Penggunaan Teknologi Internet of Things (IoT) dalam Pengelolaan Fasilitas dan Infrastruktur Lembaga Pendidikan Islam

  • M. Yusuf
  • Mohamad Sodik
Abstract views: 1233 , PDF downloads: 1618
Keywords: IoT, pengelolaan fasilitas, infrastruktur, lembaga pendidikan Islam

Abstract

Perkembangan Internet of Things (IoT) telah menyentuh berbagai sektor kehidupan, termasuk pendidikan. Artikel ini fokus pada pemanfaatan Teknologi IoT dalam mengelola fasilitas dan infrastruktur lembaga pendidikan Islam. Latar belakang mencerminkan peluang baru yang dihadirkan oleh teknologi IoT dalam meningkatkan pengelolaan fasilitas dan infrastruktur pendidikan secara efisien. Tujuan penelitian adalah menganalisis peran IoT dalam meningkatkan efisiensi, kenyamanan, dan keamanan lingkungan belajar-mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah library research, dengan mengumpulkan literatur yang terkait dengan implementasi IoT di lembaga pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sensor terhubung IoT mampu mengumpulkan data secara real-time, memungkinkan pengelolaan fasilitas dengan lebih akurat dan efisien. Selain itu, IoT juga memungkinkan otomatisasi fasilitas untuk mengurangi konsumsi energi dan biaya operasional.

Kesimpulannya, Teknologi Internet of Things (IoT) memiliki peran signifikan dalam pengelolaan fasilitas dan infrastruktur lembaga pendidikan Islam. Implementasi IoT berpotensi meningkatkan pengalaman seluruh pihak yang terlibat dalam lingkungan pendidikan. Dengan demikian, teknologi IoT menjadi salah satu kunci dalam membentuk masa depan pendidikan yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, Lastuti, dan Tri Handayani. “Penguatan Regulasi: Upaya Percepatan Transformasi Digital Perbankan Di Era Ekonomi Digital.” Jurnal Masalah-Masalah Hukum (2022).
Alfata, Muhammad Nur Fajri, Yuri Hermawan, dan Rani Widyahantari. “Studi Ergonomi terhadap Rancangan Ruang Kerja Kantor Pemerintah Berdasarkan Antropometri Indonesia.” Jurnal Permukiman (2012).
Andrianto Pangondian, Roman, Paulus Insap Santosa, dan Eko Nugroho. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0.” In Sainteks (2019).
Indrayani, Etin. “Pengelolaan Sistem Informasi Akademik PT Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.” Jurnal Penelitian Pendidikan (2011).
Kharisma, Tiara, dan Lidya Agustina. “Penerapan Manajemen Humas Digital Dalam Komunikasi Publik Di Instansi Arsip Nasional Republik Indonesia.” Diakom: Jurnal Media dan Komunikasi (2019).
Lestari, Puji. “Urgensi Habituasi Nilai Karakter Kemandirian Dan Tanggung Jawab Peserta Didik Sekolah Menengah Keguruan.” Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial (2019)
Manik, M. Adlin. “Tantangan manajemen pendidikan islam dalam menghadapi era globalisasi.” Jurnal Ihya’ Al ’Arabiyah (2016).
Mulyana, Edi Hendri. “Guru Berkualitas: Profesional dan Cerdas Emosi.” Jurnal Saung Guru (2010).
Nilla, Nilla, Parwadi Moengin, Pudji Astuti, Dian Mardi Safitri, dan Sucipto Adisuwiryo. “Faktor Utama untuk Mewujudkan Green Ergonomics di Lingkungan Kantor.” Jurnal Teknik Industri (2021).
Ningrum, Epon. “Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan.” Jurnal Geografi Gea (2016).
Oktavian, Riskey, dan Riantina Fitra Aldya. “Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0.” Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan (2020).
Putri, Reta Diani, Kusmintardjo, dan Imron Arifin. “Manajemen Transportasi Sekolah pada SD Plus al Kautsar di Kota Malang.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (2014).
Suardi, Santi. “Studi Tentang Tata Ruang Kantor untuk Mencapai Efisiensi Kerja pada Dinas Perhubungan Kota Samarida.” eJournal Administrasi Negara (2014).
Sukoyo, Joko. “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Workshop Penyusunan Soal Digital Bahasa Jawa Dengan Menggunakan Program Adobe Captivate.” (2013).
Widjayanti, Widjayanti. “Profil Konsumsi Energi Listrik pada Hunian Rumah Tinggal (Studi Kasus Rumah Desain Minimalis Ditinjau Dari Aspek Pencahayaan Buatan)” (2007).
Wulandari, Bekti, dan Herman Dwi Surjono. “Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK.” Jurnal Pendidikan Vokasi (2013).
Yamin, Muhammad, dan Syahrir Syahrir. “Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran).” Jurnal Ilmiah Mandala Education (2020).
Yulia, dan Rahmat Fauzi. “Sistem Informasi Manajemen.” In Diktat Kuliah (2018).

PlumX Metrics

Published
2023-10-03
How to Cite
M. Yusuf, & Sodik, M. (2023). Penggunaan Teknologi Internet of Things (IoT) dalam Pengelolaan Fasilitas dan Infrastruktur Lembaga Pendidikan Islam. PROPHETIK: Jurnal Kajian Keislaman, 1(2), 65-82. https://doi.org/10.26533/prophetik.v1i2.3233