lembaga pendidikan Islam. Latar belakang mencerminkan peluang baru yang dihadirkan oleh teknologi IoT dalam meningkatkan pengelolaan fasilitas dan infrastruktur pendidikan secara efisien. Tujuan penelitian adalah menganalisis peran IoT dalam meningkatkan efisiensi, kenyamanan, dan keamanan lingkungan belajar-mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah library research, dengan mengumpulkan literatur yang terkait dengan implementasi IoT di lembaga pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sensor terhubung IoT mampu mengumpulkan data secara real-time, memungkinkan pengelolaan fasilitas dengan lebih akurat dan efisien. Selain itu, IoT juga memungkinkan otomatisasi fasilitas untuk mengurangi konsumsi energi dan biaya operasional.
Kesimpulannya, Teknologi Internet of Things (IoT) memiliki peran signifikan dalam pengelolaan fasilitas dan infrastruktur lembaga pendidikan Islam. Implementasi IoT berpotensi meningkatkan pengalaman seluruh pihak yang terlibat dalam lingkungan pendidikan. Dengan demikian, teknologi IoT menjadi salah satu kunci dalam membentuk masa depan pendidikan yang lebih baik.
Downloads
References
Alfata, Muhammad Nur Fajri, Yuri Hermawan, dan Rani Widyahantari. “Studi Ergonomi terhadap Rancangan Ruang Kerja Kantor Pemerintah Berdasarkan Antropometri Indonesia.” Jurnal Permukiman (2012).
Andrianto Pangondian, Roman, Paulus Insap Santosa, dan Eko Nugroho. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0.” In Sainteks (2019).
Indrayani, Etin. “Pengelolaan Sistem Informasi Akademik PT Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.” Jurnal Penelitian Pendidikan (2011).
Kharisma, Tiara, dan Lidya Agustina. “Penerapan Manajemen Humas Digital Dalam Komunikasi Publik Di Instansi Arsip Nasional Republik Indonesia.” Diakom: Jurnal Media dan Komunikasi (2019).
Lestari, Puji. “Urgensi Habituasi Nilai Karakter Kemandirian Dan Tanggung Jawab Peserta Didik Sekolah Menengah Keguruan.” Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial (2019)
Manik, M. Adlin. “Tantangan manajemen pendidikan islam dalam menghadapi era globalisasi.” Jurnal Ihya’ Al ’Arabiyah (2016).
Mulyana, Edi Hendri. “Guru Berkualitas: Profesional dan Cerdas Emosi.” Jurnal Saung Guru (2010).
Nilla, Nilla, Parwadi Moengin, Pudji Astuti, Dian Mardi Safitri, dan Sucipto Adisuwiryo. “Faktor Utama untuk Mewujudkan Green Ergonomics di Lingkungan Kantor.” Jurnal Teknik Industri (2021).
Ningrum, Epon. “Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan.” Jurnal Geografi Gea (2016).
Oktavian, Riskey, dan Riantina Fitra Aldya. “Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0.” Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan (2020).
Putri, Reta Diani, Kusmintardjo, dan Imron Arifin. “Manajemen Transportasi Sekolah pada SD Plus al Kautsar di Kota Malang.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (2014).
Suardi, Santi. “Studi Tentang Tata Ruang Kantor untuk Mencapai Efisiensi Kerja pada Dinas Perhubungan Kota Samarida.” eJournal Administrasi Negara (2014).
Sukoyo, Joko. “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Workshop Penyusunan Soal Digital Bahasa Jawa Dengan Menggunakan Program Adobe Captivate.” (2013).
Widjayanti, Widjayanti. “Profil Konsumsi Energi Listrik pada Hunian Rumah Tinggal (Studi Kasus Rumah Desain Minimalis Ditinjau Dari Aspek Pencahayaan Buatan)” (2007).
Wulandari, Bekti, dan Herman Dwi Surjono. “Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK.” Jurnal Pendidikan Vokasi (2013).
Yamin, Muhammad, dan Syahrir Syahrir. “Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran).” Jurnal Ilmiah Mandala Education (2020).
Yulia, dan Rahmat Fauzi. “Sistem Informasi Manajemen.” In Diktat Kuliah (2018).
Copyright (c) 2023 M. Yusuf, Mohamad Sodik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License